minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Sektor Pariwisata di Tanah Datar Sadang Bakameh

Kamis, 20 Juli 2017 - 18:21:25 WIB - 811
Sektor Pariwisata di Tanah Datar Sadang BakamehPolitisi Demokrat Nurhamdi "dedi" Zahari ketua Pansus Ranperda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Tanah Datar berlatar Panorama alam

Tanah Datar - Batusangkar kota Budaya, Tanah Datar Seiring perkembangan waktu dalam sektor pariwisata dari hari ke hari seolah tak menampakan inovasi yang berarti untuk memajukan secara nyata bidang yang menjadi skala prioritas pembangunan daerah, yaitu Pariwisata. Mengembangkan pariwisata yang ada di Kabupaten Tanah Datar, perlu sikap nyata yang di tuangkan dalam regulasi yang jelas.

Hal ini disampaikan Ketua Pansus Ranperda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Tanah Datar, Nurhamdi Zahari, Kamis (20/7/2017) di Gedung DPRD Tanah Datar, Sumatera Barat.

"Mengenai keseriusan memajukan bidang pariwisata di Tanah Datar, Pemkab telah lama kami desak untuk mewujudkan hal ini. Dalam beberapa kali Paripurna acap kali permasalahan ini kita singgung. Sesuai dengan hasil RPJMD yang di dulu pernah mereka gadang-gadang, " ujar Nurhamdi.

Lanjutnya, saat ini Pemkab telah mengajukan Draft Ranperda mengenai pengelolaan pariwisata dan kini telah dalam pembahasan yang alot di Pansus. Ranperda nantinya jika selesai menjadi Perda, akan sangat berpengaruh dalam upaya pengembangan Sektor Pariwisata, baik terhadap masyarakat, pemerintah dan para Investor dalam dan luar negeri yang mungkin melirik Investasi Potensi Pariwisata yang ada di Tanah Datar.

" Dilihat dari berbagai aspek, baik dari segi alam, iklim dan budaya, pariwisata Tanah Datar sangat memiliki nilai jual yang tinggi jika dikelola dengan baik. Diharapkan Sektor Pariwisata dapat berkontribusi sebagai penyumbang yang cukup besar untuk pendapatan asli daerah (PAD), dan otomatis akan meningkatkan perekonomian masyarakat, " Imbuh Nurhamdi

Dikatakannya dengan adanya Regulasi yang jelas, maka beberapa aspek yang mungkin dapat ditonjolkan dalam pengembangan pariwisata di Tanah Datar bisa menjadi perhatian serius pihak Eksekutif. Seperti pengembangan Wisata Agro, Wisata Budaya, Wisata kuliner, Wisata Alam, maupun usaha kerajinan tangan khas Tanah Datar yang hasilkan oleh masyarakat dan lain sebagainya.

"Pemkab melalui Dinas Pariwisata harus mengakui bahwa pengelolaan Pariwisata sampai saat ini belum maksimal. Hal senada juga pernah di sampaikan Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas saat gelaran Bhayangkara Expo yang lalu, mengenai Sektor Pariwisata, yang mengatakan bahwa "pariwisata di Kabupaten Tanah Datar sangat banyak, namun pengelolaannya belum maksimal", " jelas Nurhamdi.

Dalam penjelasannya Ketua Fraksi Demokrat menyampaikan bahwa hal ini juga merupakan harapan masyarakat agar ke depan sektor Pariwisata betul-betul bisa menjadi tulang punggung perekonomian di Tanah Datar selain sektor Pertanian dan lainnya.

"Pariwisata di harapkan dapat menjadi tambahan pendapatan bagi masyarakat, meningkatkan perekonomian dan menopang kesejahteraannya sesuai dengan Visi dan Misi yang pernah di sampaikan oleh Bupati dan Wakil Bupati yang menjabat saat ini, sewaktu Kampanye. Dilihat dari potensi alam yang dianugrahkan-Nya di bumi Luhak Nan Tuo, jika dikelola dengan baik, kita yakin daerah ini akan mengejar dan sejajar dengan Pariwisata daerah lain yang telah lebih dulu maju, " tutur Politisi Demokrat ini.

" Terbukti sumbangan kepada Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata dari tahun ke tahun berjalan seperti kura-kura. Untuk Pariwisata dapat berjalan dengan baik, tentu harus didukung penuh oleh SOPD lain, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan hidup, Dinas Koperindagpas, dan Dinas Pertanian dan lainnya, " tutupnya (romeo).

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: ekonomi,indonesia,kuliner,pariwisata,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

PM Israel Benjamin Netanyahu Klaim Sejumlah Negara Akan Ikuti Jejak AS

PM Israel Benjamin Netanyahu Klaim Sejumlah Negara Akan Ikuti Jejak AS

INTERNASIONAL - Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa pihaknya menjalin komunikasi dengan para pemimpin...

Arus Masuk Orang Asing ke Padang Pariaman meningkat 25%

Arus Masuk Orang Asing ke Padang Pariaman meningkat 25%

PADANG PARIAMAN - Tim Pora (Pengawasan Orang Asing) yang terdiri oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Imigrasi...

Diserang Meme dan Terus Dibandingkan dengan Ahok, Anies-Sandi Gerah

Diserang Meme dan Terus Dibandingkan dengan Ahok, Anies-Sandi Gerah

NASIONAL - Sudah hampir dua bulan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjabat gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Di...

Dianiaya Seorang ABG, Nenek 83 Tahun di Payakumbuh Ini Harus Dilarikan Ke Rumah Sakit

Dianiaya Seorang ABG, Nenek 83 Tahun di Payakumbuh Ini Harus Dilarikan Ke Rumah Sakit

PAYAKUMBUH - Seorang nenek tua renta Dahniar (83) warga Lundang, payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) harus dilarikan ke...

Sosialisasi Undang-undang no. 5 tahun 1999, KPPU Medan Gelar Forum Jurnalis di Padang

Sosialisasi Undang-undang no. 5 tahun 1999, KPPU Medan Gelar Forum Jurnalis di Padang

PADANG - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah Medan menggelar kegiatan Forum Jurnalis dan Workshop...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media