berita padang - berita sumbar
headline
home berita Solok

Terkesan Memaksa Lakukan Penarikan Kendaraan Warga, Kapolres Solok akan Panggil Pihak Leasing

Jumat, 21 Juli 2017 - 02:47:13 WIB - 1769
Terkesan Memaksa Lakukan Penarikan Kendaraan Warga, Kapolres Solok akan Panggil Pihak LeasingIlustrasi Penarikan kendaraan oleh Pihak Leasing di jalanan

SOLOK - Aksi penarikan sepihak yang dilakukan pihak leasing terhadap konsumen Penguna kendaraan bermotor melalui debt collectornya, telah membuat resah masyarakat.


Beberapa Konsumen (korban) yang namanya enggan di sebutkan mengatakan kepada awak media, bahwa pihak pembiayaan terkesan berbuat semena – mena, dengan melakukan penarikan dijalan tanpa melaksanakan prosedural sesuai pasal-pasal yang termaktub dalam UU No 42 tahun 1999, tentang jaminan fidusia dan di jelaskan juga dalam Peraturan Mentri Keuangan No 130/ PMK.010/2012 tentang Pendaftaran Fidusia bagi Perusahaan Pembiayaan.


Dari pantauan awak media di lapangan, ada beberapa pihak leasing yang berlaku tidak wajar terhadap konsumennya, hingga terkesan melakukan ancaman kepada para Nasabahnya.


Berdasarkan informasi yang didapat dari beberapa narasumber di lapangan, debt collector ini dibayar sebesar Rp. 15.000.000,- untuk penarikan unit mobil, dan Rp. 2.500.000 untuk penarikan unit sepeda motor.


Menyikapi hal ini, Kapolres Solok Kota, AKBP. Dony Setiawan, berencana akan memanggil semua perusahaan leasing yang ada di wilayah hukum Polres Solok Kota. Dan dalam waktu dekat pihaknya juga menertibkan setiap tindakan yang dapat merugikan masyarakat


“Kita akan panggil semua leasing atau perwakilannya untuk membahas permasalahan ini. Kita akan coba tertibkan mereka yang bertindak demikian”, ungkap Dony kepada awak media, Kamis, (20/7/2017) siang, diruangan kerjanya.


Kapolres mengatakan, tanpa adanya akta fidusia yang didaftarkan oleh pihak leasing, tindakan ini jelas suatu bentuk pelanggaran hukum.


“Jika leasing tidak mendaftarkan fidusianya ke Kementrian Hukum dan Ham, jelas tindakan ini adalah pelanggaran. Mereka wajib mendaftarkan ini masing – masing per-kontrak yang dibuat, bukan per kelompok atau dalam jumlah tertentu”, jelasnya.


Menurutnya hal ini perlu terlebih dahulu disosialisasi, namun jika tindakan serupa masih terus terjadi, Kapolres mengatakan tak segan untuk mengambil tindakan hukum berdasarkan laporan masyarakat.


Meski demikian, Dony tetap menghimbau pihak leasing agar dapat bekerja sesuai prosedur yang ada. Hal ini demi terciptanya kondisi aman, nyaman dan damai diwilayah hukum Polres Kota Solok.


“Terkait ini, saya menghimbau agar pihak leasing tetap mengedepankan prosedur dalam melakukan eksekusi terhadap konsumennya tanpa mengenyampingkan tata krama dan etika. Ini demi terciptanya kondisi aman, nyaman dan damai di Solok”, himbaunya. (Tirta/ AMOI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo/Sumbartoday
Tag: hukum,otomotif,pos-polisi,solok,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

UIN Imam Bonjol Dapat Alokasi 79,6 Ha di Tarok City

UIN Imam Bonjol Dapat Alokasi 79,6 Ha di Tarok City

PADANG PARIAMAN - Bupati Ali Mukhni melakuka roadshow lahan di Kawasan Tarok City kepada lembaga pendidikan tinggi,...

Mengenang Jasa Tan Malaka, Ratusan Orang Lakukan Ziarah Di Pandam Gadang

Mengenang Jasa Tan Malaka, Ratusan Orang Lakukan Ziarah Di Pandam Gadang

LIMAPULUH KOTA - Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, Pemerintah Kabupaten...

Ezra Punya Kans Jadi Starter Timnas Indonesia U-22 Lawan Filipina

Ezra Punya Kans Jadi Starter Timnas Indonesia U-22 Lawan Filipina

SEAGAMES 2017 - Ezra Walian kemungkinan besar akan turun sebagai starter saat Timnas Indonesia U-22 melawan Filipina...

Masuki Zona Terlarang, 2 Mahasiswa Asal Sumbar Ditangkap Aparat Mesir

Masuki Zona Terlarang, 2 Mahasiswa Asal Sumbar Ditangkap Aparat Mesir

NASIONAL - Ketua Kesepakatan Mahasiswa Minangkabau di Mesir, Muhammad Alfatih menyebutkan, sehari setelah penahanan...

Inilah Pesan Presiden Jokowi Saat Terima Kedatangan Agus Yudhoyono

Inilah Pesan Presiden Jokowi Saat Terima Kedatangan Agus Yudhoyono

JAKARTA - Presiden Joko Widodo sering berpesan bahwa perubahan global merupakan tantangan yang harus dihadapi anak...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu