berita padang - berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Sekdako Yuen Karnova Ingatkan Orangtua Harus Awasi Anak Berinternet

Jumat, 21 Juli 2017 - 08:39:43 WIB - 176
Sekdako Yuen Karnova Ingatkan Orangtua Harus Awasi Anak BerinternetSosialosasi diseminasi

BUKITTINGGI - Para orangtua harus mengawasi anak-anak mereka saat menggunakan internet agar tidak menyalahgunakannya untuk hal negatif, kata Sekdako, Yuen Karnova ini.


"Tempatkan komputer di ruang terbuka, yang bisa dilihat oleh orang tua, agar kegiatan anak berinternet bisa terpantau," kata Sekdako, Yuen Karnova ketika membuka sosialisasi Diseminasi Informasi, Rabu .


Yuen juga mengingatkan para orang tua agar menyampaikan pada anaknya untuk tidak menulis status di media sosial yang menunjukkan keberadaannya atau mengungkapkan hal-hal pribadi.


"Ingatkan anak untuk tidak mengirim status yang aneh-aneh, karena itu bisa di-trace, bisa ketahuan di mana dia berada," ujar dia


Kepala sekolah, komite dan guru di Kota Bukittinggi diminta menciptakan lingkungan pendidikan yang merekat kembali nilai-nilai persaudaraan antar siswa. Seiring itu, lakukan pengawasan penggunaan internet dalam pemberian tugas mencari bahan pekerjaan rumah (PR).


“Orangtua juga dituntut memahami istilah-istIlah yang berpotensi digandrungi anak-anak melalui akses internet,” tegasnya


Saat ini, lanjut mantan sekda Pariaman itu, bukan sesuatu yang baru lagi di telpon selular yang dipakai anak sekolah lanjutan ditemukan konten tak pantas yang diakses melalui internet. Orangtua dan keluarga dituntut paham istilah-istilah, yang justru belum layak jadi tontonan anak dan remaja sekolah.


Internet dengan berbagai perangkat teknologi seperti laptop, gatget, tablet dan lainnya mesti digunakan secara bijak dan bermanfaat. Janganlah teknologi itu menimbulkan dampak negatif, apalagi terhadap akibat penghancuran mental dan akhlak generasi muda. Makanya sekolah, komite dan orangtua haruslah bahu membahu dan saling mendukung dalam memberikan pendidikan sesuai peran masing-masing. Tidak kalah pentingnya, menyediakan waktu bermain sehingga anak dapat bersosialisasi, memiliki tenggang rasa dan menghargai sesama.


Senada dengan Sekdako, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Melfi Abra melihat lebih pentingnya peran orang tua dalam pengawasan terhadap aktivitas siswa di luar sekolah. Bagaimanapun kemajuan tak bisa dibendung. Internet bagian dari kemajuan itu, apalagi Pemko Bukittinggi sendiri juga telah menggalakkan program smart city berbasis teknologi informasi. Di sisi lain, internet sama dengan perpustakaan fungsinya. Imej internet identik dengan pornografi mesti diubah, justru dimanfaatkan ke arah positif. Inilai tugas melibatkan sekolah, komite dan orangtua. Semuanya berperan untuk mencegah dampak buruk penggunaan internet di kalangan siswa.
Sosialisasi desiminasi informasi bertajuk “Penggunaan internet di kalangan remaja dan anak serta dampaknya” diikuti puluhan peserta.


Menurut Kadis Kominfo, Johnni, selain untuk SD, kegiatan tersebut juga diberikan bagi para guru, kepala sekolah dan komite SMP dan SMA. Kegiatan itu bertujuan memberikan bimbingan dan pemahaman pada peserta terhadap pemanfaatan internet secara benar, sekaligus antisipasi dampak kurang baiknya. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bukittinggi,daerah,pendidikan,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Setelah Sewindu Berpuasa, Padang Kembali Raih Adipura

Setelah Sewindu Berpuasa, Padang Kembali Raih Adipura

PADANG - Adipura sudah lama diidam-idamkan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Sebab, sewindu (delapan tahun) lamanya...

Razia Preman di Padang Panjang, TO Curanmor Ikut Terjaring

Razia Preman di Padang Panjang, TO Curanmor Ikut Terjaring

PADANG PANJANG - Sekali dayung dua pulau terlampaui. Itulah yang dialami oleh Satreskrim Polres Padang Panjang saat...

Mengantuk, Mobil Colt Diesel Nyaris Nyemplung ke Sungai Batang Mangguang Pariaman

Mengantuk, Mobil Colt Diesel Nyaris Nyemplung ke Sungai Batang Mangguang Pariaman

PARIAMAN - Kecelakaan tunggal kembali terjadi di Kota Pariaman, Sumbar. Sebuah mobil Colt Diesel L 300 BA 6080 AJ masuk...

Gubernur Sumbar Belum Hadir, Pembukaan Kejurnas Karate PPLP Molor

Gubernur Sumbar Belum Hadir, Pembukaan Kejurnas Karate PPLP Molor

PADANG - Pembukaan Kejurnas Karate antar PP LP/D dan sentra olahraga di GOR Prayoga Padang, seharusnya sudah dibuka...

Aset Pemkab Limapuluh Kota Dibahas di Paripurna DPRD Kota Payakumbuh

Aset Pemkab Limapuluh Kota Dibahas di Paripurna DPRD Kota Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Terkait eks Kantor Bupati Limapuluh Kota yang berada dipusat Kota Payakumbuh. Antara Pemerintah Kota...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu