minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Payakumbuh

Payakumbuh Kembali Menjadi Kota Layak Anak, Walikota : Jangan Abaikan Hak Anak

Selasa, 25 Juli 2017 - 19:36:02 WIB - 402
Payakumbuh Kembali Menjadi Kota Layak Anak, Walikota : Jangan Abaikan Hak Anak Walikota Payakumbuh Riza Falepi Terima Penghargaan Kota Layak Anak dari menteri PPPA Yohana Yembesi

PAYAKUMBUH - Target Kota Payakumbuh untuk meraih predikat Kota Layak Anak untuk tahun 2017 ini, akhirnya terwujud. Penghargaan yang ketiga kalinya ini kembali diberikan pada Kota Payakumbuh. Penghargaan itu diterima Walikota Payakumbuh, Riza Falepi dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise di Ballroom Swiss-Bel Hotel Pekanbaru, Riau, Sabtu (22/7) lalu.


"Tahun ini, Payakumbuh kembali meraih penghargaan Kota Layak Anak tingkat Pratama untuk ketiga kalinya sejak 2013 yang lalu. Dan juga, MAN 2 Payakumbuh juga dianugrahi sebagai Sekolah Ramah anak. Hal ini membuktikan bahwa Pemko bersama masyarakat Payakumbuh concern terhadap kesejahteraan anak," ujar Wako.


Ditambahkan Wako, hak-hak anak tidak dapat diabaikan. Mulai dari jaminan mereka akan pendidikan, kesehatan, sosial, dan keamanan mereka menjadi tanggung jawab pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat.


"Kita tidak menginginkan, kasus-kasus yang menimpa anak-anak terjadi dikota ini. Kekerasan, bully, dan tindakan lainnya harus kita cegah. Untuk itu, mari bersama-sama kita pertahankan predikat ini. Dan penghargaan ini, merupakan penghargaan untuk semua anak dan masyarakat Payakumbuh," kata Wako usai menerima penghargaan.


Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3A-P2KB) Syahnadel Khairi yang turut hadir menerima penghargaan juga mengungkapkan kegembiraannya. Syahnadel menyebutkan, predikat sebagai Kota Layak Anak (KLA) sebelumnya diraih pada tahun 2013 dan 2015 yang lalu. "Pemkot Payakumbuh telah melahirkan Peraturan Daerah No 11 tahun 2016 tentang perlindungan perempuan dan anak. Perda ini memberikan jaminan pada anak-anak untuk bisa menikmati masa kecilnya, tanpa harus takut untuk berinteraksi dan menggali potensi dirinya," kata Syahnadel.


Untuk tahun ini, Syahnadel menginformasikan, jumlah penerima penghargaan Kab/Kota Layak Anak yakni 155 dan Propinsi Layak Anak sebanyak 12 daerah. Selain Kota Payakumbuh, untuk wilayah Sumatera Barat, penghargaan Kab/Kota Layak Anak juga diterima oleh Kota Bukittinggi, Kota Padang, Kota Solok, Kota Padang Panjang, Kota Solok, Kota Pariaman, Kota Sawahlunto, Kab. Limapuluh Kota, Kab. Tanah Datar, serta Kab. Pesisir Selatan.


Untuk selanjutnya kita akan berusaha meraih Kota Layak Anak tingkat Madya kemudian tingkat Nindya, tentunya dengan berbagai faktor dan indokator yang akan kita tingkatkan," ujarnya.


Penyerahan Penghargaan Kab/Kota Layak Anak ini merupakan rangkaian acara puncak peringatan Hari Anak Nasional 2017 yang dipusatkan di Kota Pekanbaru, Prov. Riau. Hari Anak Nasional 2017 yang mengangkat tagline "Saya Anak Indonesia, Saya Gembira" itu akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.(Rino)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,kesehatan,payakumbuh,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Sebut Penjilat, Postingan Anggota DPRD 50 Kota Sumbar Ini Bikin Gaduh

Sebut Penjilat, Postingan Anggota DPRD 50 Kota Sumbar Ini Bikin Gaduh

LIMA PULUH KOTA - Postingan diduga milik seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lima Puluh...

Polres Padang Panjang Bekuk Dua Residivis Spesialis Pembobol Rumah

Polres Padang Panjang Bekuk Dua Residivis Spesialis Pembobol Rumah

PADANG PANJANG - Polres Padang Panjang dibantu Jajaran Polres Bukittinggi berhasil menangkap residivis spesialis...

Peningkatan Kapasitas Seni Rupa di Sumbar, Ini Bentuk Kegiatannya

Peningkatan Kapasitas Seni Rupa di Sumbar, Ini Bentuk Kegiatannya

PADANG - Sebanyak 60 perupa se-Sumatera Barat mengikuti Bimbingan Tekhnis (Bimtek) peningkatan kapasitas di Hotel Fave...

Ratusan Massa FMM Gelar Aksi Solidaritas Rohingya ke Kantor Gubernur Sumbar

Ratusan Massa FMM Gelar Aksi Solidaritas Rohingya ke Kantor Gubernur Sumbar

PADANG - Ratusan Massa Forum Masyarakat Minangkabau (FMM) menggelar aksi solidaritas terhadap etnis muslim Rohingya di...

Gempa 8,2 SR Guncang Meksiko, Lima Orang Tewas

Gempa 8,2 SR Guncang Meksiko, Lima Orang Tewas

MEKSIKO - Gempa berkekuatan 8,2 skala Richter mengguncang lepas pantai Meksiko akibatnya lima orang dilaporkan tewas,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu