minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Parlemen dan Parpol

Antisipasi Gesekan dan Pengamanan Aset KPU, DPRD Usulkan Anggaran Pengamanan Rp2,1 milyar

Minggu, 30 Juli 2017 - 06:32:41 WIB - 429
Antisipasi Gesekan dan Pengamanan Aset KPU, DPRD Usulkan Anggaran Pengamanan Rp2,1 milyarWakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana putra

PADANG - Wakil Ketua DPRD Padang mengusulkan upaya antisipasi gangguan keamanan yang mungkin terjadi dan pengamanan obyek vital KPU, anggaran pengamanan sebaiknya Rp2,1 milyar.


"Antisipasi gangguan keamanan, memang sangatlah perlu pengamanan untuk suasana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 nanti, ' ujar Wahyu Sabtu (29/7/2017)


Dari 104 Kelurahan, 11 Kecamatan dan sebanyak 1600 TPS serta lebihkurang dari 1 juta jumlah penduduk, tentulah perlu pengamanan dari pihak Mapolresta Padang, pola kerja sistem intelijen nya, Babinsa di di kelurahan dan kecamatan serta personil lainya dilapangan untuk melakukan pengamanan agar terciptanya suasana yang kondusif dalam pemilihan nanti.


Lebihlanjut dikatakan, dalam hal ini memang Kapolresta Padang telah mengajukan anggaran pengamanan untuk Pilkada 2018 ke DPRD Padang sebesar Rp 2,8 miliar. Namun memang ada mata anggaran yang tidak boleh dianggarkan, kita tidak bisa akomodir yakni penganggaran untuk putaran kedua (tahap dua). Karena nanti akan hanya ada satu putaran saja.


Wahyu menyatakan, untuk usulan anggaran pengamanan Pilkada tersebut menurutnya rendah, melihat banyaknya jumlah TPS.Pengamanan untuk 1600 TPS di 11 kecamatan,di 104 keluruhan, pengamanan di kantor Bawaslu dan pengamanan di Kantor KPU Kota Padang serta hampir 1 juta jumlah penduduk di Kota Padang.


"Terlalu baik saya katakan bapak Kapolres dengan usulan anggaran sebesar Rp2,122 miliar itu dengan kegiatan besar nanti, beliau dapat melakukan efisiensi untuk anggaran pengamanan Pilkada 2018, dan kita mengucapkan terimakasih untuk itu," kata Wahyu.


Lebihlanjut disampaikan, untuk realisasi anggaran sendiri, memang Pemko Padang sudah masukan KUA-PPAS Anggaran APBD 2018( anggaran sementara,red) namun belum dibahas, insha allah kalau tak ada berhalangan, Senin ini akan dilakukan pembahasan, agar segera dilakukan pengesahan APBD 2018. "Untuk anggaran pengamanan Pilkada tersebut tentunya DPRD Padang menyetujuinya, " ungkap Wahyu.


Sebelumnya Kepala Kepolisian Resort Kota Padang, Komisaris Besar Polisi Chairul Aziz mengatakan, untuk anggaran pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 belum disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang. Kami telah mengajukan anggaran dua kali setelah direvisi oleh DPRD setelah pembahasan lalu.


Awalnya biaya pengamanan dianganggarkan sebanyak Rp2,8 miliar dan setelah direvisi pihaknya kembali menganggarkan sebanyak Rp2,122 Milyar. "Saat ini anggaran untuk pengamanan tersebut telah kami ajukan ke Kesbangpol dan belum dibahas oleh DPRD," ujarnya.


"Beberapa hal yang dihapus dalam penganggaran pertama adalah poin penganggaran putaran kedua dan belanja modal. Dengan begitu, pihaknya hingga saat ini masih menunggu hasil keputusan DPRD dalam pembahasan anggaran pengamanan Pilkada mendatang. "Yang jelas berapa yang disetujui oleh DPRD, kami akan memaksimalkan anggaran tersebut nantinya," kata Kapolres.


Ia mengatakan, beberapa hal yang akan ia lakukan dalam pengamanan Pilkada mendatang adalah pengamanan terhadap calon Wali Kota dan calon Wakil Walikota Padang, pengamanan TPS, pengamanan di kantor Bawaslu dan pengamanan di Kantor KPU Kota Padang.


"Kami juga akan membuat pos pengamanan Pilkada di Polresta Padang dan akan melibatkan Kejaksaan, Bawaslu, KPU serta beberapa perwakilan partai pengusung.Dan akan melibatkan sebanyak 2/3 jumlah personel yang ada yakni sebanyak 700 orang personil dalam pengamanan nantinya," tutupnya. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: legislator,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Toko Emas di Padang Dikupak Maling, 10 Kg Emas Raib

Toko Emas di Padang Dikupak Maling, 10 Kg Emas Raib

PADANG - Toko emas di Kawasan Koppas Plaza, Pasar Raya Padang Sabtu (2/9/2017) pagi tadi disatroni pencuri. Emas...

Warga Padang Minta Akses Menuju Shelter Evaksuasi Dipermudah

Warga Padang Minta Akses Menuju Shelter Evaksuasi Dipermudah

PADANG - Kota Padang berada tepat di pinggir Samudera Hindia. Rawan bencana seperti banjir, gempa, dan lainnya. Agar...

Pemko Padang Imbau Daging Kurban Jangan Dibungkus Kantong Kresek Hitam, Ini Alasannya

Pemko Padang Imbau Daging Kurban Jangan Dibungkus Kantong Kresek Hitam, Ini Alasannya

PADANG - Agar warga terhindar dari penyakit dan zat berbahaya, Pemerintah Kota Padang mengimbau kepada panitia kurban...

Akhir 2017, Padang Pariaman Targetkan Penderita Gangguan Jiwa Tak Ada lagi yang Dipasung

Akhir 2017, Padang Pariaman Targetkan Penderita Gangguan Jiwa Tak Ada lagi yang Dipasung

PADANG PARIAMAN - Kepala Dinas Kesehatan Aspinuddin didampingi Kabid. P2P Jasneli dan Kepala Puskesmas lakukan...

Wah Gawat, Pesta Pantai ala THM di Pulau Sirandah, Ini Reaksi Walikota Padang dan Dewan

Wah Gawat, Pesta Pantai ala THM di Pulau Sirandah, Ini Reaksi Walikota Padang dan Dewan

PADANG - Pesta Pantai ala Tempat Hiburan Malam (THM) menuai banyak kecaman dari berbagai pihak di Pulau Sirandah,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu