berita padang - berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Kota Bukittinggi Raih Dua Penghargaan Terkait Lingkungan

Kamis, 03 Agustus 2017 - 23:13:45 WIB - 261
Kota Bukittinggi Raih Dua Penghargaan Terkait LingkunganRaih dua penghargaan Adipura dan Nirwasita Tantra

BUKITTINGGI - Presiden RI menobatkan Kota Bukittinggi sebagai kota dengan inovasi terbaik dalam bidang lingkungan


Dua Penghargaan tersebut Adipura dan Nirwasita Tantra, penghargaan bidang lingkungan diberikan dalam acara Adipura reward tingkat Nasional di Istana Presiden Jakarta, Kamis (3/8/2017).


Pantauan MinangkabauNews di lapangan menyatakan Masyarakat dan pelajar yang berdiri di tepi jalan sepanjang jalan Sudirman sampai Jam gadang menantian kedatangan dua penghargaan kebanggaan yang diraih kota Bukittinggi.


Dua penghargaan itu disambut kedatangannya di kota Bukittinggi dengan penuh sukacita oleh seluruh jajaran Pemko, tokoh masyarakat, generasi muda, bundo kanduang dan pasukan kuning alias petugas kebersihan. Begitu sampai di Jalan Sudirman setelah menempuh perjalanan dari Padang, setibanya di jalan Sudirman depan lapangan kantin, Ramlan Nurmatias yang membawa Adipura dan Nirwasita Tantra turun dari kendaraan, kemudian membawa kedua penghargaan itu berjalan kaki menuju Jam Gadang bersama Forkompinda, Wakil Walikota Irwandi, Ketua TP-PKK Yesi Endriani dan kepala SKPD.


Kemudian Di pelataran Jam Gadang dilakukan proses penerimaan Adipura dan Nirwasita Tantra masing-masing oleh Walikota Ramlan Nurmatias diserahkan kepada Ketua DPRD Benni Yusrial, kemudian dari ketua DPRD diserahkan kepada Inyiak Dt. Pangulu Basa mewakili tokoh masyarakat Bukittinggi.


Setelah prosesi resmi, kedua penghargaan itu diarak keliling kota menggunakan kendaraan terbuka yang dipegang dua anggota paskibra SMA Negeri 1 Unggul Kota Bukittinggi, penghargaan Adipura dipegang Clarissa Maharani pelajar kelas XII IPA 3 dan penghargaan Nirwana Tantra dipegang Nur Ilhamsyah pelajar kelas XII IPA 4, arak-arakan itu pun diiringi becak motor alias betor, pasukan kuning, dimulai dari pelataran Jam Gadang melalui rute jalan Sudirman-Tarok-masuk Terminal Aur Atas-Bypass-dan berakhir di kantor Balaikota untuk disemayamkan di kantor Balaikota Gulai Bancah.


Masyarakat Bukittinggi menurut Dt. Pangulu Basa, bangga atas keberhasilan kota Bukittinggi meraih adipura dan Walikota meraih Nirwasita Tantra, sebab keduanya bisa dicapai berkat kerjasama dan kekompakan semua warga, terutama dalam menjaga kebersihan dan lingkungan. Keberhasilan itu pula menurut dia juga bukti komitmen dan kerja keras pemimpin daerah yang kiprahnya telah dirasakan belakangan ini. Namun, menurut Dt. Pangulu Basa, keberhasilan itu hendaklah memotivasi peningkatan kebersihan secara keseluruhan, termasuk menertibkan Pasar Bawah dan Aur Kuning.


Senada dengan itu, Ketua DPRD Benni Yusrial mengingatkan agar keberhasilan meraih adipura kedua kali dan nirwasita tantra makin menggenjot kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan lingkungan. Demikian pula kerja keras jajaran Pemko yang mesti terus dipacu, sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan.


Katanya, Pada penilaian tahun 2017 ini Bukittinggi berhasil menggandengkan adipura dengan nirwasita tantra yang merupakan penghargaan pada kepala daerah atas komitmen dan kepeduliannya dalam menangani lingkungan.


“Memang penghargaan untuk kepala daerah, tapi hakekatnya adalah untuk seluruh masyarakat. Artinya, masyarakat berperan sangat besar dalam penanganan lingkungan dan pemerintah tak mungkin jalan sendiri.


Kota Bukittinggi adalah tiga kota sedang di Indonesia yang meraih adipura, untuk meraih penghargaan itu tidak semudah membalik telapak tangan, kita semua harus bersama dan bersatu dalam meningkatkan kebersihan," tuturnya.


Ramlan pun mengucapkan terima kasih kepada pasukan kuning atas tanggung jawab pekerjaan tentang kebersihan, ucap Ramlan Nurmatias. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: agam,bukittinggi,daerah,indonesia,metro,nasional,padang,padang-panjang,padang-pariaman,pariaman

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Detik-detik Countdown Asian Games 2018 Dimulai dengan Lesatan Panah Jokowi

Detik-detik Countdown Asian Games 2018 Dimulai dengan Lesatan Panah Jokowi

NASIONAL - Hitung mundur 365 hari menuju Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dimulai. Detik-detik Countdown Asian Games...

Pejabat Eselon II Limapuluh Kota Akan Dilantik Sore Ini

Pejabat Eselon II Limapuluh Kota Akan Dilantik Sore Ini

LIMAPULUH KOTA - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bakal melakukan pelantikan...

Ratusan Guru dan Garin se-Kota Bukittinggi Dapat Bantuan Tunjangan Operasional

Ratusan Guru dan Garin se-Kota Bukittinggi Dapat Bantuan Tunjangan Operasional

BUKITTINGGI - Walikota Ramlan Nurmatias menyalurkan tunjangan operasional kepada 519 guru MDTA, TPA, TPSA, TPQ, Pondok...

Diduga Lecehkan Anggota Dewan di Medsos, DPRD Akan Panggil Kasat Pol PP Padang

Diduga Lecehkan Anggota Dewan di Medsos, DPRD Akan Panggil Kasat Pol PP Padang

PADANG - Terkait "pelecehan" yang dilakukan Kasat Pol PP Padang terhadap lembaga DPRD di WhatsApp group,...

Video Viral Aksi Lempar Barang Dagangan Pedagang Kadis Perdagangan, Begini Komentar Mahyeldi

Video Viral Aksi Lempar Barang Dagangan Pedagang Kadis Perdagangan, Begini Komentar Mahyeldi

PADANG - Video viral aksi lempar pisang milik pedagang buah oleh Kadis Perdagangan Endrizal di Pasar Raya Padang menuai...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu