berita padang - berita sumbar
headline
home berita Bola

Neymar Hengkang ke PSG, Ini 5 Fakta di Balik Transfer Sang Bintang

Jumat, 04 Agustus 2017 - 11:33:36 WIB - 335
Neymar Hengkang ke PSG, Ini 5 Fakta di Balik Transfer Sang BintangNeymar

BOLA - Beberapa waktu yang lalu, Raksasa Catalan, Barcelona telah mengonfirmasi bahwa salah satu bintangnya, Neymar Jr ingin meninggalkan Camp Nou pada musim panas ini.


Di laman resmi Blaugrana, Barcelona menyebutkan bahwa penyerang asal Brasil tersebut sudah mengutarakan ingin hengkang dari Catalan secara langsung pada manajemen klub, pada Rabu, (02/08) pagi, waktu setempat.


Pemain Neymar Jr, didampingi oleh ayahnya dan agennya, telah menginformasikan kepada FC Barcelona pagi ini terkait keputusannya untuk meninggalkan klub dalam sebuah pertemuan yang diadakan di kantor klub. Pihak klub mengacu pada klausul buy-out dari kontrak yang ada yang pada 1 Juli berjumlah 222 juta Euro.


Menurut rumor yang paling ramai saat ini, Neymar pindah ke PSG. Ya, klub asal Prancis tersebut rupanya akan memecahkan rekor transfer termahal di dunia dengan memboyong Neymar Jr dari Barcelona.


Dan ternyata, berita mengenai Neymar pindah ke PSG ini membawa sederet fakta yang cukup unik dan mengejutkan. Kira-kira seperti apa? Dan ada apa di balik transfer Neymar ke PSG? Simak ulasannya berikut ini.


1. Harga tidak masuk akal, UEFA awasi transfer Neymar ke PSG


PSG dikabarkan telah setuju untuk menebus Neymar dari Barcelona dengan mahar sebesar 222 juta Euro. Ini artinya, lebih dari dua kali lipat harga Paul Pogba yang dibeli Manchester United dari Juventus. Melihat harga yang cenderung ugal-ugalan ini, UEFA mengindikasi adanya pelanggaran FFP (Financial Fair Play).


Pasalnya, PSG sebenarnya bukan tim dengan pendapat terbesar di Eropa. Yang mana saat ini predikat tersebut disandang oleh Real Madrid dan Manchester United. Sehingga PSG berencana untuk menyicil pembelian Neymar dari Barcelona.


Andrea Traverso, selaku direktur eksekutif finansial UEFA, tidak melarang PSG untuk memboyong Neymar, namun ia berjanji pihaknya akan mengawasi secara saksama transfer tersebut.


"Sama seperti klub Eropa lain, PSG harus respek kepada FFP. PSG harus bisa membuktikan bahwa mereka tidak mengalami kerugian 30 juta Euro selama tiga tahun. Potensi perekrutan Neymar tentu akan mengganggu perekonomian PSG selama beberapa tahun ke depan," kata Traverso kepada EFE, Senin (31/7) lalu.


Rencana pembayaran dengan dicicil yang diinginkan PSG untuk Neymar, ternyata ditolak olah Barcelona. Karena pihak Blaugrana hanya mau melepas Neymar dengan mahar kontan. Sementara itu, PSG menyiasati pembayarn kontan tersebut dengan mengandalkan perusahaan induknya, yakni Qatar Sports Investments (QSI). Itu artinya, PSG tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk Neymar, karena nantinya status penjualan penyerang akan dimiliki oleh swasta, dalam hal ini QSI.


Barcelona tentu tidak ingin dan menganggap itu tidak sportif sehingga pihaknya yang diwakili oleh Sang Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu dan Presiden La Liga Javier Tebas, siap melaporkan model transfer tidak masuk akal Neymar pindah ke PSG.


2. Alasan hengkangnya Neymar ke PSG


Dia masih tergolong muda. Potensinya luar biasa. Bermain di klub sebesar Barcelona adalah sebuah prestasi tersendiri. Namun apakah Neymar bahagia? Mungkin tidak.


Besar kemungkinan, alasan Neymar meninggalkan Barcelona adalah untuk lepas dari bayang-bayang Sang Mega Bintang Lionel Messi. Tentu saja, Neymar sadar akan potensi dirinya, namun di Barcelona dia merasa selalu menjadi pendamping Messi di lini depan, bukan sebagai aktor utama. Sekalipun faktanya Neymar kerap menjadi pemecah kebuntuan Barca saat sedang dalam posisi sulit.


Salah satunya adalah kala Barcelona mencatatkan comeback terhebat dalam sejarah Liga Champions, dengan mencetak tiga gol dalam tujuh menit terakhir dan menang 6-5 secara agregat atas PSG.


Neymar menjadi pemain yang paling bersinar di laga tersebut. Ia mencetak dua di antara tiga gol telat tersebut, sebelum memberikan assist yang berbuah gol kemenangan oleh Sergi Roberto.


Menurut jurnalis El Pais, Ramon Besa, Neymar dikabarkan kecewa mendapati di media sosial bahwa yang mendapatkan sorotan justru foto selebrasi Lionel Messi, yang berdiri di pinggir lapangan dan menatap ke arah tribun suporter tuan rumah layaknya seorang dewa. Neymar sendiri belum mengungkapkan apa alasan sebenarnya di balik keputusannya hengkang dari Camp Nou, namun diyakini ia sudah tidak tahan lagi berada di bawah bayang-bayang Messi. Neymar memilih untuk hengkang demi mendapatkan sorotan maksimal di dalam dan luar lapangan, sekaligus meroketkan karirnya ke level berikutnya.


Di samping itu, Neymar juga akan sangat tergiur dengan gaji besar yang akan diterimanya dari PSG. Menurut BBC, Neymar akan mendapatkan gaji 45 juta Euro per tahun belum dipotong pajak. Setelah dipotong pajak, mantan punggawa Santos itu akan menerima sekitar 30 juta Euro pertahun atau setara dengan Rp 473 miliar. Jika dipecah lagi, Neymar akan mendapat 515 ribu Euro atau Rp 8,1 miliar per pekan! Fantastis!


3. Barcelona gerak cepat cari pengganti Neymar


Kehilangan Neymar tentu menjadi lini depan Barcelona menganga. Memang sejatinya masih ada beberapa pemain depan lainnya, seperti Paco Alcacer dan Arda Turan. Namun sepertinya pelatih Ernesto Valverde tentu tidak ingin gambling dengan dua pemain tersebut yang di musim lalu tampil kurang impresif.


Besar kemungkinan Barca akan membeli pemain bintang untuk mengisi lubang di lini depa. Terlebih lagi jika mereka sudah resmi menerima uang hasil penjualan Neymar pindah ke PSG.


Tujuh pemain incaran Barcelona adalah Philippe Coutinho (Liverpool), Paulo Dybala (Juventus), Ousmane Dembele (Dortmund), Keita Balde (Lazio), Kylian Mbappe (AS Monaco), Di Maria (PSG), dan satu nama mengejutkan lagi, Sergio Aguero (Manchester City).


Melihat kondisi Barca yang sedang mencari pengganti Neymar, beberapa klub yang merasa pemainnya diincar oleh raskasa Catalan segera merspon cepat. Mereka spontan menaikkan harga pemain andalannya. Salah satunya adalah Kylian Mbappe yang langsung dinaikkan harganya oleh AS Monaco. Ini juga strategi mereka agar tetap mendapatkan keuntungan besar dari transfer Neymar ke PSG.


Dari harga pada bulan Juli lalu yang berkisar 134 juta Euro, kini ditaksir harga penyerang muda tersebut melejit nyaris di angka 180 juta Euro! Jika Barcelona serius ingin mendatangkan Mbappe, maka Barca harus bersaing dengan Real Madrid yang juga menginginkan servis pemain 18 tahun tersebut.


4. Messi lebih inginkan Dybala


Entah benar atau tidak, beberapa transfer Barcelona sedikti banyak akan dipengaruhi oleh Sang Mega Bintang, Lionel Messi. Ini masih sebatas rumor. Intinya, jika Messi tidak ingin bermain bersama salah satu orang pemain, maka Barcelona tidak akan membelinya, sekalipun harus dengan harga murah. Sebaliknya, berapapun harga seorang pemain, jika Messi meminta pemain tersebut untuk datang ke Camp Nou, Barca akan berusaha mewujudkannya.


Nah, dalam kasus ini, Messi seperti lebih condong untuk menjatuhkan pilihannya kepada penyerang muda Juventus, Paolo Dybala untuk menggantikan rekannya, Neymar pindah ke PSG. Di sisi lain, Dybala merupakan kompatriot Messi di timnas Argentina.


Lantas mengapa bukan Aguero. Entah dari mana rumor ini berasal, namun kepindahan Aguero untuk menggantikan Neymar di Barcelona sepertinya jauh dari kenyataan. Mengingat Aguero sudah menempati posisi starter di lini depan The Citizen. Memang benar bahwa Aguero juga rekan Messi di timnas Argentina, namun memandang usia, Messi sepertinya ingin memiliki tandem yang berjiwa muda namun juga berinsting gol tinggi.


5. Dampak kedatangan Neymar ke PSG


Yang pertama adalah keuangan yang tidak sehat. Jelas itu akan dirasakan oleh PSG setelah menggelontorkan dana sebesar 222 juta Euro demi satu orang pemain saaja di bursa transfer kali ini.


Nah dampak finansial tersebut juga akan berdampak pada kedalam skuad PSG. Kedatangan Neymar membuat sejumlah pemain harus dilepas demin menstabilkan keuangan PSG. Eksodus peman PSG kemungkinan besar akan terjadi guna menghindari sanksi FFP dari UEFA. Setidaknya ada empat pemain PSG yang akan dilepas di bursa transfer ini sebagai tumbal kedatangan Neymar ke Paris. Mereka adalah Blaise Matuidi, Angel Di Maria, Serge Aurier, dan Javier Pastore.


Matuidi sudah dilirik oleh Juventus, sedangkan Aurier sedang diperebutkan oleh Manchester United dan juga Inter Milan. Sedangkan Pastore kemungkinan akan ditukar dengan gelandang Portugal, Joao Mario. Sementara Di Maria seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya bakal berseragam barceloan untuk menjadi pengganti Neymar.


Khusus Pastore, dirinya sudah menyerahkan nomor 10 yang dimilikinya di PSG kepada Neymar. Sebagai isyarat bahwa dirinya akan benar-benar pergi dari Paris sebagai tumbal kedatangan Neymar.(mrd)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bola,internasional,sport,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Video Kemeriahan HUT RI ke-72 di Bukittinggi Diwarnai dengan Pawai Obor

Video Kemeriahan HUT RI ke-72 di Bukittinggi Diwarnai dengan Pawai Obor

VIDEO - Dalam rangka peringati Hut RI ke-72, ratusan anggota Kwartir Cabang XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi,...

Pertahankan Adipura, Bukittinggi Terima Satu Mobil Penyapu Jalan

Pertahankan Adipura, Bukittinggi Terima Satu Mobil Penyapu Jalan

BUKITTINGGI -Kota Bukittinggi sebagai kota wisata terus meningkatkan tentang kebersihan untuk kesehatan dan kenyamanan...

Gagalkan Perampokan Nasabah Bank, Kompol Russirwan Terima Penghargaan Ini dari Wako Payakumbuh

Gagalkan Perampokan Nasabah Bank, Kompol Russirwan Terima Penghargaan Ini dari Wako Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Walikota Payakumbuh Riza Falepi memberikan penghargaan kepada Kapolsek Kota Payakumbuh Komisaris Polisi...

 Peringati HUT RI ke72, Jemaah Haji Sumbar Gelar Doa Bersama untuk Nagari

Peringati HUT RI ke72, Jemaah Haji Sumbar Gelar Doa Bersama untuk Nagari

PARIAMAN - Doa bersama dari tanah suci mekkah diangkatkan oleh rombongan Jemaah Haji yang diketuai TK. Baharrudin yang...

Korem 032 Wirabraja Peringati Hut RI ke 72 dengan Doa Bersama 171717

Korem 032 Wirabraja Peringati Hut RI ke 72 dengan Doa Bersama 171717

PADANG - Korem 032/Wirabraja Sumatera Barat (Sumbar) mengajak seluruh elemen masyarakat terlibat langsung dalam aksi...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu