berita padang - berita sumbar
headline
home berita Padang

Pawai Telong-Telong Bikin Kota Padang jadi Warna-warni di Malam Hari

Minggu, 06 Agustus 2017 - 20:44:25 WIB - 502
Pawai Telong-Telong Bikin Kota Padang jadi Warna-warni di Malam HariPawai telong-telong di depan Lapau Panjang Cimpago Pantai Padang

PADANG - Kota Padang kembali disapa event keren. Bagi yang suka cahaya warna-warni di malam hari, baiknya kosongkan jadwal pada 6 Agustus 2017 malam ini. Sebab, akan ada Pawai Obor dan Telong-Telong, yang siap digelar di Lapau Panjang Cimpago Pantai Padang, Kota Padang, Sumatera barat (Sumbar).


"Ini merupakan event tahunan yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kota Padang ke-348 tahun 2017. Kami berharap acara ini dapat menjadi hiburan bagi warga kota dan wisatawan yang datang ke Padang," kata Medi Iswandi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Minggu (6/8)


Bagi masyarakat Padang, Telong-Telong tak hanya sekedar festival biasa. Ada story telling sejarah panjang yang terkandung di dalamnya. Lewat Telong-Telong inilah rakyat Padang sukses memporak-porandakan pertahanan Belanda yang sedang menjajah Indonesia.


"Sejarahnya, Telong-Telong merupakan lampu yang digunakan pejuang untuk mengalahkan Belanda di Muaro Padang pada peristiwa heroik 7 Agustus 1669. Saat itu masyarakat Pauh dan Kuranji melawan VOC, yang menindas rakyat dengan merebut loji-loji Belanda. Telong-telong ini strategi pejuang kita agar dianggap ramai," tambahnya.


Peristiwa penyerangan loji Belanda di Muara Padang, 7 Agustus 1669, kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya Kota Padang. “Malam itu Belanda tak menduga akan diserang. Sebab, mereka mengira rakyat hanya menggelar pawai tradisi biasa. Namun tiba-tiba rakyat menyerbu dan memporak-porandakan loji-loji Belanda.


Dengan kebersamaan dan kecerdasan masyarakat Minangkabau itulah, loji-loji itu akhirnya bisa direbut. Pesan yang ingin kita sampikan, kita pasti mampu membangun negara dan kota Padang dengan bersatu. Spiritnya harus Indonesia Incorporated," jelasnya.


Pawai Obor dan Telong-Telong ini nantinya akan diikuti sebelas kecamatan yang terdiri dari 104 kelurahan se-Kota Padang. Target yang dipatok, lima ribu wisatawan nusantara dan mancanegara.


Nah, bagi yang penasaran, ingin menyaksikan langsung, silakan langkahkan kaki ke Padang. Pawai akan dimulai dari depan Danau Cimpago, Purus, Padang hingga berakhir hingga Sudirman. Agendanya dimulai selepas Magrib diiringi dengan Gandang Tassa dan Kembang Api dan akan berakhir sekitar pukul 23.00 WIB.(Charlie)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,pariwisata,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

NPHD Ditanda tangani, Dana Pilkada Pariaman Cair dalam Dua Tahap

NPHD Ditanda tangani, Dana Pilkada Pariaman Cair dalam Dua Tahap

PARIAMAN - Walikota Pariaman H. Mukhlis Rahman menandatanganani Naskah Perjanjian Hibah Daerah Pemilihan Kepala Daerah...

Aset Pemkab Limapuluh Kota Dibahas di Paripurna DPRD Kota Payakumbuh

Aset Pemkab Limapuluh Kota Dibahas di Paripurna DPRD Kota Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Terkait eks Kantor Bupati Limapuluh Kota yang berada dipusat Kota Payakumbuh. Antara Pemerintah Kota...

Dua Kepala LP Sampaikan Permasalahan Sama di Tahun Berbeda Kepada Pemkab Tanah Datar

Dua Kepala LP Sampaikan Permasalahan Sama di Tahun Berbeda Kepada Pemkab Tanah Datar

TANAH DATAR - Kalapas Klas II B Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, Wiwid Feryanto Rahadian, seolah menyampaikan...

Bengkulu Utara Dihantam Gempa 6,6SR, Begini Penjelasan BMKG

Bengkulu Utara Dihantam Gempa 6,6SR, Begini Penjelasan BMKG

BENGKULU - Gempa bumi mengguncang wilayah Bengkulu Utara, Bengkulu, pada Ahad, (13/8/2017) pukul10.08wib. Hasil...

Janjikan Pelunasan Hutang Kredit, Hati-hati Terhadap Organisasi Ilegal

Janjikan Pelunasan Hutang Kredit, Hati-hati Terhadap Organisasi Ilegal

PAYAKUMBUH - Menyikapi aktifitas lembaga/organisasi dan jasa keuangan yang tidak mempunyai legalitas dari otoritas jasa...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu