minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Peristiwa

Warga Sumbar Bisa Saksikan Gerhana Bulan Malam Ini

Senin, 07 Agustus 2017 - 14:07:17 WIB - 2370
Warga Sumbar Bisa Saksikan Gerhana Bulan Malam IniGerhana bulan sebahagian

PADANG - Gerhana bulan sebagian yang akan terjadi pada 7-8 Agustus 2017 dapat dilihat di Sumatera Barat (Sumbar). Hal ini diungkapkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).


"Masyarakat dapat melihat fenomena tersebut dengan mata telanjang yang diperkirakan akan mulai pukul 22.48 WIB," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padang Pariaman, Budi Samiadji, Senin (7/8/2017).


Gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa tersebut merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya, kata Budi menjelaskan.


Gerhana bulan nanti malam, lanjutnya akan mulai pukul 22.48 WIB, kemudian gerhana sebagian mulai 00.22 WIB, puncak gerhana 01.29 WIB, gerhana sebagian berakhir 02.18 WIB dan akan berakhir pada 03.52 WIB.


Untuk itu, kata dia BMKG Sumbar juga akan melakukan pengamatan di Kantor Stasiun Geofisika Klas I Silaiang Bawah Kota Padang Panjang untuk mendapatkan data.


"Kami akan memakai teropong Vixen Sphinx, kamera digital dan laptop dalam pengamatan itu," imbuhnya.


Gerhana bulan sebagian 7-8 Agustus 2017 ini merupakan anggota ke 61 dari 80 anggota pada Seri Saros 119. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah gerhana bulan Sebagian 28 Juli 1999. Adapun gerhana Bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah Gerhana Bulan Sebagian 19 Agustus 2035.


"Pada 2017 diprediksi terjadi empat kali gerhana, yaitu gerhana bulan penumbra 11 Februari 2017 yang dapat diamati dari Indonesia bagian Barat," pungas Budi. (tr)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: metro,nasional,padang,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Menarik, Presiden Singapura Pernah Berjualan Nasi Padang, Inilah Kisahnya

Menarik, Presiden Singapura Pernah Berjualan Nasi Padang, Inilah Kisahnya

JAKARTA - Halimah Yacob (62) akan dinaubatkan menjadi Presiden muslimah pertama Singapura pada Rabu (13/9/2017). Namun...

Gempa Laut 3,9 SR Hoyak Solok Sumbar, Ini Kata BMKG

Gempa Laut 3,9 SR Hoyak Solok Sumbar, Ini Kata BMKG

SOLOK - Gempa laut 3,9 SR mengguncang Kota Solok, Sumatera Barat, Kamis pagi (21/9/2017) sekira pukul 09.03wib, gempa...

Torabika Campus Cup 2017 Resmi Dibuka di Padang, 80 Universitas Siap Bersaing

Torabika Campus Cup 2017 Resmi Dibuka di Padang, 80 Universitas Siap Bersaing

PADANG - Torabika Campus Cup kembali hadir di Kota Padang, Sumbar. Ivent bergengsi ini diikuti oleh 80 kampus dari lima...

Diduga Gelapkan Raskin, Kepala Jorong di 50 Kota Dipecat

Diduga Gelapkan Raskin, Kepala Jorong di 50 Kota Dipecat

LIMA PULUH KOTA - Puluhan warga kurang mampu di jorong Manggunai Tinggi, Nagari Ampalu, Kecamatan Lareh Sago Halaban,...

BMKG : Waspada Gelombang Tinggi Tiga Meter di Perairan Mentawai

BMKG : Waspada Gelombang Tinggi Tiga Meter di Perairan Mentawai

PADANG - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan warning kepada pengguna jasa pelayaran dan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu