berita padang - berita sumbar
headline
home berita Pariaman

CJH Pariaman Berangkat Hari Ini, Tertua 87 Tahun, Termuda 29 Tahun

Kamis, 10 Agustus 2017 - 23:48:04 WIB - 524
CJH Pariaman Berangkat Hari Ini, Tertua 87 Tahun, Termuda 29 TahunWali kota ikatkan skraf tanda peserta CJH

PARIAMAN - Walikota Pariaman Mukhlis Rahman melepas secara resmi Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Pariaman tahun 2017, bertempat di Balairung rumah dinas walikota pariaman, Kamis (10/8/2017).


Mukhlis Rahman mengatakan kepada para jamaah calon haji asal Kota Pariaman hendaknya dapat memahami hakikat dari ibadah haji itu sendiri, yaitu ibadah secara total.


"Ibadah haji yang akan saudara-saudara laksanakan, hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku setelah pulang nanti, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan Negara," tukasnya.


Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman berpesan kepada CJH agar selalu menjaga diri sebaik mugkin ketika menunaikan ibadah haji. Dia menegaskan, CJH jangan terpisah dari rombongan. Khusus untuk ketua regu dan rombongan diharapkannya dapat mengkoordinir para jemaah


Apabila terdapat permasalahan, hendaknya dapat dikordinasikan dengan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). Begitu pula masalah-masalah yang menyangkut ibadah agar dikoordinasikan dan ditanyakan kepada Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI). Hal ini perlu dilakukan, guna menyukseskan setiap kegiatan yang akan dijalankan dan kembali ke tanah air dengan selamat


“Diminta kepada para ketua atau komandan-komandan regu harus betul-betul cermat, teliti melihat anggotanya jangan samapai ketinggalan,” tegasnya.


Dia juga mengimbau CJH supaya selalu menjaga kesehatan. Mengingat beratnya pelaksanaan ibadah haji sehingga dibutuhkan stamina yang kuat dan sehat dalam proses pelaksanaannya. Menurutnya, kondisi di Saudi Arabia juga harus diperhatikan. Di sana medannya berbeda dengan di Pariaman. Berdasarkan informasi yang diperoleh Cornelis, sudah banyak CJH asal Indonesia yang sakit bahkan ada yang meninggal dunia.


“Begitu juga bagi JCH yang sakit, para petugas kesehatan harus segera mengambil langkah, jangan dibiarkan sampai dia parah,” terangnya.


Sementara itu, Nazarudin Muhammad (87) menjadi CJH tertua di Pariaman. Meski usianya nyaris seabad, namun di terlihat bersemangat untuk menunaikan ibadah haji. Sedangkan Jhoni Suryaman Nasril Chan, 29, merupakan calon haji termuda.


Ketika disambangi minangkabaunews, Kamis (10/8/2017), Nazarudin mengaku senang dan sangat bersyukur, karena tahun 2017 berkesempatan menunaikan ibadah haji. Apalagi dia akan ditemani keluarganya. “Alhamdulillah, bisa berangkat, minta doannya juga supaya dipermudah,” ujar kakek inj.


Nenek Nazarudin dan Nasril berharap, bisa menjadi haji yang mabrur dan lebih baik beribadah. “Kakek sehat dan tidak ada masalah, bisa berjalan, paling ketika tawaf dan sai baru pakai kursi roda. Insya Allah, tidak terlalu khawatir karena disana saling membantu” pungkasnya.


Untuk keberangkatan ke embarkasi Padang dilepas pada hari Sabtu (12/8/2017), selepas sholat zuhur dan makan bersama di Balaikota Pariaman, dan berangkat dari Padang ke tanah suci, pada hari Ahad (13/8).


Acara dilanjutkan dengan penyerahan Manifest Haji dari Ka.KanKemenag Kota Pariaman kepada walikota, dilanjutkan dari wako ke TPHD, serta penyerahan bendera Kota Pariaman dari wako ke TPHD, dan pemasangan selendang logo Kota Pariaman oleh Wako dan Jhon Kennedy Azis kepada JCH yang tertua dan termuda, dan dilanjutkan dengan makan siang bersama.


Hadir dalam acara ini Anggota DPR RI asal Pariaman Jhon Kennedy Azis, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Wakil Ketua DPRD Syafinal Akbar, Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman Muhammad Nur, Forkopimda, Kepala SOPD, Kabag, Camat dan para JCH warga Kota Pariaman yang hadir. (rel/warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,metro,nasional,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Tersangka Penadah Tiga Unit Motor Digiring ke Mapolres Tanah Datar Dini Hari

Tersangka Penadah Tiga Unit Motor Digiring ke Mapolres Tanah Datar Dini Hari

TANAH DATAR - Kapolres AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, SH bersama Satreskrim Polres Tanah Datar pada Senin (7/8/2017)...

Mengenai Keharusan Full Day School, Ini Penjelasan Jokowi

Mengenai Keharusan Full Day School, Ini Penjelasan Jokowi

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa tidak ada keharusan bagi sekolah untuk menerapkan program pendidikan...

Hari Ini Pendaftaran CPNS 2017, Berikut Cara Aksesnya..

Hari Ini Pendaftaran CPNS 2017, Berikut Cara Aksesnya..

PADANG - Pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 akan dimulai hari ini, Selasa 1 Agustus 2017....

KPP Pratama Sosialisasi Pajak Bertutur kepada Ratusan Siswa di SMA 2 Bukittinggi

KPP Pratama Sosialisasi Pajak Bertutur kepada Ratusan Siswa di SMA 2 Bukittinggi

BUKITTINGGI - Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Bukittinggi mengadakan sosialisasi “Pajak...

Masuki Zona Terlarang, 2 Mahasiswa Asal Sumbar Ditangkap Aparat Mesir

Masuki Zona Terlarang, 2 Mahasiswa Asal Sumbar Ditangkap Aparat Mesir

NASIONAL - Ketua Kesepakatan Mahasiswa Minangkabau di Mesir, Muhammad Alfatih menyebutkan, sehari setelah penahanan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu