minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang

BPOM Padang Musnahkan Makanan dan Obat Ilegal Senilai Rp. 1,8 Milyar

Jumat, 11 Agustus 2017 - 20:48:18 WIB - 377
BPOM Padang Musnahkan Makanan dan Obat Ilegal Senilai Rp. 1,8 MilyarBPOM bersama Walikota Padang musnahkan makanan dan minuman ilegal, Jumat (11/8)

PADANG - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan pemusnahan obat dan makanan ilegal senilai lebih dari Rp. 1,8 milyar di Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang, Jumat (11/8/2017). Pemusnahan tersebut didahului dengan pembakaran secara simbolis oleh Kepala BPOM RI Penny Kusumastuti Lukito bersama Walikota Padang diwakili Sekda Asnel serta perwakilan lembaga terkait lainnya.

Kepala BPOM menyebut, produk yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil pengawasan BB POM di Padang. Produk tersebut terdiri dari 860 item jenis obat, 50 item pangan, 745 item kosmetik, 519 item obat tradisional serta barang bukti titipan Kejaksaan yang sudah berkekuatan hukum.

"Seluruh barang bukti yang dimusnahkan sudah mendapatkan ketetapan pemusnahan dari Pengadilan Negeri setempat," kata Penny.
Dalam upaya pemberantasan peredaran produk ilegal tersebut, menurut Penny, BPOM bersama BB POM terus melakukan pengawasan secara komprehensif. Pengawasan meliputi pre-market evaluation dan past-market control secara rutin di seluruh Indonesia.

"Selain pengawasan, BPOM juga meningkatkan edukasi kepada masyarakat pelaku UMKM agar memperoleh izin edar (MD) dari BPOM," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Padang Asnel mengatakan, Pemko Padang selaku memberikan dukungan terhadap BPOM dan BB POM dalam pengawasan dan pemberantasan penyalahgunaan obat dan keberadaan produk ilegal.

"Pemko Padang terus mendukung BPOM dan BBPOM dalam pengawasan dan pemberantasan (produk ilegal) di Padang," kata Asnel.

Pada kesempatan ini Kepala BB POM Padang Zulkifli menyebutkan, sepanjang tahun 2016 telah dilakukan penindakan secara pro-justitia atas 24 perkara pelanggaran di bidang obat dan makanan melalui beberapakali operasi. Semua perkara tersebut terdiri atas 11 perkara terkait obat ilegal, 7 perkara terkait obat tradisional ilegal dan 5 perkara terkait kosmetik ilegal serta 1 perkara terkait pangan ilegal.

"Kita telah melakukan operasi dan penindakan. Dari 2016 ada 24 perkara terkait obat dan makanan ilegal," tukasnya.(Charlie)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Romeo
Tag: hukum,metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Warga Gaung Padang Keluhkan Tumpahan CPO di Perairan Teluk Bayur

Warga Gaung Padang Keluhkan Tumpahan CPO di Perairan Teluk Bayur

PADANG - Warga Gaung, Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengeluhkan minyak olahan kelapa sawit yang...

 Gadis Cantik Penderita Kanker Ovarium Ini Akhirnya Hembuskan Nafas Terakhir, Berikut Videonya

Gadis Cantik Penderita Kanker Ovarium Ini Akhirnya Hembuskan Nafas Terakhir, Berikut Videonya

PADANG -Innalillahiwainnalillahi rajiun, Kabar duka datang dari Sispi Susanti Mahasiswi UMSB di Rumah Sakit M. Jamil...

Inilah 7 Pekerjaan Seru dan Menjanjikan Buat Generasi Millennial

Inilah 7 Pekerjaan Seru dan Menjanjikan Buat Generasi Millennial

LIFESTYLE - Dengan perkembangan teknologi saat ini, kesempatan kerja semakin luas tercipta. Tak perlu menunggu lowongan...

PKPU Pariaman Launching Tahapan dan Maskot Pilkada 2018

PKPU Pariaman Launching Tahapan dan Maskot Pilkada 2018

PARIAMAN - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan me-launching Tahapan Pemilihan (Pilkada) Kota Pariaman...

Hingga Senin (9/10), 15 Negara Sudah Memastikan Tiket ke Piala Dunia 2018

Hingga Senin (9/10), 15 Negara Sudah Memastikan Tiket ke Piala Dunia 2018

BOLA - Piala Dunia 2018 sampai hari ini Senin (9/10/2017) sudah meloloskan sebanyak 15 negara termasuk tuan rumah...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu