minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Nasional

Bengkulu Utara Dihantam Gempa 6,6SR, Begini Penjelasan BMKG

Minggu, 13 Agustus 2017 - 11:33:59 WIB - 658
Bengkulu Utara Dihantam Gempa 6,6SR, Begini Penjelasan BMKGGempa landa bengkulu utara

BENGKULU - Gempa bumi mengguncang wilayah Bengkulu Utara, Bengkulu, pada Ahad, (13/8/2017) pukul10.08wib. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menunjukkan gempa bumi tersebut berkekuatan M6,6 dengan episenter pada koordinat 3,75 Lintang Selatan dan 101,56 Bujur Timur.

"Tepatnya di laut pada jarak 71 kilometer arah baratdaya Bengkulu Utara, Bengkulu, dengan kedalaman 10 kilometer," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Ahad, 13 Agustus 2017.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan "Bengkulu Utara, gempa dirasakan cukup kuat selama 10 detik. Warga setempat panik dan berhamburan keluar rumah. Bangunan rumah dirasakan bergetar dan perabotan rumah berjatuhan. Masyarakat mencari tempat-tempat yang aman dan tinggi. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa," katanya.

Hal yang sama juga terjadi Di Muko-Muko Bengkulu, Menurutnya, gempa dirasakan kuat selama 5-10 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. BPBD Muko-Muko belum dapat meneruskan informasi kepada masyarakat karena listrik padam saat gempa. Belum ada laporan dampak gempa.

Lanjutnya, Di Kepahiang Bengkulu, gempa dirasakan kuat selama 10 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Kursi, meja, lemari dan perabotan rumah bergetar. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan.

Katanya, Di Lubuk Linggau, Kerinci, dan Bengkulu Selatan gempa dirasakan cukup kuat hingga kuat selama 5-10 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Belum ada laporan dampak gempa.

Di pesisir Kota Padang, gempa dirasakan cukup kuat. Gempa dirasakan mengayun. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. BPBD masih melakukan pemantauan di lapangan. Gempa juga dirasakan hingga Muaralabuh dan Kerinci (perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi).

Di Tua Pejat, Kepulauan Mentawai, gempa dirasakan cukup kuat. Masyarakat ke luar rumah dan berkumpul di tempat yang aman. Kondisi permukaan laut tetap normal. BPBD menyampaikan kepada masyarakat tidak ada potensi tsunami. Gempa dirasakan di beberapa daerah di Sumatera Selatan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho juga menjelaskan Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa dirasakan ringan hingga sedang. Intensitas gempa dirasakan daerah di Provinsi Bengkulu dirasakan IV-V MMI atau ringan hingga sedang, yaitu di Bengkulu V MMI, Kepahiang V MMI, Bengkulu Utara V MMI, Lubuk Linggau IV MMI, Kerinci IV MMI, Bengkulu Selatan IV MMI, Liwa IV MMI. Daerah-daerah di pesisir di Bengkulu Utara merasakan guncangan gempa yang lebih keras karena berdekatan dengan pusat gempa.

Sedangkan intensitas gempa dirasakan di Sumatera Barat dirasakan lemah yaitu Padang II-III MMI, Padang Panjang I-II MMI, Bunkittinggi I-II MMI, Pariaman II-III MMI, Tua Pejat Mentawai II-III MMI, Pesisir Selatan II-III MMI, Payakumbuh I-II MMI, dan Solok I-II MMI.

Lebih jauh dia menyamapaikan Analisis sementara berdasarkan peta intensitas guncangan dirasakan dan laporan dari BPBD diperkirakan gempa tidak menyebabkan dampak yang merusak massif. Umumnya bangunan akan mengalami kerusakan parah dan menimbulkan korban jiwa apabila intensitas gempa dirasakan di atas VI-VII MMI. BPBD saat ini masih melakukan pemantauan di daerah masing-masing. Laporan dampak gempa akan disampaikan kepada BNPB secepatnya. Pusdalops BNPB masih terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan BPBD.

"Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang. Tidak terpancing pada isu-isu yang menyesatkan. Sistem informasi kegempaan dan tsunami di BMKG dan BNPB dapat mendeteksi kejadian gempa 5 menit setelah gempa dan memberikan analisis dampak gempa," imbaunya. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,nasional

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Regional Investment Forum (RIF), Padang Butuh Rp3 Triliun untuk Kembangkan Sektor Pariwisata

Regional Investment Forum (RIF), Padang Butuh Rp3 Triliun untuk Kembangkan Sektor Pariwisata

PADANG - Sebagai kota potensial dalam pengembangan sektor pariwisata, Kota Padang bakal menjadi surga investasi. Saat...

Penyandang Disabilitas Ikut Audisi LIDA Indosiar, Wawako Padang Siap Dampingi Hingga Ke Jakarta

Penyandang Disabilitas Ikut Audisi LIDA Indosiar, Wawako Padang Siap Dampingi Hingga Ke Jakarta

PADANG - Rasa kagum terpancar dari wajah Wakil Walikota Padang Emzalmi. Dengan tatapan mata yang tak berkedip...

 TNI AD Bersama BPBD dan SAR Bantu Korban Banjir di Jorong Batahan Pasaman Barat

TNI AD Bersama BPBD dan SAR Bantu Korban Banjir di Jorong Batahan Pasaman Barat

PASAMAN BARAT - Personel TNI jajaran Kodim 0305 Pasaman membantu masyarakat yang tertimpa bencana Sungai Batang Batahan...

Ucapan Duka Cita dari Gubernur Irwan Prayitno atas Meninggalnya Choirul Huda

Ucapan Duka Cita dari Gubernur Irwan Prayitno atas Meninggalnya Choirul Huda

PADANG - Kiper Persela Lamongan, Choirul Huda meninggal setelah berbenturan dengan rekan setimnya, Ramon Rodrigues. Di...

Inilah Provider Internet Rumah Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Anda

Inilah Provider Internet Rumah Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Anda

TEKNOLOGI - Di era kini, hampir semua orang membutuhkan internet. Untuk sebagian orang, internet dapat dikategorikan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu