minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Kamenag Padang Pariaman Gelar Dialog Lintas Agama

Kamis, 17 Agustus 2017 - 01:01:39 WIB - 296
Kamenag Padang Pariaman Gelar Dialog Lintas AgamaKegiatan dialog lintas agama Kabupaten Padang Pariaman yang diselenggarakan di Aula Sekber FKUB Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN - Kemenag Padang Pariaman adakan dialog lintas agama yang bertempat di Aula Sekber.(Sekretariat Bersama) Forum Kerukunan Uamat Beragama (FKUB) Jl. Raya Padang-Bukittinggi, KM 44 Kiambang-Sicincin Kec. Enam Lingkung, pada Rabu (16/8).


Adapun Kegiatan ini diadakan bertujuan agar peserta mampu mengetahui defenisi tata cara menjaga kerukunan antar umat beragama, saling menghormati dan saling memahami satu dengan yang lain.


Ka.kan.Kemenag H. Helmi mengatakan, dalam upaya memelihara kerukunan umat agama di Padang Pariaman, sangat diperlukan persamaan persepsi atau pemahaman dari seluruh komponen masyarakat termasuk keberadaan Organisasi Masyarakat (Ormas), Penyuluh Agama dan Pemuka Agama.


"Keberadaan mereka semua sangat dibutuhkan di tengah kehidupan masyarakat agar mampu membawa pencerahan dan perubahan kearah yang lebih baik dalam mewujudkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Padang Pariaman," ujarnya.


Pada kesempatan tersebut, Helmi juga menyampaikan di tahun 2017, Kabupaten Padang Pariaman telah berhasil menggapai prestasi di bidang keagamaan. Salah satunya meraih Juara I Lomba Penyuluh Agama Islam tingkat Sumatera Barat.


"Prestasi itu diraih PAI Fungsional atas nama Lismawati dan akan mewakili Provinsi Sumbar ke tingkat nasional," sebutnya.


Selain itu ulasnya, Kabupaten Padang Pariaman juga mengutus 24 orang peserta pada Lomba Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) tingkat nasional, ini merupakan peserta terbanyak diantara kabupaten/kota yang ada di Sumbar.
"Kabupaten Padang Pariaman juga masuk lima besar pada Lomba Pentas PAI dan Lomba Aksioma tingkat Provinsi Sumbar," tutupnya.


Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Dialog Lintas Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal mengungkapkan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari dengan mengambil tema "Perkokoh Kerukunan Umat Beragama dalam Pembangunan Bangsa".


Jumlah peserta yang hadir sebanyak 32 orang terdiri dari Ormas Islam sebanyak 18 orang, Penyuluh Agama Islam 3 orang dan Pemuka Agama Kristen/Katolik 4 orang serta utusan Kan.kemenag Padang Pariaman sebanyak 7 orang.
Dengan menghadirkan nara sumber sebanyak dua orang yakni dari Kanwil Kemenag Sumbar, H. M. Rifky dan Ka.Kan.kemenag Padang Pariaman, H. Helmi. (rel/warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang-pariaman,reliji,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Heboh! Temuan Mayat Wanita Tanpa Busana Terapung di Sungai Batang Agam Sumbar

Heboh! Temuan Mayat Wanita Tanpa Busana Terapung di Sungai Batang Agam Sumbar

AGAM - Masyarakat yang tinggal di sekitar bendungan Sungai Batang Agam tepatnya Jorong Kasiak, Nagari Magek, Kecamatan...

Korea Utara Uji Coba Nuklir, Getaran Gempanya Terekam BMKG Sumbar

Korea Utara Uji Coba Nuklir, Getaran Gempanya Terekam BMKG Sumbar

PADANG - BMKG mendeteksi adanya aktivitas seismik yang tidak lazim yang berpusat di Korea Utara. Aktivitas seismik...

Ribuan Pelajar se-Bukittinggi Tumpah Ruah Ikuti Jalan Sehat dan Pemeriksaan Golongan Darah Gratis

Ribuan Pelajar se-Bukittinggi Tumpah Ruah Ikuti Jalan Sehat dan Pemeriksaan Golongan Darah Gratis

BUKITTINGGI - Ribuan peserta pelajar sekolah dasar hingga sekolah lanjutan atas sederajat dan warga masyarakat...

Demo Tolak Go-Jek, Ratusan Sopir Angkot di Padang Serbu Kantor Gubernur Sumbar

Demo Tolak Go-Jek, Ratusan Sopir Angkot di Padang Serbu Kantor Gubernur Sumbar

PADANG - Ratusan pengusaha dan sopir Angkutan Kota (Angkot) di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan aksi...

Masyarakat Aur Malintang Sepakat Dukung Ali Mukhni jadi Gubernur Sumbar

Masyarakat Aur Malintang Sepakat Dukung Ali Mukhni jadi Gubernur Sumbar

PADANG PARIAMAN - Masyarakat Aur Malintang sepakat mendukung Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni sebagai Calon Gubernur...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu