minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Kamenag Padang Pariaman Gelar Dialog Lintas Agama

Kamis, 17 Agustus 2017 - 01:01:39 WIB - 396
Kamenag Padang Pariaman Gelar Dialog Lintas AgamaKegiatan dialog lintas agama Kabupaten Padang Pariaman yang diselenggarakan di Aula Sekber FKUB Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN - Kemenag Padang Pariaman adakan dialog lintas agama yang bertempat di Aula Sekber.(Sekretariat Bersama) Forum Kerukunan Uamat Beragama (FKUB) Jl. Raya Padang-Bukittinggi, KM 44 Kiambang-Sicincin Kec. Enam Lingkung, pada Rabu (16/8).

Adapun Kegiatan ini diadakan bertujuan agar peserta mampu mengetahui defenisi tata cara menjaga kerukunan antar umat beragama, saling menghormati dan saling memahami satu dengan yang lain.

Ka.kan.Kemenag H. Helmi mengatakan, dalam upaya memelihara kerukunan umat agama di Padang Pariaman, sangat diperlukan persamaan persepsi atau pemahaman dari seluruh komponen masyarakat termasuk keberadaan Organisasi Masyarakat (Ormas), Penyuluh Agama dan Pemuka Agama.

"Keberadaan mereka semua sangat dibutuhkan di tengah kehidupan masyarakat agar mampu membawa pencerahan dan perubahan kearah yang lebih baik dalam mewujudkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Padang Pariaman," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Helmi juga menyampaikan di tahun 2017, Kabupaten Padang Pariaman telah berhasil menggapai prestasi di bidang keagamaan. Salah satunya meraih Juara I Lomba Penyuluh Agama Islam tingkat Sumatera Barat.

"Prestasi itu diraih PAI Fungsional atas nama Lismawati dan akan mewakili Provinsi Sumbar ke tingkat nasional," sebutnya.

Selain itu ulasnya, Kabupaten Padang Pariaman juga mengutus 24 orang peserta pada Lomba Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) tingkat nasional, ini merupakan peserta terbanyak diantara kabupaten/kota yang ada di Sumbar.
"Kabupaten Padang Pariaman juga masuk lima besar pada Lomba Pentas PAI dan Lomba Aksioma tingkat Provinsi Sumbar," tutupnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Dialog Lintas Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal mengungkapkan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari dengan mengambil tema "Perkokoh Kerukunan Umat Beragama dalam Pembangunan Bangsa".

Jumlah peserta yang hadir sebanyak 32 orang terdiri dari Ormas Islam sebanyak 18 orang, Penyuluh Agama Islam 3 orang dan Pemuka Agama Kristen/Katolik 4 orang serta utusan Kan.kemenag Padang Pariaman sebanyak 7 orang.
Dengan menghadirkan nara sumber sebanyak dua orang yakni dari Kanwil Kemenag Sumbar, H. M. Rifky dan Ka.Kan.kemenag Padang Pariaman, H. Helmi. (rel/warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang-pariaman,reliji,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Peringatan Hari Pahlawan di Pasaman, Bupati Yusuf Lubis Bacakan Amanat Menteri Sosial

Peringatan Hari Pahlawan di Pasaman, Bupati Yusuf Lubis Bacakan Amanat Menteri Sosial

PASAMAN - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis bertindak selaku Inspektur Upacara Dalam Rangka memperingati Hari Pahlawan Ke-72,...

Wakil Walikota Padang Emzalmi: Pembinaan Atlet Sejak Dini Adalah Sebuah Keniscayaan

Wakil Walikota Padang Emzalmi: Pembinaan Atlet Sejak Dini Adalah Sebuah Keniscayaan

PADANG - Untuk meraih prestasi dan hasil yang maksimal dalam bidang olahraga, pembinaan atlet sejak dini menjadi suatu...

Kementrian ESDM Wacanakan Penyederhanaan Golongan Pelanggan Listrik Non-Subsidi

Kementrian ESDM Wacanakan Penyederhanaan Golongan Pelanggan Listrik Non-Subsidi

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero) sedang menggodok penyederhanaan kelas...

Jaga Asa di Liga 1, Semen Padang FC Ingin Bangkit saat Hadapi PS TNI pada Laga Pamungkas

Jaga Asa di Liga 1, Semen Padang FC Ingin Bangkit saat Hadapi PS TNI pada Laga Pamungkas

BOLA - Pelatih Semen Padang Syafrianto Rusli berharap pemain bisa mengurangi kesalahan saat menjalani laga pamungkas...

Pariaman Juara II MTQ ke-37 Tingkat Sumbar, Padang Juara Umum

Pariaman Juara II MTQ ke-37 Tingkat Sumbar, Padang Juara Umum

PARIAMAN - Kesuksesan penyelenggaraan MTQ Nasional ke-37 tingkat Provinsi Sumatera Barat ini, merupakan kebanggan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu