minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Dua Kepala LP Sampaikan Permasalahan Sama di Tahun Berbeda Kepada Pemkab Tanah Datar

Jumat, 18 Agustus 2017 - 03:01:25 WIB - 514
Dua Kepala LP Sampaikan Permasalahan Sama di Tahun Berbeda Kepada Pemkab Tanah DatarKalapas Klas II B Batusangkar Wiwid Feryanto Rahadian, saat acara pemyerahan remisi bagi warga binaan dalam peringatan HUT RI ke 72.

TANAH DATAR - Kalapas Klas II B Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, Wiwid Feryanto Rahadian, seolah menyampaikan pernyataan yang sama yang pernah katakan Kalapas pada tahun sebelumnya "Suroto" di hadapan Wakil Bupati Zuldafri Dharma dan Forkopimda serta beberapa orang pimpinan OPD, pada Kamis (17/8).


Di dalam Rutan klas II B Batusangkar saat penyerahan remisi dalam peringatan HUT RI tahun ke 72, permasalahan daya tampung penghuni tahanan yang melebihi kapasitas juga di kemukakannya.


Dikutip pernyataan Kalapas lama, Suroto dari laman Minangkabaunews tahun 2016 yang berjudul "Remisi dan Masalah Over Penghuni Warga Binaan Rutan Klass IIB Batusangkar".


"Kondisi rutan saat ini dalam keadaan aman dan terkendali, rutan yang dibangun diatas tanah seluas lebih kurang 2.300 M2, mayoritas masih merupakan bangunan lama peninggalan Kolonial Belanda yang layaknya hanya di isi untuk hunian 35 orang warga binaan, data terakhir hari ini rutan Batusangkar di huni oleh 130 warga binaan, yang terdiri 70 orang berstatus tahanan dan 59 orang narapidana, ini merupakan Suatu kondisi yang sangat tidak layak dengan tingkat hunian 369% dan bisa dikatakan over kapasitas yang semestinya hanya layak di huni 35 orang warga binaan", Sampai Suroto, Rabu (17/8/2016).


Untuk tahun 2017 kalapas baru Wiwid juga mengatakan hal serupa dihadapan pimpinan daerah dan Forkopimda yang hadir.


"Kapasitas LP hanya di peruntukan menampung sebanyak 35 orang. Namun saat ini, rutan ini sudah dihuni oleh sebanyak 116 orang yang terdiri dari 81 orang napi dan 35 orang tahanan, " ujar Wiwid, (17/8/2017).


Sementara itu di kutip dari Laman Harian Haluan,com Kamis,18 Agustus 2016 - 03:06:56 WIB, berjudul "Binaan Rutan Batusangkar Terima Remisi", Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi pada tahun itu pernah menyampaikan.


BACA JUGA: Penyerahan Remisi di LP Batusangkar, Terungkap Penghuni 2 Tertinggi di Kasus Perlindungan Anak


Terkait dengan kelebihan kapasitas yang ada di rutan Batusangkar ini, bupati menyebut kalau saat ini Pemerintah Kabupaten Tanah datar tengah berupaya untuk mencari lokasi lahan baru yang akan digunakan untuk pembangunan Rutan Baru.


“Rutan Kelas II B Batu­sangkar sudah tak layak lagi untuk menampung penghuni tahanan yang melebihi ka­pasitas yang hanya bisa menampung untuk sebanyak 35 orang. Saat ini, Rutan ini sudah dihuni oleh sebanyak 130 orang. Sudah sangat tidak layak sekali,” pung­kas Irdinansyah.


Ditemui Wiwid Feryanto Rahadian, selepas penyerahan remisi bagi warga binaan LP Batusangkar hari itu menyampaikan harapannya mengenai permasalahan over kapasitas penghuni lapas ini, agar dapat diperhatikan pimpinan daerah Tanah Datar.(romeo)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: hukum,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Gempa 6,2 SR Guncang Mentawai Sumbar Tengah Malam, Ini Penjelasan BMKG

Gempa 6,2 SR Guncang Mentawai Sumbar Tengah Malam, Ini Penjelasan BMKG

PADANG - Jumat, (1/9/2017) sekira pukul 00:06:56 WIB, wilayah Pantai Barat Sumatera diguncang gempabumi tektonik....

Sikat Brunei Delapan Gol Tanpa Balas, Indonesia Lolos ke Semifinal?

Sikat Brunei Delapan Gol Tanpa Balas, Indonesia Lolos ke Semifinal?

BOLA - Tim nasional Indonesia U-18 menutup laga penyisihan Grup B Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon,...

Sumbar Buka Donasi Peduli Muslim Rohingya

Sumbar Buka Donasi Peduli Muslim Rohingya

PADANG - Pemprov Sumatra Barat (SUmbar) membuka donasi untuk masyarakat Rohingya di Myanmar yang menjadi korban...

Ribuan Peserta Tumpah Ruah Ikuti Pariaman Run 10K

Ribuan Peserta Tumpah Ruah Ikuti Pariaman Run 10K

PARIAMAN - Dalam rangka hari olahraga nasional (haornas) dan Hut TNI ke 72 Pemerintah Kota Pariaman dan Kodim 0308...

Masyarakat Aur Malintang Sepakat Dukung Ali Mukhni jadi Gubernur Sumbar

Masyarakat Aur Malintang Sepakat Dukung Ali Mukhni jadi Gubernur Sumbar

PADANG PARIAMAN - Masyarakat Aur Malintang sepakat mendukung Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni sebagai Calon Gubernur...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu