minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Dua Kepala LP Sampaikan Permasalahan Sama di Tahun Berbeda Kepada Pemkab Tanah Datar

Jumat, 18 Agustus 2017 - 03:01:25 WIB - 633
Dua Kepala LP Sampaikan Permasalahan Sama di Tahun Berbeda Kepada Pemkab Tanah DatarKalapas Klas II B Batusangkar Wiwid Feryanto Rahadian, saat acara pemyerahan remisi bagi warga binaan dalam peringatan HUT RI ke 72.

TANAH DATAR - Kalapas Klas II B Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, Wiwid Feryanto Rahadian, seolah menyampaikan pernyataan yang sama yang pernah katakan Kalapas pada tahun sebelumnya "Suroto" di hadapan Wakil Bupati Zuldafri Dharma dan Forkopimda serta beberapa orang pimpinan OPD, pada Kamis (17/8).

Di dalam Rutan klas II B Batusangkar saat penyerahan remisi dalam peringatan HUT RI tahun ke 72, permasalahan daya tampung penghuni tahanan yang melebihi kapasitas juga di kemukakannya.

Dikutip pernyataan Kalapas lama, Suroto dari laman Minangkabaunews tahun 2016 yang berjudul "Remisi dan Masalah Over Penghuni Warga Binaan Rutan Klass IIB Batusangkar".

"Kondisi rutan saat ini dalam keadaan aman dan terkendali, rutan yang dibangun diatas tanah seluas lebih kurang 2.300 M2, mayoritas masih merupakan bangunan lama peninggalan Kolonial Belanda yang layaknya hanya di isi untuk hunian 35 orang warga binaan, data terakhir hari ini rutan Batusangkar di huni oleh 130 warga binaan, yang terdiri 70 orang berstatus tahanan dan 59 orang narapidana, ini merupakan Suatu kondisi yang sangat tidak layak dengan tingkat hunian 369% dan bisa dikatakan over kapasitas yang semestinya hanya layak di huni 35 orang warga binaan", Sampai Suroto, Rabu (17/8/2016).

Untuk tahun 2017 kalapas baru Wiwid juga mengatakan hal serupa dihadapan pimpinan daerah dan Forkopimda yang hadir.

"Kapasitas LP hanya di peruntukan menampung sebanyak 35 orang. Namun saat ini, rutan ini sudah dihuni oleh sebanyak 116 orang yang terdiri dari 81 orang napi dan 35 orang tahanan, " ujar Wiwid, (17/8/2017).

Sementara itu di kutip dari Laman Harian Haluan,com Kamis,18 Agustus 2016 - 03:06:56 WIB, berjudul "Binaan Rutan Batusangkar Terima Remisi", Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi pada tahun itu pernah menyampaikan.

BACA JUGA: Penyerahan Remisi di LP Batusangkar, Terungkap Penghuni 2 Tertinggi di Kasus Perlindungan Anak

Terkait dengan kelebihan kapasitas yang ada di rutan Batusangkar ini, bupati menyebut kalau saat ini Pemerintah Kabupaten Tanah datar tengah berupaya untuk mencari lokasi lahan baru yang akan digunakan untuk pembangunan Rutan Baru.

“Rutan Kelas II B Batu­sangkar sudah tak layak lagi untuk menampung penghuni tahanan yang melebihi ka­pasitas yang hanya bisa menampung untuk sebanyak 35 orang. Saat ini, Rutan ini sudah dihuni oleh sebanyak 130 orang. Sudah sangat tidak layak sekali,” pung­kas Irdinansyah.

Ditemui Wiwid Feryanto Rahadian, selepas penyerahan remisi bagi warga binaan LP Batusangkar hari itu menyampaikan harapannya mengenai permasalahan over kapasitas penghuni lapas ini, agar dapat diperhatikan pimpinan daerah Tanah Datar.(romeo)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: hukum,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Inilah Identitas Pelaku Penyerangan Mapolres Dharmasraya Sumbar

Inilah Identitas Pelaku Penyerangan Mapolres Dharmasraya Sumbar

PADANG - Setelah melakukan pemeriksaan secara mendalam terhadap kedua jenazah terduga teroris yang membakar Mapolres...

Integrasi Kampung KB, M. Iqbal: Inovasi Strategis Membangun Keluarga Sejahtera

Integrasi Kampung KB, M. Iqbal: Inovasi Strategis Membangun Keluarga Sejahtera

LIMAPULUH KOTA - Optimalisasi program Keluarga Berencana (KB) terus digalakan dari pusat hingga ke daerah-daerah yang...

Terjaring Razia, Dua PSK Atom Center Padang Dikirim ke Panti Sosial Andam Dewi Solok

Terjaring Razia, Dua PSK Atom Center Padang Dikirim ke Panti Sosial Andam Dewi Solok

PADANG - Dua Pekerja Seks Komersial (PSK) ditangkap Satpol PP Kota Padang, Sumatera Barat, dalam razia yang dilakukan...

Jimi, Owner Resort dan Hotel Safari Inn Pariaman ini Miliki Bisnis di 6 Negara

Jimi, Owner Resort dan Hotel Safari Inn Pariaman ini Miliki Bisnis di 6 Negara

FEATURE - Banyak yang tidak mengira Jimi mau berinvestasi di Pariaman bahkan diluar dugaan pria yang memiliki darah...

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon Beri Orasi Ilmiah di Acara Wisuda ke-61 UMSB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon Beri Orasi Ilmiah di Acara Wisuda ke-61 UMSB

PADANG - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menggelar wisuda ke-61 bagi 308 lulusan di Hotel Inna Muara Padang,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu