minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Warga Kamang Hilir Agam Temukan Goa Arsteristik

Minggu, 20 Agustus 2017 - 19:43:38 WIB - 1214
Warga Kamang Hilir Agam Temukan Goa ArsteristikGoa Arsteristik di Bukit Nyiak Untuang, Kamang Hilir, Agam

BUKITTINGI - Guna pengembangan wisata alam dan perekonomian di kanagarian Kamang Hilir khususnya di jorong Binu, Kanagarian Kamang Hilir, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Wali Jorong Binu, Fachrul Rozi bersama warga masyarakat merintis jalan di lereng bukit untuk wisata alam. Dengan mengumpulkan data-data dari orang-orang tua dahulu, bahwa di bukit yang dinamakan "Bukit Nyiak Untuang" ada tiga buah lubang goa. Hal itu disampaikan kepada Minangkabaunews saat survei lapangan, Minggu (20/8/2017).

Bedanya, dua buah goa ini tak akan dikembangkan untuk pariwisata, bahkan warga enggan menelusuri. "Kalau yang dua itu, kita dilarang oleh orang-orang tua dahulu untuk masuk, sebab belum aman alias tidak steril, menurut cerita yang berkembang, daerah tersebut dahulunya merupakan basis perjuangan. Namun, tak jelas apakah itu basis militer zaman Paderi, Perang Kemerdekaan atau PRRI," sebut Kepala Jorong Binu, Fachrul Rozi.

Awalnya dipicu rasa penasaran, lanjut Rozi sapaan akrabnya di kampung, kami bersama warga masyarakat menyelusuri dalamnya salah satu dari tiga lubang goa tersebut. Kami menurun kebawah goa sempit itu dengan lubang vertikal dan kedalaman delapan meter menurunnya pun memakai tali, di dalam lubang itu ada sebuah celah dari dalam sekitar 30 cm, yang mana ada masuk cahaya dari luar ke dalam. Tidak jauh dari pintu utama lubang pertama, dibukalah pintu lubang kedua untuk dapat bisa masuk kedalamnya.

Dia melanjutkan keterangannya, di dalam goa itu ada tiga lorong, lorong kanan, kiri dan tengah. Yang baru diselusuri yaitu lorong tengah dengan kedalaman sekitar 100 meter. Dengan menyebut nama Allah melihat kebesaran-Nya di dalam goa tersebut, nampak pemandangan di dalam sangat cantik sebab terdapat puluhan Stalagmit dan Stalagtif.

"Jika disorot senter, berkilap-berkilap dindingnya diterpa cahaya, Stalagmit dan Stalagtit itu berasal dari titisan air hujan yang mengalami proses ratusan tahun dan kini mengeras menjadikan tumpukan batu yang mengkilap, dikatakan mahasiswa Unand yang sedang melakukan KKN di jorong Binu," jelasnya.

Goa itu pun akan dikembangkan menjadi salah satu objek wisata di kanagarian Kamang Hilir Jorong Binu Kabupaten Agam, menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan nusantara dan mancanegara yang datang berkunjung. Walinagari maupun Camat menyambut positif penemuan goa ini, bahkan kepala dinas pariwisata Kabupaten Agam, Adi Suryadi, anggota DPRD Kabaputen Agam, serta Camat pun turut mensurvei.

"Dengan keindahan di dalam goa itu, diharapkan segera dibuka untuk objek wisata alam, sehingga akan menambah perkenomian warga masyarakat jorong Binu khususnya dan kanagarian Kamang Hilir pada umunya, serta nantinya bisa sebagai nilai jual objek wisata alam," harap Adi Suryadi. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: agam,bukittinggi,metro,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Liga 1: Prediksi Arema FC vs Semen Padang FC

Liga 1: Prediksi Arema FC vs Semen Padang FC

BOLA - Pekan ke-33 Liga 1 2017, Semen Padang FC wajib menang guna tetap bertahan di Liga 1 saat tandang ke markas Arema...

Masyarakat Tandikek Barat Padang Pariaman Mengeluh Jalan Belum Diaspal

Masyarakat Tandikek Barat Padang Pariaman Mengeluh Jalan Belum Diaspal

PADANG PARIAMAN - Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni kunjungi masyarakat Nagari Tandikek Barat dalam rangka merespon...

Pebalap Inggris Juara Etape II Tour de Singkarak 2017

Pebalap Inggris Juara Etape II Tour de Singkarak 2017

SAWAHLUNTO - Daniel Whitehouse, pebalap sepeda asal Inggris berhasil menjadi yang tercepat pada etape II Tour de...

Farid Anshar Alghifari Raih Juara I Lomba Khutbah Jumat MTQ di Pariaman, Ini Kata Ketua PWM Sumbar

Farid Anshar Alghifari Raih Juara I Lomba Khutbah Jumat MTQ di Pariaman, Ini Kata Ketua PWM Sumbar

PADANG - Farid Anshar Alghifari tak pernah menyangka bakal menjadi pemenang dalam lomba Khutbah Jumat pada MTQ Nasional...

DPR: BBM Ron 89 Vivo Berpotensi Timbulkan Persaingan Tidak Sehat

DPR: BBM Ron 89 Vivo Berpotensi Timbulkan Persaingan Tidak Sehat

NASIONAL - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi Energi Rofi Munawar menilai penjualan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu