minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Ribuan Warga Bukittinggi Tumpah Ruah Menyaksikan Pawai Alegoris dan Pembangunan

Minggu, 20 Agustus 2017 - 19:51:50 WIB - 647
Ribuan Warga Bukittinggi Tumpah Ruah Menyaksikan Pawai Alegoris dan PembangunanPawai Alegoris dan Pembangunan di Bukittinggi, Sabtu (19/8/2017)

BUKITTINGI - Pawai Alegoris dan Pembangunan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 Kota Bukittinggi berlangsung sangat meriah. Walaupun hujan turun rintik-rintik dan sedikit agak deras, tapi tidak menyurutkan kan semangat ribuan warga masyarakat kota maupun yang datang dari laur selingkar kota Bukttinggi untuk menyaksikan pawai pada Sabtu (19/8/2017) itu, bak lautan manusia memenuhi kota Bukittinggi.

Dalam amanatnya Walikota Ramlan sebelum dimulainya pawai, mengucapkan terima kasih kepada warga kota dan panitia. Walaupun hujan rintik-rintik, tapi tetap semangat melaksanakan dan menyaksikan pawai. Itulah wujud semangat juang yang diwariskan pejuang kita. Semangat yang telah ada itu jangan sampai surut. Mari wujudkan dengan mengisi dan ikut serta dalam pembangunan kota Bukittinggi.

Ramlan Nurmatias menekankan, kemerdekaan yang telah kita raih 72 tahun lalu tidak mudah dicapai. Mari kita hargai perjuangan para pejuangan pahlawan bangsa dan negara. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, kekompakan dan bangun rasa kebersamaan kota kita. Persiapkan anak bangsa agar mengenal dan mengetahui sejarah yang telah ada.

Walikota Bukittinggi, H.M.Ramlan Nurmatias mengangkat bendera start tanda dimulainya pawai tepat jam 10.00 pagi. Turut hadir di podium utama diantaranya Wakil Walikota Bukittinggi, H.Irwandi, Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Beny Yusrial beserta wakil dan anggota, Forkopinda kota Bukittinggi, Perwakilan dari negara jiran Malaysia, Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi, Hj.Yesi Endriani Ramlan Nurmatias beserta pengurus, Ketua GOW Kota Bukittinggi, Hj.Khadijah Irwandi beserta pengurus, ketua ibu-ibu Bhayangkara, Persit Kartika Chandra, ketua Bundo Kanduang Kota Bukittinggi dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kota Bukittinggi, Erwin Umar, menjelaskan kepada Minangkabaunews, pawai Alegoris dimulai dari Simpang Kangkuang, Simpang DPRD, Panorama, RSAM, Simpang Tembok, Kampuang Cina dan berakhir di Jam Gadang. Jumlah peserta pawai alegoris dan pembangunan pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, tercatat sebanyak 131 peserta pawai Alegoris ditambah sekitar 50 kendaraan hias yang ikut serta.

Sedangkan Ketua panitia yang juga kabid Parpora Kota Bukittinggi, H.Tasman mengatakan tahun ini benar-benar membludak peserta pawai, jadi sangat meriah sekali, pesertapun dari berbagai tingkatan institusi pendidikan, BUMN, instansi swasta, Paguyupan, ditambah klub otomotif.

Pawai alegoris dan pembangunan diawali tampilnya pasukan paskibraka kota Bukittinggi yang berbaris tegap membawa duplikat Bendera Pusaka Merah Putih. Hanya ada tiga duplikat bendera pusaka merah putih, yaitu di Jakarta, Jogyakarta dan Kota Bukittinggi. pasukan paskibraka memberikan hormat kepada Walikota Bukittinggi, H.M.Ramlan Nurmatias dan tamu undangan lainnya di podium utama.

Selepas pasukan paskibraka Kota Bukittinggi, kemudian diikuti penampilan drumband Bahana Gita Jam Gadang, terus dilanjutkan institusi pendidikan yang menggambarkan Periodisasi sejarah pembangunan Kemerdekaan dan Pembangunan Republik Indonesia. Penampilan sebanyak 68 drumband dari beberapa sekolah. Termasuk delapan drumband dari beberapa sekolah dari daerah tetangga. Barisan beberapa paguyuban, organisasi dan klub otomatif, terakhir ditutup dengan penampilan kendaraan hias. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,daerah,metro,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

RS Achmad Muchtar Bukittinggi Nyaris Terbakar

RS Achmad Muchtar Bukittinggi Nyaris Terbakar

BUKITTINGGI - Api berkobar di lantai atas Rumah Sakit Achmad Muchtar (RSAM) Kota Bukittinggi, mendengar adanya api...

Liga 1: Prediksi Arema FC vs Semen Padang FC

Liga 1: Prediksi Arema FC vs Semen Padang FC

BOLA - Pekan ke-33 Liga 1 2017, Semen Padang FC wajib menang guna tetap bertahan di Liga 1 saat tandang ke markas Arema...

Padang Pariaman Layak Jadi Pusat Pengembangan Industri Coklat di Sumatera

Padang Pariaman Layak Jadi Pusat Pengembangan Industri Coklat di Sumatera

PADANG PARIAMAN - Bupati Ali Mukni dan Kabid industri Agro bahas pengembangan industri coklat padang pariaman di ruang...

Ketahuan Buang Sampah di Jalan S. Parman, Mahasiswi Manis ini Diamankan Satpol PP Padang

Ketahuan Buang Sampah di Jalan S. Parman, Mahasiswi Manis ini Diamankan Satpol PP Padang

PADANG - Tim patroli Satpol PP Padang mengamankan seorang mahasiswi yang ketahuan membuang sampah sembarangan di...

Delapan Jorong di Agam Mamburansang, Gara-Gara Gaji Tak di Bayar, Walinagari Dilaporkan ke Kejaksaan

Delapan Jorong di Agam Mamburansang, Gara-Gara Gaji Tak di Bayar, Walinagari Dilaporkan ke Kejaksaan

AGAM - Delapan orang Mantan Wali Jorong di Kenagarian Silareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumbar,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu