minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Internasional

Diisi Lomba Khas 17 Agustus, Simak Kemeriahan Pesta Rakyat Indonesia di Oslo Norwegia

Selasa, 22 Agustus 2017 - 13:19:15 WIB - 418
Diisi Lomba Khas 17 Agustus, Simak Kemeriahan Pesta Rakyat Indonesia di Oslo NorwegiaKemeriahan pesta rakyat Indonesia di Oslo, Norwegia

OSLO - NORWEGIA - Masyarakat dan diaspora Indonesia memadati acara Pesta Rakyat yang diselenggarakan di Wisma Duta RI Oslo dalam rangka peringatan HUT RI ke-72 pada hari Minggu, (20/8/2017).


Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-72 KBRI Oslo dimulai sejak tanggal 13 Agustus 2017 dengan sports day berupa kegiatan Jalan Sehat, Lomba Tenis Meja dan Lomba Gaple, dilanjutkan dengan Upacara Peringatan HUT RI ke-72 pada 17 Agustus 2017, dan Pesta Rakyat yang terdiri atas bazar, lomba pagelaran busana nasional dan daerah, perlombaan khas 17 Agustus dan hiburan.


Duta Besar RI untuk Norwegia dan Islandia, Yuwono A. Putranto menyampaikan bahwa peringatan HUT RI setiap tahunnya adalah salah satu cara agar jiwa nasionalisme dan cinta Indonesia tetap mengalir dalam diri setiap masyarakat Indonesia dan diaspora Indonesia yang tinggal di luar Indonesia.


"Dengan rangkaian kegiatan ini, diharapkan masyarakat dan diaspora Indonesia di Norwegia dan Islandia lebih merasa terlibat dan mendalami kembali makna peringatan HUT RI. Diharapkan pula diaspora Indonesia dapat mengajarkan dan menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air kepada putra-putrinya," sambung Dubes Yuwono dalam rilis yang diterima Minangkabaunews, Selasa (22/8).



Upacara Peringatan HUT RI ke-72 Oslo, Norwegia


Sports Day dimulai dengan Jalan Sehat yang dibuka oleh Dubes Yuwono dan diikuti oleh keluarga besar KBRI Oslo, masyarakat dan diaspora Indonesia di Oslo dan sekitarnya. Rute Jalan Sehat sepanjang hampir 7 km tersebut dilakukan mengelilingi area Bygdøy dengan awal dan akhir di Wisma Duta RI Oslo.


Area Bygdøy merupakan daerah utama turisme di Oslo dengan sejumlah museum-museum terkenal, hutan dan letak Kediaman Musim Panas dan peternakan milik Kerajaan Norwegia. Selesai Jalan Sehat, para peserta mengikuti lomba tenis meja dan gaple.


Beberapa hari setelahnya, upacara peringatan HUT RI yang dilaksanakan di Wisma Duta RI Oslo dan dikuti oleh keluarga besar KBRI Oslo dan sejumlah masyarakat Indonesia di Oslo dan sekitarnya, berjalan dengan khidmat dan penuh haru.


Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh tiga Paskibra, terdiri dari dua putri masyarakat Indonesia dan putra keluarga staf KBRI Oslo, yang telah berlatih intensif semenjak tiga minggu sebelumnya.



Lomba Pagelaran Busana Nasional dan Daerah


Upacara peringatan HUT RI dilanjutkan acara syukuran memperingati 72 tahun HUT RI dengan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Dubes Yuwono.


Hari minggu menjelang siang, tanggal 20 Agustus 2017, masyarakat dan diaspora Indonesia kembali berkumpul di Wisma Duta RI untuk berpartisipasi dan meramaikan acara Pesta Rakyat yang telah disiapkan oleh Panitia HUT RI KBRI Oslo.


Acara Pesta Rakyat dibuka oleh Dubes Yuwono dan dilanjutkan dengan persembahan tari Puspanjali yang dibawakan oleh anak-anak campuran keturunan Indonesia-Norwegia yang berasal dari tim tari organisasi Krama Bali Norwegia, sebuah organisasi masyarakat Bali yang berdomisili di Norwegia yang seringkali turut serta aktif mempromosikan seni dan budaya Indonesia di berbagai tempat di Norwegia. Pada kesempatan yang sama, tim Krama Bali Norwegia juga mempersembahkan tari tenun.


Berbagai lomba khas 17 Agustus, seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba tarik tambang, selain itu lomba lari memindahkan bola dan lomba kelereng bagi anak-anak membuat suasana Pesta Rakyat menjadi sangat meriah. Lomba pagelaran busana nasional dan daerah yang diikuti oleh masyarakat Indonesia, menyedot perhatian para pengunjung.



Lomba Makan Kerupuk


Lenggak lenggok para "peragawati" memancing riuh tepuk tangan pengunjung yang bukan hanya masyarakat dan diaspora Indonesia, namun juga pengunjung asing yang hadir.


Tidak kalah ramainya, kegiatan bazar yang menawarkan berbagai hidangan dan minuman khas Indonesia, selalu dipadati pengunjung. Selain masyarakat dan diaspora Indonesia, Pesta Rakyat yang dibuka untuk publik ini juga mengundang masyarakat setempat dan turis asing yang kebetulan melewati area Wisma Duta, kemudian mampir.


Wisma Duta Oslo terletak sangat strategis di area Bygdøy, berdampingan dengan dermaga kapal feri yang khusus menghubungkan wilayah Bygdøy dengan pusat kota Oslo. Penampilan tari tradisional, kuliner serta pagelaran busana nasional dan daerah, telah menjadi sarana promosi budaya Indonesia yang unik.


”Pesta Rakyat kali ini dibuka untuk umum dalam rangka untuk menyukseskan bazar yang telah diisi oleh masyarakat dan diaspora Indonesia, sekaligus untuk memperkenalkan keberagamaan Indonesia kepada masyarakat setempat dan turis asing yang selalu melewati tempat ini.



Lomba Tarik Tambang


Ini kesempatan langka juga bagi mereka untuk merasakan atmosfer 17 Agustus-an yang hanya setahun sekali dan biasanya hanya bisa disaksikan di tanah air,” ucap Dubes Yuwono.


Kesuksesan Pesta Rakyat ini juga dikarenakan panggung hiburan yang secara terus menerus menampilkan serangkaian penampilan sumbangan dari masyarakat dan diaspora Indonesia yang hadir. Diantaranya adalah penyanyi jazz Indonesia, Murni Surbakti, yang kebetulan sedang berkunjung ke Norwegia dan telah bersedia untuk menyumbangkan suara merdunya dan menghibur para pengunjung yang hadir.


Sejumlah lagu daerah dan lagu nostalgia lainnya mengiringi penyelenggaraan Pesta Rakyat dari awal hingga akhir.


Pada kesempatan Pesta Rakyat ini, bekerja sama dengan Danisa Speciality Food ApS Denmark, KBRI Oslo juga memanfaatkannya sebagai ajang promosi produk kopi Indonesia, Kopiko Volcanic Coffee 100% Arabika Indonesia, dengan membagikan sample-sample minuman kopi.



Lomba Balap Karung


"Produk ini sudah masuk wilayah Scandinavia khususnya Denmark dan Swedia dan sekarang sedang kita coba untuk masuk pasar Norwegia. Dimulai dari mengikuti bazar ini dengan mengenalkannya kepada pasar masyarakat dan diaspora Indonesia serta masyarakat Norwegia dan turis asing yang mengunjungi acara bazar ini," tuturnya.


"Harapan kami tentunya kopi ini dapat diterima oleh pasar Norwegia, mengingat masyarakat Norwegia merupakan peminum kopi terbesar kedua setelah Finlandia," pungkas Dubes Yuwono. (j)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: indonesia,internasional,metro,nasional,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Ribuan Pelajar se-Bukittinggi Tumpah Ruah Ikuti Jalan Sehat dan Pemeriksaan Golongan Darah Gratis

Ribuan Pelajar se-Bukittinggi Tumpah Ruah Ikuti Jalan Sehat dan Pemeriksaan Golongan Darah Gratis

BUKITTINGGI - Ribuan peserta pelajar sekolah dasar hingga sekolah lanjutan atas sederajat dan warga masyarakat...

Berita Hoax Berseliweran di Jagad Maya, Ini Kata Wako Padang

Berita Hoax Berseliweran di Jagad Maya, Ini Kata Wako Padang

PADANG - Berita hoax (bohong) terus menyebar dan semakin menjadi-jadi belakangan ini. Menyasar ke banyak orang....

Ini Langkah Kota Padang Selamatkan Bendi Agar tak Punah

Ini Langkah Kota Padang Selamatkan Bendi Agar tak Punah

PADANG - Bermunculannya moda transportasi online, membuat alat angkut tradisional semakin ditinggalkan. Bendi...

Peduli Rohingya, Seniman Minang Turun ke Jalan

Peduli Rohingya, Seniman Minang Turun ke Jalan

PADANG - Aksi kemanusiaan terus digalang untuk kaum muslim di Rohingya. Teranyar, Seniman Minang se-Sumatera Barat yang...

Kontribusi LazisMu Sumbar di Daerah Terluar, Terjauh dan Terawan, Ini yang Dilakukannya

Kontribusi LazisMu Sumbar di Daerah Terluar, Terjauh dan Terawan, Ini yang Dilakukannya

PADANG - Kontribusi nyata bagi umat, LazisMu PW Muhammadiyah Sumbar menggelar donasi Hewan Qurban 1438 H di daerah...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu