minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Untuk Sumanik Lebih Maju, Inilah Profil Generasi Muda Yang Berkarya

Kamis, 24 Agustus 2017 - 01:39:09 WIB - 815
Untuk Sumanik Lebih Maju, Inilah Profil Generasi Muda Yang Berkarya Irama Yandi, Saatnya yang Muda berkarya untuk "Nagari"

TANAH DATAR - Pesta demokrasi tingkat Nagari segera dimulai. Dari 54 Nagari Se-Kabupaten Tanah Datar, Secara serentak pada September 2017, masyarakat nagari akan memilih maksimal 5 calon Wali Nagari di wilayah mereka, yang telah lolos seleksi tingkat Kabupaten.


Nomor urut telah didapat, namun perlu perhitungan yang matang untuk menyatakan kebulatan tekad untuk menentukan pilihan dari calon Wal-nag yang ada, hingga nanti tak terdengar kalimat "Menyesal Kemudian tak berguna".


Kamis, (24/8/2017) Team Redaksi Minangkabaunews secara Khusus menemui salah satu calon kuat Wali nagari Sumanik, kecamatan Salimpauang, Tanah Datar, Sumatera Barat.


Irama Yandi, Biasa di panggil Andi. Pria kelahiran Sumanik,35 tahun silam ini merupakan sosok yang telah cukup dikenal dibeberapa Instansi Pemerintahan Tanah Datar.


Pengalamannya dalam beberapa Pemilu membuat hubungan silaturrahminya nampak kuat dan selalu terjaga dengan masyarakat, berbagai Instansi di pemkab Tanah Datar, Institusi Polri resort maupun sektor, TNI, termasuk beberapa jurnalist Tanah Datar.


Berawal pada tahun 1999 ia telah mulai aktif menyelenggarakan Pesta demokrasi "Pemilu" walaupun masih tingkat Nagari. Tercatat 2004 "Irama Yandi" di berikan kesempatan menjabat sebagai Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) saat pemilu legislatif dan pilpres. Hingga berturut-turut dari Tahun 2009, 2010, 2014, dan hingga 2015 ia di percaya sebagai ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Nagari Sumanik.


Selain sukses menghantarkan pemilihan yang aman dan tertib selama kurun beberapa tahun di Sumanik, pria yang mengenyam pendidikan S-1 Administrasi Publik/ Negara ini juga dipercaya mengabdi sebagai perangkat Nagari.


Selain mempunyai kemampuan melaksanakan tugas Administrasi bidang publik (masyarakat), Irama Yandi juga di percaya ninik mamak Sumanik menjabat sebagai sekretariat di Kerapatan Adat Nagari (KAN)


Mengisi kegiatan keseharian sebagai perangkat nagari posisi kaur pembangunan, Irama Andi juga tak lupa mengabdikan dirinya dalam bidang keagamaan dan juga sosial.


"Saat kini Ambo juga di percaya Mengurus Masjid Jamik Sumanik sebagai Sekretaris dan juga mengurus Yayasan Sumanik Sehat yang saat ini mempunyai program melayani pemeriksaan dan pengobatan kesehatan bagi masyarakat tergolong lanjut usia (lansia), termasuk memberi makan mereka, " ucap Andi.


Siang itu Calon Wali Nagari Suamanik bernomor urut 5 ini sempat mengungkapkan sedikit visi misinya untuk Nagari yang ia cintai.


Ungkapnya, banyak permasalahan yang harus benar-benar di selesaikan bersama-sama untuk nagari ini.


"Diantaranya permasalahan masih adanya jurang pemisah atau kesenjangan antara sumanik balai okoak dengan Sumanik ladang, ini kita jadikan misi bersama agar kedepan bagaimana menjadikan Nagari Sumanik menjadi Satu, tak terpisah lagi. Dengan membangun "jembatan hati" yang intim, baso kito badunsanak (red* bahwa kita bersaudara), " harap Andi.



Pembangunan yang merata disetiap jorong juga menjadi prioritas yang akan di selesaikannya nanti jika masyarakat Sumanik memberikan amanh kepadanya, termasuk mengalakkan pertanian dan sarana penunjangnya.


"Irigasi menjadi prioritas agar hasil pertanian kita maksimal. Selain kedepan kita akan mencoba mengali potensi-potensi Sumber Daya Alam (SDA) seperti pengembangan Agro Wisata atau pun melirik wisata Budaya ataupun Religi di Nagari Sumanik ini. Hingga diharapkan Sumanik nantinya dapat dikenal dan menjadi target kunjungan, baik dari Wisatawan lokal maupun manca negara. Nah... jika ini nanti terwujud otomatis dapat meningkatkan pendapatan Perkapita bagi masyarakat setempat, " ungkap Andi.


Dikatakannya juga, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di nagari Sumanik juga akan terus digenjot, melalui pelatihan-pelatihan, Diklat-diklat baik tingkat Nagari, Kecamatan ataupun Kabupaten, akan menjadi misi utamanya juga, hingga nantinya, generasi potensial Sumanik dapat bersaing di tenggah kerasnya arus Globalisasi saat ini.


Tak lupa di akhir penyampaiannya Irama Yandi menyampaikan salam hormat kepada para perantau Sumanik dimanapun berada.


"Hubungan harmonis dan baik dengan para perantau harus terus terjaga. Karena kami masyarakat Sumanik yang di kampuang sangat merasakan bahwa potensi "Rang Rantau" (red *warga Sumanik yang di luar Tanah Datar) sangat besar, " tutur calon nomor urut 5 ini.



Masih ingat Sepenggal kalimat Pidato Bung Karno saat memperingati Hari Pahlawan?? berikan aku 10 orang pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.....Untuk Sumanik Lebih Maju, Pastikan...Saatnya Yang Muda Berkarya.(romeo)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: politik,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Akan Terjadi Petir dan Hujan di Sumbar Hari Ini

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Akan Terjadi Petir dan Hujan di Sumbar Hari Ini

PADANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca buruk di Sumbar, Senin ...

Lakukan Perbuatan Terlarang, Pengumpul Barang Bekas ini Digiring ke Mapolres Payakumbuh

Lakukan Perbuatan Terlarang, Pengumpul Barang Bekas ini Digiring ke Mapolres Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Ada-ada saja ulah pedagang barang buruak (barang bekas.red) bernama DF (18) warga Kelurahan Padang Tinggi...

Pembangunan Monumen PDRI Disepakati Untuk Dilanjutkan

Pembangunan Monumen PDRI Disepakati Untuk Dilanjutkan

LIMAPULUH KOTA - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit lakukan rapat dengan tim fasilitasi pembangunan...

Inilah Hasil Suara Sementara Pilwana Tanah Datar 2017

Inilah Hasil Suara Sementara Pilwana Tanah Datar 2017

TANAH DATAR - Perhelatan Pemilihan Walinagari (Pilwana) di Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) berjalan aman dan...

Innalillahi, Kabid Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD Sumbar Pagar Negara Meninggal Dunia

Innalillahi, Kabid Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD Sumbar Pagar Negara Meninggal Dunia

PADANG - Kabar duka datang dari Kepala Bidang Kedaruratan Bencana dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu