minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Hindari Penyelewengan Dana Desa, TP4D Kejaksaan Undang 75 Wali Nagari dan 14 Camat se-Tanah Datar

Kamis, 24 Agustus 2017 - 22:18:38 WIB - 647
Hindari Penyelewengan Dana Desa, TP4D Kejaksaan Undang 75 Wali Nagari dan 14 Camat se-Tanah Datar Gelar Sosialisasi dana desa dan sosialisasi TP4D Kejaksaan Negeri terhadap Wali nagari dan camat se Tanah Datar

TANAH DATAR - Agenda Nasional Sosialisasi terkait pegelolaan Dana Desa oleh TP4D dilaksanakan Kejaksaan Negeri di seluruh Indonesia secara serentak. Kamis (24/8/2017) Kejaksaan Negeri Tanah Datar juga mengelar giat tersebut.

Sebanyak 164 peserta hadir, terdiri dari 14 orang camat, 75 orang wali nagari, dan 75 orang bendaharawan nagari, di Aula Kantor Bupati untuk mengikuti sosialisasi Pengelolaaan Dana Desa oleh TP4 (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah).

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini sangatlah penting bagi Apatur Nagari terkait. Ia memandang aparatur Kejaksaan dinilai paling tepat untuk berperan aktif melakukan pengamanan dan pengawalan implementasi dana desa.

Pada kesempatan itu Bupati menyimpulkan bahwa aparat kejaksaan merupakan salah satu aparat hukum yang memiliki kemampuan untuk mensinergiskan fungsi unit kinerjanya untuk mengoptimalkan anggaran desa, agar tepat sasaran.

Sementara Plh. Kajari Ali Nurudin, SH, MH langsung membuka secara resmi kegiatan tersebut, didampingi Ketua TP4D Tanah Datar Ardi, SH, MH, Jaksa Dian Wahyuni, SH dan Jaksa Micky Putra, SH.

Kajari Ali Nurudin menyampaikan bahwa dana desa merupakan dana pusat yang diprioritaskan pada pembanguan strategis, pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pembangunan daerah tertinggal, pengembangan tata kelola pemerintahan daerah dan otonomi daerah.

Dijelaskan secara gamblang oleh Ketua TP4D Tanah Datar Ardi, kepada 164 peserta yang hadir hari itu, bahwa di dalam TP4D ada strategi edukasi dan pencegahan terjadinya Tindak Pidana.

"Kejaksaan melalui bidang intelijennya mampu memberikan penerangan hukum dan penyuluhan hukum, berupa bimbingan kepada para Wal-nag agar dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi penggunaan dana desa tidak berpotensi terjadinya KKN, " ujarnya

Lanjut Ardi, selain itu, TP4D juga dapat menjalankan strategi perlindungan hukum melalui bidang perdata dan tata usaha negara (Datun). Dalam hal ini, kejaksaan bisa dan mampu memberikan pendapat atau pendampingan hukum kepada Wali Nagari dalam menggunakan dana desa.

"Hingga setiap kegiatan yang menggunakan dana desa, para Wali Nagari tidak perlu khawatir akibat hukum dari suatu pekerjaaan yang dilakukan, karena Jaksa Negara akan hadir mengawal serta meminimalisir potensi pelanggaran hukum yang akan terjadi," terang Ardi.

Di bidang pidana khusus (pidsus), tuturnya, TP4D dapat berperan memberikan pencegahan dan sekaligus melakukan penindakan apabila ada Wali Nagari yang masih memiliki mental korupsi.

"Aparatur pidsus (pidana Khusus) kejaksaan akan berjalan untuk menegakkan hukum dan keadilan serta untuk mengembalikan potensi kerugian keuangan negara, " jelas Ardi.

Beberapa nara sumber juga dihadirkan hari itu, memberikan pengarahan kepada para peserta dan ikut berinteraksi dalam sesi diskusi bersama team Kejaksaaan, yaitu Kepala Inspektorat Daerah, Altrisuandi, Kepala Dinas PMDPP-KB, Adrion Nurdal, Kadis BKD & Asset, Kepala Dinas PMDPP-KB dan Pimpinan Cabang Bank Nagari Tanah Datar.

Hal menarik yang turut di sampaikan pihak Bank Nagari terkait tata cara pencairan dana untuk pengelolaan dana desa, yaitu kedepan akan mulai diperkenalkan system Elektronik-pay, karena dipandang tata cara pencairan secara manual cukup beresiko tinggi.

Dalam penutupannya Ketua TP4D kejaksaan Tanah Datar juga menyampaikan teknis dan tekhnik secara rinci cara kerja TP4d. Termasuk Ardi juga menjabarkan beberapa prestasi dan pekerjaan pembangunan daerah yang sukses tanpa ada kendala, selama tahun 2016 sampai 2017.

"Hal ini tak lepas dari berjalan dengan baik fungsi TP4D Kejaksaan. Bentuk kesepakatan sebagai upaya dalam rangka mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan di maksudkan untuk melakukan percepatan dalam pelaksanaan pembangunan daerah setiap tahun anggaran, berdasarkan ketentuan per UU-an, " tegasnya.

"Kami merasakan sejak terjalinnya MOU kejaksaan dengan Pemkab, tingkat Animo SOPD sangat jauh meningkat sejak tahun 2016. Termasuk dalam moment hari ini yang kita gelar serentak di seluruh Indonesia, dari sabang sampai merauke. Dapat kita lihat untuk Tanah Datar Antusias peserta yang hadir sangat tinggi, terbukti pertanyaan terkait tata pengelolaan Dana desa disampaikan dari A sampai Z oleh beberapa orang Wali Nagari, " tutup Ardi. (romeo)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: hukum,indonesia,nasional,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

PD Nasyiatul Aisyiyah Padang 2016-2020 Dilantik, Ini Kata Harneli Mahyeldi

PD Nasyiatul Aisyiyah Padang 2016-2020 Dilantik, Ini Kata Harneli Mahyeldi

PADANG - PW Nasyiatul Aisyiyah Sumbar melantik secara resmi pengurus PD NA Kota Padang periode 2016-2020 di Aula Masjid...

Pembinaan dan Pengembangan Destinasi Halal Bukittinggi Disosialisasikan

Pembinaan dan Pengembangan Destinasi Halal Bukittinggi Disosialisasikan

BUKITTINGGI - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi, gelar sosialisasi pembinaan dan...

KPU Pariaman Lakukan Sosialisasi dan Penyuluhan Tata Cara Calon dan Pencalonan Walikota 2018

KPU Pariaman Lakukan Sosialisasi dan Penyuluhan Tata Cara Calon dan Pencalonan Walikota 2018

PARIAMAN - Komisioner Pemilihan Umum Kota Pariaman lakukan sosialisasi sekaligus penyuluhan bagi calon Walikota dan...

Jaga Asa di Liga 1, Semen Padang FC Ingin Bangkit saat Hadapi PS TNI pada Laga Pamungkas

Jaga Asa di Liga 1, Semen Padang FC Ingin Bangkit saat Hadapi PS TNI pada Laga Pamungkas

BOLA - Pelatih Semen Padang Syafrianto Rusli berharap pemain bisa mengurangi kesalahan saat menjalani laga pamungkas...

Akankah Semen Padang FC Susul Persiba dan Persegres Terdegradasi ke Liga 2?

Akankah Semen Padang FC Susul Persiba dan Persegres Terdegradasi ke Liga 2?

BOLA - Laga krusial bagi Semen Padang FC kala menjamu PS TNI di laga pamungkas Liga 1 di Stadion Haji Agus Salim,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu