minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Solok

Dua Aparat Nagari Diciduk dalam OOT Tim Saber Pungli Kota Solok

Minggu, 27 Agustus 2017 - 22:32:36 WIB - 1338
Dua Aparat Nagari Diciduk dalam OOT Tim Saber Pungli Kota SolokTim Saber Pungli Kota Solok dalam OOT di kediaman tersangka S (41)

SOLOK - S (41) Sekretaris Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli Kota Solok, Jumat (25/8) lalu karena terkait pungutan Proyek Operasi Nasional Agraria (PRONA).

Tersangka ditangkap sesaat setelah menerima uang pengurusan sertifikat tanah (Prona) dari salah seorang warga Nagari Aripan bernama Widya Widy Ramli.

Saat itu tersangka menerima uang pengurusan PRONA dari Widya Widy Ramli yang merupakan warga aripan sejumlah Rp.450.000.

Berdasarkan keterangan dari tersangka S (41), diperoleh informasi bahwa ternyata Kasi Pemerintahan Nagari Aripan B (35) juga memungut biaya yang sama untuk pengurusan sertifikat Prona, akhirnya Tim juga melakukan pengembangan dan penangkapan terhadap pelaku B (35) dan menyita barang bukti berupa surat pernyataan warga ttg rincian biaya untuk pengurusan sertifikat Prona.

"Berdasarkan informasi ini, Tim langsung melakukan pengembangan kasus dan melakukan penangkapan terhadap B (35) di kediamannya di Jorong Pintu Rayo, Nagari Aripan. Tim berhasil mengamankan pelaku dan beberapa barang bukti dari tangan tersangkaā€¯, ungkap Kapoles Kota Solok AKBP Dony Setiawan.

Kedua pelaku hingga saat ini sudah menyerahkan 92 sertifikat kepada masyarakat Nagari Aripan. Diduga sebagian besar dipungut pembayaran oleh dua orang yang diamankan Tim Saber Pungli Polres Solok Kota.

Ditangan tersangka S (41) Tim mengamankan barang bukti (BB) berupa 7 buah Sertifikat Hak Milik (SHM) No 00729, 00693, 00709, 00740, 00686, 00703, 00684. Uang Tunai sebesar Rp. 450.000,-. 1 unit sepeda motor. 1 Unit HP Samsung warna putih. 1 buah buku tabungan bank nagari dan 1 buah buku tanda terima merek mirage warna hijau.

Sedangkan di tangan tersangka B (35) tim menyita BB berupa 1 unit laptop merek Axio warna hitam dan 5 lembar surat pernyataan ttg rincian biaya untuk pengurusan sertifikat Prona.

"Modus kedua pelaku yakni dengan melakukan pungutan sebesar Rp. 500.000 hingga Rp.750.000, guna pembayaran biaya administrasi, pengukuran tanah dan pemasangan patok, padahal negara sudah menanggung semua biaya itu," tambah Dony.

Saat ini kedua pelaku telah ditahan di Mapolres Solok Kota. (Romeo/AMOI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Romeo
Tag: hukum,kriminal,solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Farid Anshar Alghifari Raih Juara I Lomba Khutbah Jumat MTQ di Pariaman, Ini Kata Ketua PWM Sumbar

Farid Anshar Alghifari Raih Juara I Lomba Khutbah Jumat MTQ di Pariaman, Ini Kata Ketua PWM Sumbar

PADANG - Farid Anshar Alghifari tak pernah menyangka bakal menjadi pemenang dalam lomba Khutbah Jumat pada MTQ Nasional...

Meski Hujan Gerimis Wako Padang Sempatkan Buka Pelatihan Jurnalistik dan Medsos

Meski Hujan Gerimis Wako Padang Sempatkan Buka Pelatihan Jurnalistik dan Medsos

PADANG - Kendati hujan gerimis landa Padang, Walikota Padang H. Mahyeldi membuka secara resmi Pelatihan Jurnalistik,...

Heboh Tagar Uninstall Aplikasi Traveloka, Traveloka Menjawab, Ini Penyebabnya

Heboh Tagar Uninstall Aplikasi Traveloka, Traveloka Menjawab, Ini Penyebabnya

JAKARTA - Heboh, Netizen ramai membuat tagar uninstall aplikasi Traveloka di media sosial. Hal ini rupanya dipicu aksi...

Kembali Dikerjakan, Jalan By Pass Padang Tuntas Sebelum 2018

Kembali Dikerjakan, Jalan By Pass Padang Tuntas Sebelum 2018

PADANG - Pemerintah Kota Padang kembali mengawal pelaksanaan pembangunan jalan Padang By Pass yang terbengkalai di 11...

Semen Padang FC Terdegradasi ke Liga 2

Semen Padang FC Terdegradasi ke Liga 2

BOLA - Kabau Sirah Semen Padang FC degradasi dari Liga 1 meski menang 2-0 atas PS TNI, Minggu (12/11/2017) sore di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu