minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Disdukcapil Padang Pariaman Luncurkan Program Alpa Beta dan Ajek

Selasa, 29 Agustus 2017 - 03:22:18 WIB - 353
Disdukcapil Padang Pariaman Luncurkan Program Alpa Beta dan AjekLogo Ajek

PADANG PARIAMAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Padang Pariaman meluncurkan program baru bernama Alpa Beta dan Ajek bekerjasama dengan para pihak terkait untuk membantu masyarakat agar lebih cepat mendapatkan dokumen kependudukan.


"Program ini kami namakan Alpa Beta (Anak Lahir Pulang Bersama Akta) yang didukung oleh AJEK (Antar Jemput administrasi Kependudukan)," terang Muhammad Fadhly, Kepala Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman, kamerin.


Fadhly menjelaskan bahwa program ini telah dipersiapkan perencanaannya sejak tahun 2016 dan telah di softlaunching pada awal tahun 2017.


"Setelah itu kami mempersiapkan sarana dan prasarananya beserta SOP pada masing-masing stakeholder yang terlibat dalam program ini. Saat ini sudah berjalan dan kita terus membenahi prosesnya agar semakin sempurna dan menambah kerjasama dengan puskesmas-puskesmas. Klinik Aisyiah Pariaman adalah salah satu mitra kami untuk program ini," ulasnya.


Siapa yang melahirkan di klinik Aisyiah, nanti petugas klinik akan memproses administrasinya, proses selanjutnya berjalan dan kami akan mengantarkan akte kelahiran anak yang baru lahir sebelum mereka pulang ke rumah.


"Program ini adalah inovasi pejabat eselon IV pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang memang diwajibkan untuk terus membenahi setiap sarana yang dapat mendukung pencapaian target pelayanan akte kelahiran maupun KTP Elektronik,"s ambung Fadly.


Program ini kemudian dikembangkan dengan 25 Puskesmas dan klinik swasta manapun yang melakukan peyananan persalinan. Bupati Padang Pariaman sebelumnya menjelaskan bahwa program ini sangat didukung oleh pemerintah daerah.


"Bahkan kita akan menambah sepeda motor Ajek sesuai kebutuhan, yang penting pelaksanaan pelayanan dapat ditingkatkan terus menerus," ujar Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni.


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun ini meluncurkan beberapa program baru, selain Alpa Beta dan Ajek yaitu Dukcapil Weekend Service, Mitra PMI dan Kadoku KTP-elektronik bagi siswa/i SLTA. (rel/warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Tak Memenuhi Standar Pariwisata, Padang Evaluasi Wisata Pulau

Tak Memenuhi Standar Pariwisata, Padang Evaluasi Wisata Pulau

PADANG - Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) bertabur pulau kecil. Saat ini pulau-pulau tersebut dikelola pihak lain....

Tersingkir Secara Dramatis, Indonesia Gagal Lolos ke Final AFF U-18

Tersingkir Secara Dramatis, Indonesia Gagal Lolos ke Final AFF U-18

BOLA - Timnas U-19 Indonesia secara dramatis tersingkir oleh Thailand lewat drama adu penalti pada laga semifinal Piala...

Toko Emas di Padang Dikupak Maling, 10 Kg Emas Raib

Toko Emas di Padang Dikupak Maling, 10 Kg Emas Raib

PADANG - Toko emas di Kawasan Koppas Plaza, Pasar Raya Padang Sabtu (2/9/2017) pagi tadi disatroni pencuri. Emas...

Ribuan Umat Islam Salat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur Sumbar

Ribuan Umat Islam Salat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur Sumbar

PADANG - Ribuan umat Islam tumpah ruah di Halaman Kantor Gubernur Jalan Jenderal Sudirman, Padang, Sumbar, Jumat...

TNI AD Nyatakan Siap Dikirim ke Myanmar Bantu Rohingya, Tapi..

TNI AD Nyatakan Siap Dikirim ke Myanmar Bantu Rohingya, Tapi..

NASIONAL - TNI Angkatan Darat (AD) menyatakan siap mengirim pasukan ke Myanmar untuk membantu etnis Rohingya yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu