minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Kini 30 Jenis Perizinan Ini dapat Dilakukan Secara Online di DPMPTP Padang Pariaman

Selasa, 29 Agustus 2017 - 20:50:06 WIB - 304
Kini 30 Jenis Perizinan Ini dapat Dilakukan Secara Online di DPMPTP Padang PariamanPetugas front office DPMPTP siap melayani dengan ELOK di ruang pelayanan DPMPTP di Pariaman, Selasa (29/8)

PADANG PARIAMAN - Menindaklanjuti Aksi Percepatan Pemberantasan Korupsi yang digagas oleh KPK Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Padang Pariaman telah melaksanakan pelayanan secara online pada setiap perizinan.


Adapun jumlah Izin dan non perizinan yang sudah dilimpahkan adalah sebayak 122 jenis izin dan 6 jenis Non perizinan.


"Dengan keluarnya Peraturan Bupati No.4 tahun 2017 maka semua jenis perizinan dan non perizinan yang ada pada dinas terkait, sudah dilimpahkan kepada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian mulai efektif berlaku tanggal 1 Maret 2017," sebut Hendra di ruang kerjanya, Selasa (29/8).


Kemudian lanjutnya, dengan penerbitan Surat Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian nomor 06 tahun 2017 tentang Standar Operasional Prosedur Teknis Pelayanan Perizinan Pada Dinas PMPTP tanggal 06 April 2017.


"Jadi SOP memuat persyaratan, jangka waktu pelayanan dan biaya jika ada sesuai aturan dengan aturan yang berlaku," ujarnya


Ia juga mengatakan, pelayanan perizinan dan non perizinan satu pintu yang berbasis elektronik sudah diterapkan melalui aplikasi pelayanan peizinan SIPPADU (Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu). Yang sudah dilakukan soft launchingnya pada bulan Mei 2017.


"Melalui Aplikasi ini sudah dapat dilakukan secara online sebanyak 30 jenis izin. Aplikasi ini juga sudah memiliki Barcode sehingga akan lebih memberikan keamanan terhadap backup data izin yang kita keluarkan," pungkas Hendra.


Aplikasi juga bisa melihat lamanya proses penerbitan izin, aplikasi juga memiliki traking proses izin sehingga masayarakat bisa melihat izin yang mereka ajukan sedang dalam proses atau sudah selesai dan tinggal di ambil.


"Aplikasi ini sesuai dengan janji kita dengan KPK di Bukittinggi april lalu, diman kita akan menerapkan Izin secara Online sebnayak 35 Izin. Alhamdulillah sudah terealisasi sebanyak 30 Izin dan sisanya sedang dalam proses," ujar Pria kelahiran 26 September 1981 ini.


Terkait dengan Aksi B08 (Bulan Agustus) Bidang PTSP pada DPMPTSP akan melakukan Louncing Penerapan SIPPADU ini, Namun karena kondisi Kantor yang masih dalam rehab dan perbaikan sehingga belum bisa direalisasikan.


Namun sambungnya, telah diusulkan kepada Dinas Kominfo untuk melakukan Grand Launcing dari seluruh aplikasi yang ada untuk diterapkan pada satu tempat dan waktu bersamaan, seperti Aplikasi E-Budggeting, E-Planing, E-TPP dan SIPPADU.


"Kita siap kapan saja akan dilakukan launchingnya karena kami sudah telah menerapkan perizinan online dan semua izin dan non izin sudah berada di DPMPTP,"ujar Hendra yang didampingi Kabid Perizinan dan Non Perizinan Heri Sugianto.


DPMPTP juga punya motto sebutnya, yaitu Melayani dengan Elok (Efisien, Lancar, Optimal dan Konsisten). (warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,metro,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Tebing Longsor Hantam Dua Bangunan di Bukittingi

Tebing Longsor Hantam Dua Bangunan di Bukittingi

BUKITTINGGI - Tebing dengan ketinggian sekitar lima meter longsor di dekat Simpang Garegeh, Bukittinggi, Sabtu...

ASN Berpolitik pada Pilkada Serentak 2018, Ini Kata Gubernur Sumbar

ASN Berpolitik pada Pilkada Serentak 2018, Ini Kata Gubernur Sumbar

PADANG- Menjelang Pilkada serentak 2018, atmosfir politik kian memanas. Sejumlah kandidat saling klaim mendapatkan...

Toko Emas di Padang Dikupak Maling, 10 Kg Emas Raib

Toko Emas di Padang Dikupak Maling, 10 Kg Emas Raib

PADANG - Toko emas di Kawasan Koppas Plaza, Pasar Raya Padang Sabtu (2/9/2017) pagi tadi disatroni pencuri. Emas...

 Heboh, Go-Jek Ditolak di Bukittinggi, Perempuan Asal Bandung Malah Tulis Ini di Medsos

Heboh, Go-Jek Ditolak di Bukittinggi, Perempuan Asal Bandung Malah Tulis Ini di Medsos

BUKITTINGGI - ‎Akun Frauleina Samantha‎ asal Kota Bandung mengeluarkan unek-uneknya terhadap kasus penolakan...

Pasar Batusangkar Buncah, Seorang Pria Ditemukan Tak Bernyawa Dalam Sebuah Warung

Pasar Batusangkar Buncah, Seorang Pria Ditemukan Tak Bernyawa Dalam Sebuah Warung

TANAH DATAR - Rabu, (20/9/2017) warga sekitar pasar Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat buncah. Penyebab buncahnya...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu