minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Pedagang Pasa Lereng Bukittinggi Sembelih 9 Ekor Sapi Kurban

Sabtu, 02 September 2017 - 19:44:10 WIB - 418
Pedagang Pasa Lereng Bukittinggi Sembelih 9 Ekor Sapi KurbanPedagang Pasar Lereng Bukittinggi menyaksikan pemotongan hewan kurban

BUKITTINGGI - Persatuan Pedagang Pasa Lereng (P3L) kota Bukittinggi yang merupakan himpunan dari para pedagang di kawasan Pasar Lereng Bukittinggi, seperti tahun-tahun biasanya mengadakan penyembelihan hewan kurban. Tahun ini P3L Kota Bukittinggi menyembelih sebanyak 9 ekor sapi.


Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tersebut dilakukan, Sabtu (2/9) dikawasan los lambuang tepatnya dekat Mushalla, dan disaksikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi Melwizardi, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Bukittinggi M.Idris serta para peserta kurban dan juga pengurus P3L kota Bukittinggi.


Ketua Persatuan Pedagang Pasa Lereng (P3L) Masri didampingi Sekretaris Hengki Evon mengatakan, penyembelihan hewan kurban ini diikuti oleh 63 peserta.


"Untuk pendistribusian daging tersebut, kami tata sedemikian rupa, agar adanya pemerataan dalam penerimaan daging hewan kurban tersebut. Untuk setiap peserta kurban mendapat 1 kupon besar dan 800 kupon kami bagikan kepada anggota P3L," katanya.


Menurut Masri dan Hengki, setelah sapi disembelih, daging kurban tak hanya diperuntukkan bagi pedagang pasar saja, tapi juga dibagikan kepada mereka yang berhak seperti fakir miskin. "Jadi, para Pedagang Pasa Lereng tak hanya berdagang saja, kita juga ikut membangun kepedulian antar sesama kaum Muslim," jelasnya.


Hengki Evon menjelaskan penyembelihan hewan kurban dari para pedagang Pasar Lereng ini sudah berlangsung sejak tahun 2000, Alhamdulillah berlanjut hingga tahun kini, selanjutnya Dia mengatakan dari tahun ke tahun penyelenggaraan penyembelihan bervariasi jumlahnya, misalnya pada tahun 2016 jumlah hewan kurban sebanyak 10 ekor sapi, tahun kini hanya 9 ekor sapi, ucap Hengki Evon.


Kegiatan-kegiatan yang dilakukan P3L, kata Hengki, antara lain dibidang sosial keagamaan mengadakan pengajian bulanan dan kegiatan religi lainnya, dibidang sosial kemasyarakatan, mengadakan gotong royong di lingkungan pasar, dan setiap tahun mengadakan upacara kenegaraan yaitu upacara 17 Agustus di tanah lapangan areal pasar lereng, pungkas Hengki Evon. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,metro,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Sebut Penjilat, Postingan Anggota DPRD 50 Kota Sumbar Ini Bikin Gaduh

Sebut Penjilat, Postingan Anggota DPRD 50 Kota Sumbar Ini Bikin Gaduh

LIMA PULUH KOTA - Postingan diduga milik seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lima Puluh...

Ribuan Peserta Tumpah Ruah Ikuti Pariaman Run 10K

Ribuan Peserta Tumpah Ruah Ikuti Pariaman Run 10K

PARIAMAN - Dalam rangka hari olahraga nasional (haornas) dan Hut TNI ke 72 Pemerintah Kota Pariaman dan Kodim 0308...

Persipura Hajar Semen Padang FC Tiga Gol Tanpa Balas

Persipura Hajar Semen Padang FC Tiga Gol Tanpa Balas

BOLA - Persipura Jayapura sukses meraih kemenangan setelah mengalahkan Semen Padang FC dengan skor cukup telak 3-0 di...

DPC PPP Pariaman Laksanakan LKKD, Targetkan 3 Besar Pemilu 2019

DPC PPP Pariaman Laksanakan LKKD, Targetkan 3 Besar Pemilu 2019

PARIAMAN - DPC Partai Persatuan Pembangunan Pariaman melaksanakan Latihan Kepemimpinan Kader Dasar (LKKD) selama dua...

Wawasan Kebangsaan dan Nalar yang Terus Memudar

Wawasan Kebangsaan dan Nalar yang Terus Memudar

Oleh Riyan Betra Delza -- Banyak kalangan mulai mempermasalahkan mengapa sekarang ini begitu banyak pemahaman kelompok...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu