minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Pendistribusian Daging Kurban di Bukittinggi Merata

Minggu, 03 September 2017 - 17:25:19 WIB - 406
Pendistribusian Daging Kurban di Bukittinggi MerataWalikota Bukittinggi, H.M.Ramlan Nurmatias saat berdialog dengan panitia penyembelihan kurban

BUKITTINGGI - Walikota Bukittinggi, H.M.Ramlan Nurmatias berharap tidak ada satu warga yang tidak mendapatkan daging hewan qkurban, dimintanya pada panitia penyembelihan hewan kurban agar dapat berjalan lancar dan mendistribusikan dagingnya kepada warga sekitarnya.


Guna memastikan penyembelihan hewan kurban berjalan lancar, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, meninjau secara langsung pelaksanaan pemotongan hewan kurban di sejumlah Masjid dan Mushalla di tiga Kecamatan Kota setempat, Sabtu (2/9).


Saat peninjauan ke Masjid dan Mushalla, Walikota Bukittinggi didampingi oleh camat masing–masing Kecamatan dan Kabag Humas Setdako Bukittinggi. pada hari kedua Idul Adha ini lokasi yang dikunjungi antara lain, Masjid Mukhlisin Manggis Ganting, Masjid Gansala, Masjid Agung Tengah Sawah, Mushalla Al Ikhlas Birugo, Masjid Jami Aur Kuning, Masjid Jami Tigo Baleh dan Masjid Nurul Iman.


"Jumlah hewan kurban yang akan disembelih di kota Bukittinggi tahun ini sebanyak 960 ekor dengan rincian sapi sebanyak 895 ekor dan kambing sebanyak 65 ekor. Sedangan pada tahun 2016 yang lalu hewan kurban sejumlah 921 ekor, Sapi sebanyak 874 ekor dan Kambing sebanyak 47 ekor yang artinya ada peningkatan pada tahun 2017 ini dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 4,23 % yang dilaksanakan tersebar di 103 lokasi,” tuturnya.


Walikota Bukittinggi yang sengaja melihat langsung ke Masjid-Masjid dan Mushalla-Mushalla tersebut guna memastikan kondisi hewan kurban yang disembelih dalam keadaan sehat dan layak untuk dikonsumsi serta setiap pelaksanaannya sesuai dengan ajaran Islam.


Untuk Kota Bukittinggi pemotongan hewan kurban dilakukan dengan waktu yang bervariasi, ada hari Jumat setelah Shalat Id, ada hari Sabtu dan bahkan ada yang hari Minggu. Penyembelihan dilakukan rata–rata mulai pada pukul 08.00 pagi dan diperkirakan setelah shalat Zuhur semua daging kurban sudah bisa dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.


Pantauan langsung, Sabtu (2/9) di Masjid Muslimin Kelurahan Puhun Pintu Kabun Kecamatan MKS, pendistribusian daging hewan kurban berjalan tertib, panitia bekerjasama dengan ketua RW dan RT setempat untuk mendata warga guna pemberian kupon pengambilan daging hewan kurban. Di samping halaman Masjid telah dibagi-bagi ruang masing-masing RT dalam satu RW, jadi warga pun tidak berdesak-desak dalam mengambilnya.


"Sistim yang diterapkan kini sangat praktis sekali dalam pengambilan daging hewan kurban, dan pula waktunya tidak banyak terbuang, begitupun juga panitia tidak kewalahan menghadapi warga, kata salah seorang warga, Des. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bukittinggi,metro,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

PT KAI Keluarkan SP3 Pengosongan Tanah, Warga Sekitar Stasiun Bukittinggi Resah

PT KAI Keluarkan SP3 Pengosongan Tanah, Warga Sekitar Stasiun Bukittinggi Resah

BUKITTINGGI - Masalah penggusuran tanah milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI) di lahan Stasiun Bukittinggi yang dihuni...

Pariaman Raih Indeks Kondisi Keuangan Daerah Terbaik dalam Region Sumatera

Pariaman Raih Indeks Kondisi Keuangan Daerah Terbaik dalam Region Sumatera

PARIAMAN - Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman menerima penghargaan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta,...

Akper Pemda Padang Pariaman Segera Bergabung dengan UNP

Akper Pemda Padang Pariaman Segera Bergabung dengan UNP

PADANG PARIAMAN - Tim Visitasi Kemenristekdikti kunjungi Padang Pariaman dalam rangka penyatuan Akper Pemda ke...

Pemko Padang Imbau Daging Kurban Jangan Dibungkus Kantong Kresek Hitam, Ini Alasannya

Pemko Padang Imbau Daging Kurban Jangan Dibungkus Kantong Kresek Hitam, Ini Alasannya

PADANG - Agar warga terhindar dari penyakit dan zat berbahaya, Pemerintah Kota Padang mengimbau kepada panitia kurban...

Gagal ke Final AFF 2017, Timnas Indonesia U-19 Fokus ke Perebutan Juara Tiga

Gagal ke Final AFF 2017, Timnas Indonesia U-19 Fokus ke Perebutan Juara Tiga

BOLA - Mimpi pungawa Timnas Indonesia untuk merengkuh titel juara Piala AFF U-18 2017 harus Pupus di tangan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu