minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariaman

Cegah Gratifikasi, Pariaman MoU dengan KPK

Selasa, 05 September 2017 - 21:14:35 WIB - 179
Cegah Gratifikasi, Pariaman MoU dengan KPK MoU pengendalian gratifikasi di lingkup ASN Pemko Pariaman

PARIAMAN - Walikota Pariaman Mukhlis Rahman membuka secara langsung Sosialisasi Dan Penandatanganan Komitmen Pengendalian Gratifikasi di lingkungan Pemko Pariaman pada Selasa (5/9) di Aula Balaikota.


Sebagai nara sumber menghadirkan Asep Rahmat dari Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) selaku Ketua Satgas Koordinasi Supervisi bidang Pencegahan.


Hadir Inspektorat Kota Pariaman, kepala OPD, Camat, Kepala Kantor/Badan/Bagian Pemko Pariaman dan Lurah se-Kota Pariaman.


Mukhlis Rahman menyampaikan mengenai gratifikasi di Kota Pariaman telah diatur dengan Perwako Nomor 26 tahun 2016 tentang pedoman pengendalian gratifikasi di Kota Pariaman, dan sosialisasi ini guna mempertegas komitmen bersama untuk pemberantasan, pencegahan dan antisipasi korupsi.


Ia juga mengungkapkan, sosialisasi ini juga bertujuan mendorong dan memperkuat akuntabilitas aparatur pemerintahan dalam menjalankan pelayanan dan roda pemerintahan.


"Komitmen ini tidak hanya dalam rangka mewujudkan program pemerintah yang bersih namun juga tekat untuk mewujudkan prinsip transparansi, akuntanbilitas dan responsibilitas sehingga hal ini menjadi keberhasilan penetapan tata kelola pemerintah yang baik dalam jangka panjang,” tegas Mukhlis.


Wako juga berharap seluruh peserta ikuti sosialisasi ini sampai selesai sebagai langkah dan upaya bersama secara komit lawan korupsi.


Dalam hal ini Asep mengungkapkan bahwa gratifikasi bisa berdampak hukum kalau yang menerima dan memberi mempunyai hubungan jabatan.


"Kemudian pemberian tersebut memiliki nilai kepentingan di jabatan atau kewenangan antara si pemberi dan penerima. Gratifikasi dapat berdampak hukum apabila Pada saat di terima oleh pejabat yang bersangkutan dan tidak melaporkannya dalam tempo 30 hari maka sudah dinyatakan memenuhi unsur pidana," tutur Asep.(rel/warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: hukum,metro,pariaman,politik,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pembangunan Masjid Raya Padang Pariaman Terus Dikebut

Pembangunan Masjid Raya Padang Pariaman Terus Dikebut

PADANG PARIAMAN - Bupati Ali Mukhni berharap pembangunan Mesjid Raya Padang Pariaman berjalan dengan lancar sesuai...

Mercedes-Benz W202 Club of Indonesia Kagumi Keindahan Kota Bukittinggi

Mercedes-Benz W202 Club of Indonesia Kagumi Keindahan Kota Bukittinggi

BUKITTINGGI - Kunjungan Mercedes-Benz W202 Club of Indonesia (MBW202CI) ke Bukittinggi dalam rangka memperingati satu...

Fakultas Pariwisata UMSB Gelar Tourism Explore 2017 ke Nagari Tuo Pariangan

Fakultas Pariwisata UMSB Gelar Tourism Explore 2017 ke Nagari Tuo Pariangan

TANAH DATAR - Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menggelar kegiatan Tourism Explore 2017 yang...

Liga Champion: Barcelona Bekuk Juventus Tiga Gol Tanpa Balas

Liga Champion: Barcelona Bekuk Juventus Tiga Gol Tanpa Balas

BOLA - Barcelona mengunduli jawara liga Italia Juventus dengan skor telak pada perempat final Liga Champions musim lalu...

Ribuan Peserta Tumpah Ruah Ikuti Pariaman Run 10K

Ribuan Peserta Tumpah Ruah Ikuti Pariaman Run 10K

PARIAMAN - Dalam rangka hari olahraga nasional (haornas) dan Hut TNI ke 72 Pemerintah Kota Pariaman dan Kodim 0308...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu