minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariaman

Cegah Gratifikasi, Pariaman MoU dengan KPK

Selasa, 05 September 2017 - 21:14:35 WIB - 236
Cegah Gratifikasi, Pariaman MoU dengan KPK MoU pengendalian gratifikasi di lingkup ASN Pemko Pariaman

PARIAMAN - Walikota Pariaman Mukhlis Rahman membuka secara langsung Sosialisasi Dan Penandatanganan Komitmen Pengendalian Gratifikasi di lingkungan Pemko Pariaman pada Selasa (5/9) di Aula Balaikota.

Sebagai nara sumber menghadirkan Asep Rahmat dari Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) selaku Ketua Satgas Koordinasi Supervisi bidang Pencegahan.

Hadir Inspektorat Kota Pariaman, kepala OPD, Camat, Kepala Kantor/Badan/Bagian Pemko Pariaman dan Lurah se-Kota Pariaman.

Mukhlis Rahman menyampaikan mengenai gratifikasi di Kota Pariaman telah diatur dengan Perwako Nomor 26 tahun 2016 tentang pedoman pengendalian gratifikasi di Kota Pariaman, dan sosialisasi ini guna mempertegas komitmen bersama untuk pemberantasan, pencegahan dan antisipasi korupsi.

Ia juga mengungkapkan, sosialisasi ini juga bertujuan mendorong dan memperkuat akuntabilitas aparatur pemerintahan dalam menjalankan pelayanan dan roda pemerintahan.

"Komitmen ini tidak hanya dalam rangka mewujudkan program pemerintah yang bersih namun juga tekat untuk mewujudkan prinsip transparansi, akuntanbilitas dan responsibilitas sehingga hal ini menjadi keberhasilan penetapan tata kelola pemerintah yang baik dalam jangka panjang,” tegas Mukhlis.

Wako juga berharap seluruh peserta ikuti sosialisasi ini sampai selesai sebagai langkah dan upaya bersama secara komit lawan korupsi.

Dalam hal ini Asep mengungkapkan bahwa gratifikasi bisa berdampak hukum kalau yang menerima dan memberi mempunyai hubungan jabatan.

"Kemudian pemberian tersebut memiliki nilai kepentingan di jabatan atau kewenangan antara si pemberi dan penerima. Gratifikasi dapat berdampak hukum apabila Pada saat di terima oleh pejabat yang bersangkutan dan tidak melaporkannya dalam tempo 30 hari maka sudah dinyatakan memenuhi unsur pidana," tutur Asep.(rel/warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: hukum,metro,pariaman,politik,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Gempa 7,9 SR, Pasien RSAM Bukittinggi Panik

Gempa 7,9 SR, Pasien RSAM Bukittinggi Panik

BUKITTINGGI - Telah terjadi bencana gempa bumi di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) dengan kekuatan 7,9 scala...

Razia Pekat, Satpol PP Padang Amankan 4 Wanita Malam

Razia Pekat, Satpol PP Padang Amankan 4 Wanita Malam

PADANG - Satpol PP Kota Padang kembali melakukan pengawasan penegakan Perda di sejumlah tempat hiburan malam (THM) di...

Penerbangan Perdana Padang - Madinah Dilounching

Penerbangan Perdana Padang - Madinah Dilounching

PADANG - Penerbangan Padang - Madinah tidak lagi singgah-singgah, penumpang sekarang bisa langsung ke tujuan dan sampai...

Pasca Kebakaran Pasar Aur Kuning, Relawan PMI Bukittinggi Goro Bersama Walikota dan ASN

Pasca Kebakaran Pasar Aur Kuning, Relawan PMI Bukittinggi Goro Bersama Walikota dan ASN

BUKITTINGGI - Sesuai kesepakatan, ribuan ASN di lingkungan pemerintah kota Bukittinggi bersama Forkopimda dan pedagang,...

Ketahuan Buang Sampah di Jalan S. Parman, Mahasiswi Manis ini Diamankan Satpol PP Padang

Ketahuan Buang Sampah di Jalan S. Parman, Mahasiswi Manis ini Diamankan Satpol PP Padang

PADANG - Tim patroli Satpol PP Padang mengamankan seorang mahasiswi yang ketahuan membuang sampah sembarangan di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu