minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariwisata

Fakultas Pariwisata UMSB Gelar Tourism Explore 2017 ke Nagari Tuo Pariangan

Minggu, 10 September 2017 - 17:52:47 WIB - 536
Fakultas Pariwisata UMSB Gelar Tourism Explore 2017 ke Nagari Tuo ParianganDosen dan mahasiswa Fakultas Pariwisata UMSB foto bersama

TANAH DATAR - Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menggelar kegiatan Tourism Explore 2017 yang dilaksanakan selama dua hari Jumat dan Sabtu 8-9 September 2017 di Kanagarian Pariangan, Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini melibatkan seluruh dosen dan mahasiswa serta mahasiswa baru berasal dari dua program studi yaitu Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata.

Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Muhammad Abdi, SE. MM, mengungkapkan, kegiatan yang dikemas dalam Tourism Explore 2017 ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang lakukan untuk mendekatkan mahasiswa dan dosen dengan masyarakat, serta melakukan praktek langsung di lapangan.

"Lebih dari itu kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk kerja nyata yang perlu kita lakukan dari unsur perguruan tinggi sebagai salah satu unsur Pentahelix disamping unsur pemerintah, pelaku bisnis, komunitas/asosiasi pariwisata dan media dalam mendukung program pemerintah untuk percepatan pembangunan dibidang kepariwisataan," ucap Muhammad Abdi.

Sedangkan Sekretaris Walinagari Pariangan mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada segenap dosen dan mahasiswa dari Fakultas Pariwisata UMSB yang telah memilih Nagari Pariangan sebagai tempat kegiatan pengabdian Masyarakat kampus, kita berharap dari kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, disamping itu kami juga berharap kegiatan ini dapat ditindak lanjuti pada waktu mendatang dengan berbagai program-program kegiatan untuk percepatan pembangunan masyarakat pariwisata dengan tetap mengedepankan kearifan lokal dikanagarian pariangan.

Pada agenda kegiatan tersebut, hari pertama diawali dengan Penyuluhan dan Pembinaan tentang Kepariwisataan dengan tema "Membangun Generasi Pariwisata yang Berkemajuan".

"Dalam kegiatan diskusi antara dosen dengan segenap masyarakat Kanagarian Pariangan melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), terlihat nyata bahwa masyarakat masih sangat membutuhkan berbagai pemahaman tentang kepariwisataan dan kegiatan-kegiatan pendampingan yang berkelanjutan," ungkap moderator Vina Kumala. SE. MM. Akt.

Kegiatan hari kedua dilanjutkan dengan bakti masyarakat di Jorong Guguak kanagarian Pariangan. "Kebersamaan para mahasiswa, dosen dan masyarakat sangat terlihat pada kegiatan tersebut, dimana kegiatan difokuskan pada salah satu destinasi di Pariangan yaitu dengan membuka kembali janjang 164 yang merupakan akses menuju destinasi Lasuang Gadang," ungkap Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pariwisata UMSB Muhammad Ikbal.

Ketua Program Studi Usaha Perjalanan Wisata. Novi Yanita. MM. Par menjelaskan dengan banyaknya destinasi yang dapat dikunjungi di kanagarian pariangan, masyarakat juga akan dibekali dengan workshop pembuatan program paket wisata yang nantinya dapat dinikmati oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Wina Asty. MM. Par. Ketua Program Studi Perhotelan Fakultas Pariwisata UMSB, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana mengelola rumah dengan baik (homestay) berikut standar pelayanan yang perlu dilakukan masyarakat dalam menyambut wisatawan yang akan menginap disini.

Sementara itu Kabag Humas Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Ilham. S.Pdi.MA yang hadir dalam kegiatan ini juga memberikan apresiasi kepada Fakultas Pariwisata UMSB yang telah melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini.

"Kepada ketua pemuda Jorong Guguak Nagari Ilham mengungkapkan UMSB yang terdiri dari berbagai Fakultas yaitu Fakultas Agama Islam, Kehutanan, Ekonomi, Hukum, Teknik, Kesehatan, Teknik, Kesehatan, Pertanian, dan Keguruan," pungkas ilham. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: metro,padang,pariwisata,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pelaku Pembakar Mapolres Dharmasraya Sumbar Ternyata Anak Seorang..

Pelaku Pembakar Mapolres Dharmasraya Sumbar Ternyata Anak Seorang..

DHARMASRAYA - Mungkin tak pernah terbayang dibenak orang tua manapun, bahwa anaknya akan bertindak menyerang Markas...

Duh.. Pasutri di Limapuluh Kota Ini Kompak Curi Motor

Duh.. Pasutri di Limapuluh Kota Ini Kompak Curi Motor

LIMAPULUH KOTA - Sepasang suami-istri dan 1 unit sepeda motor berhasil diamankan jajaran Polres 50 Kota, Sumatera Barat...

Forkopimda Lakukan Pertemuan Dengan Keluarga Ahli Waris yang Menyegel SD 26 dan SMP 2 Batusangkar

Forkopimda Lakukan Pertemuan Dengan Keluarga Ahli Waris yang Menyegel SD 26 dan SMP 2 Batusangkar

TANAH DATAR - Kamis (9/11/2017), setelah para murid masuk kesekolah mereka kembali, Pemkab diwakili Wabup Zuldafri...

Wakil Gubernur Sumbar Tinjau Penampungan Sementara Pedagang Pasar Atas Bukittinggi

Wakil Gubernur Sumbar Tinjau Penampungan Sementara Pedagang Pasar Atas Bukittinggi

BUKITTINGGI - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit meninjau lokasi kebakaran pusat pembelajaan Pasar Atas Kota...

RS Achmad Muchtar Bukittinggi Nyaris Terbakar

RS Achmad Muchtar Bukittinggi Nyaris Terbakar

BUKITTINGGI - Api berkobar di lantai atas Rumah Sakit Achmad Muchtar (RSAM) Kota Bukittinggi, mendengar adanya api...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu