minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Hujan Deras Ekstrim Landa Bukittinggi, Pohon Tumbang dan Longsor di Beberapa Titik

Minggu, 10 September 2017 - 17:59:49 WIB - 768
Hujan Deras Ekstrim Landa Bukittinggi, Pohon Tumbang dan Longsor di Beberapa TitikWalikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias meninjau langsung korban longsor di Jl. Soekarno Hatta Garegeh, Bukittinggi

BUKITTINGGI - Hujan yang mengguyur Kota Bukittinggi mulai dari pukul 14.00 hingga 19.00 dengan intensitas sedang dan berat pada Sabtu (9/9) telah mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di objek wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMS BK) dan terjadinya bencana longsor menimpa rumah warga di Jl.Soekarno Hatta Garegeh disamping itu juga terdapat pada beberapa lokasi genangan air seperti Jl. Soekarno Hatta dan Jl.Pabidian Panorama Baru.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi melalui staf Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Reynaldo mengkonfirmasi bahwa pada pukul 18.00 Wib terjadinya pohon tumbang di objek wisata TMS BK dekat gudang pakan hewan, hal ini disebabkan karena kuatnya angin disamping itu pohon tersebut sudah tua dan batangnya juga suda lapuk.

Reynaldo juga mengatakan pada pukul 20.30 Wib di Jl.Soekarno Hatta Simpang Garegeh Kecamatan Mandiangin Koto Selayan juga telah terjadi bencana longsor yang berdampak menimpa 2 rumah warga yang sekaligus sebagai tempat usaha. Kedua rumah warga tersebut yakni Ernita (42) pemilik Foto Copy Zilvia dan Rul Masri (57) pemilik Toko Baut Jujur.

"Longsor menimpa dinding belakang rumah toko Baut Jujur yang berada didekat tebing dengan kondisi rusak ringan dengan keadaan bangunan yang masih tertekan material longsor, tidak ada korban jiwa dan kerugian diperkirakan mencapai Rp50 juta," jelasnya.

Terlihat BPBD, Dinas Sosial, Dinas PU, PMI dan Tagana, serta masyarakat setempat saling bahu membahu dalam melakukan pembersihan material. Longsor tersebut sempat membuat macet serta menyulitkan kendaraan yang melewati rute itu, masyarakat setempatpun saling membantu guna mengatur lalu lintas supaya kendaraan tidak tersendat.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias yang langsung turun ke TKP menginstruksikan kepada Dinas PU untuk segera melakukan pembersihan material dengan menggunakan alat berat. Mengingat saat ini musim hujan, Ramlan juga meminta warga lebih waspada.

"Kepada masyarakat diingatkan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana karena prediksi BMKG kemungkinan cuaca ekstrim dan curah hujan tinggi pada bulan September ini," ujar Ramlan. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,metro,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Menpora Imam Nahrawi Beri Kuliah Umum di STIE Sumbar Pariaman

Menpora Imam Nahrawi Beri Kuliah Umum di STIE Sumbar Pariaman

PARIAMAN - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi, berikan Kuliah Umum dalam bentuk Seminar Nasional...

Jalankan Keputusan Jaksa Agung RI, Asintel Kejati Sumbar Meluncur ke Tanah Datar

Jalankan Keputusan Jaksa Agung RI, Asintel Kejati Sumbar Meluncur ke Tanah Datar

TANAH DATAR - Rabu (8/11/2017) Kejaksaan Tinggi Sumbar yang diwakili Asintel, Yuswadi, SH, MH tiba di Tanah Datar,...

Ribuan Relawan Jokowi, Siap Hadiri Resepsi Pernikahan Kahiyang di Medan

Ribuan Relawan Jokowi, Siap Hadiri Resepsi Pernikahan Kahiyang di Medan

MEDAN - Setelah pelaksanaan resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution...

PBB Dukung Palestina Gugat Pelanggaran Pendudukan Israel

PBB Dukung Palestina Gugat Pelanggaran Pendudukan Israel

INTERNASIONAL - Pemerintah Israel dan senator Amerika Serikat (AS) marah membaca berita yang menyatakan bahwa anggaran...

Timnas Indonesia U-19 Siap Tempur Hadapi Korea Selatan

Timnas Indonesia U-19 Siap Tempur Hadapi Korea Selatan

BOLA - Hari ini Sabtu (4/11/2017), Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi tuan rumah Korea Selatan di matchday ketiga...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu