minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariaman

Pariaman Galakkan Program Konsumsi Pangan Non-Beras

Senin, 11 September 2017 - 19:05:13 WIB - 180
Pariaman Galakkan Program Konsumsi Pangan Non-BerasWalikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam acara lomba B2SA, Senin (11/9)

PARIAMAN - Walikota Pariaman Mukhlis Rahman secara langsung membuka pelaksanaan lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang, Aman (B2SA) tahun 2017 yang dilaksanakan di Rumah Tabuik samping Balaikota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (11/9).


Lomba ini digagas oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman yang dikepalai Agusriatman menghadirkan Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Provinsi Sumbar Buskar Zulmahdi.


Disaksikan oleh Ketua TP-PKK Kota Pariaman Reni Mukhlis, Ketua GOW Lucyanel Arlym, Ketua Dharmawanita Kartini Indra, Pimpinan BUMN, Kepala OPD dan camat se-Kota Pariaman dengan peserta yang merupakan pemenang lomba B2SA dari tingkat kecamatan.


Walikota menyampaikan lomba ini sebagai langkah perbaikan kounsumsi pangan masyarakat dengan gizi lengkap dan berimbang sebagai implementasi lanjutannya.


"Pengetahuan akan pentingnya konsumsi pangan perlu disampaikan pada tingkat terkecil dalam sekelompok masyarakat yaitu keluarga dimana dalam hai ini ibu berperan sebagai penentu dan penyedia menu keluarga," tambah Mukhlis.


Untuk itu, Mukhlis Rahman harapkan dalam wujud ketahanan, kemandirian dan kedaulatan pangan diperlukan sekali pengoptimalan pemanfaatan lahan pekarangan melalui kelompok wanita tani, peningkatan produksi dan penguatan lembaga tani dan peningkatan SDM petani dan penyuluh dalam menjaga kualitas konsumsi pangan keluarga.


Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Provinsi Sumbar Buskar Zulmahdi menjelaskan dengan lomba cipta menu ini, akan mengembangkan inovasi ibu-ibu untuk membuat bahan makanan yang asalnya bukan hanya dari beras, melainkan dari ubi-ubian, jagung dan sebagainya.


Melalui lomba ini juga bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi makanan beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), mendorong dan meningkatkan kreasitivitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal dan membantu kaum ibu dalam meningkatkan daya kretivitas, membuat ragam menu bergizi dan seimbang untuk disajikan pada hidangan keluarga sehari-hari.(rel/warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,ekonomi,metro,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Menarik, Presiden Singapura Pernah Berjualan Nasi Padang, Inilah Kisahnya

Menarik, Presiden Singapura Pernah Berjualan Nasi Padang, Inilah Kisahnya

JAKARTA - Halimah Yacob (62) akan dinaubatkan menjadi Presiden muslimah pertama Singapura pada Rabu (13/9/2017). Namun...

Minggu Berdarah di Kab 50 Kota Sumbar, 1 Tewas, Satu Anggota DPRD dan Adiknya Kritis

Minggu Berdarah di Kab 50 Kota Sumbar, 1 Tewas, Satu Anggota DPRD dan Adiknya Kritis

LIMA PULUH KOTA - Peristiwa berdarah terjadi di Kenagarian Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera...

Persipura Hajar Semen Padang FC Tiga Gol Tanpa Balas

Persipura Hajar Semen Padang FC Tiga Gol Tanpa Balas

BOLA - Persipura Jayapura sukses meraih kemenangan setelah mengalahkan Semen Padang FC dengan skor cukup telak 3-0 di...

Panitia Kurban di Padang Tak Boleh Menerima Upah Daging

Panitia Kurban di Padang Tak Boleh Menerima Upah Daging

PADANG - Pengurus Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Kota Padang Muhammad Ridho Nur menyebut, panitia kurban tidak dibolehkan...

Alokasi Belanja Daerah 2017 Kota Padang Naik Sebesar 123,43 Miliar

Alokasi Belanja Daerah 2017 Kota Padang Naik Sebesar 123,43 Miliar

PADANG - Alokasi belanja daerah Kota Padang pada perubahan APBD tahun 2017 naik sebesar Rp. 123,43 Miliar (5,52%), yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu