minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariwisata

Peningkatan Kapasitas Seni Rupa di Sumbar, Ini Bentuk Kegiatannya

Selasa, 12 September 2017 - 06:40:49 WIB - 216
Peningkatan Kapasitas Seni Rupa di Sumbar, Ini Bentuk KegiatannyaPeserta Bimtek Seni Rupa Dinpar Sumbar

PADANG - Sebanyak 60 perupa se-Sumatera Barat mengikuti Bimbingan Tekhnis (Bimtek) peningkatan kapasitas di Hotel Fave Padang, Senin (11/9/2017), Kegiatan ini digelar Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Barat yang berlangsung selama dua hari, mulai 11-12 September 2017.


Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinpar Sumbar, Derliati mengatakan, Bimtek ini bertujuan pembinaan dan pemberdayaan serta optimalisasi program pengembangan ekonomi kreatif guna mendukung upaya strategis pelaku ekonomi kreatif sub sektor kreatif dan seni rupa. Kegiatan ini diikuti pelukis, pemahat dan pematung yang telah mempunyai galeri/sanggar.


Seni rupa di Sumbar memiliki punya potensi yang sangat menjanjikan, baik di dalam maupun luar negeri namun belum termaksimalkan dengan baik.


Lebih jauh Derliati menyampaikan, kalau bimtek ini merupakan upaya mensinkronisasikan antara seni rupa dengan pariwisata. Hasil karya dari perupa itu bisa dijadikan oleh-oleh (souvenir) kepada wisatawan yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.


"Sinkronisasikan seni rupa dengan pariwisata, sehingga daerah di Sumbar dikenang wisatawan asing. Mereka melihat ranah minang ini mampu menyuguhkan kreatif dari pelaku seni baik itu lukis, pahat maupun patung berupa souvenir," jelasnya.


Bimtek ini selama dua hari, kata Derliati memberikan pengetahuan tentang pemasaran dan inovasi dengan yang akan dibuat perupa. Mereka akan diberikan pengetahuan dari narasumber berkompeten, seperti dari ASITA.


"Asita teman kita. Sebab, merekalah yang mendatangkan wisatawan baik mancanegara maupun tingkat nasional. Membawa tamu-tamu melihat destinasi yang ada di Sumbar," jelasnya.


Untuk itu, perlu kreatif dari para perupa mensiasati kehadiran wisatawan tersebut, tentunya dengan membuat sebuah hasil karya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari tanah ranah minang ini. Artinya wisatawan tidak hanya melihat keindahan alam semata, melain hasil karya dari para perupa di Sumatera Barat.


Bimtek ini digelar, karena ia melihat para perupa belum maksimal memasarkan hasil karya sebagai souvenir. Untuk itu dengan bimtek ini, mereka bisa belajar cara memasarkan hasil karyanya kepada wisatawan. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pariaman Lelang 93 Kendaraan Dinas

Pariaman Lelang 93 Kendaraan Dinas

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) melelang sebanyak 93 unit kendaraan dinas yang sudah...

Wawasan Kebangsaan dan Nalar yang Terus Memudar

Wawasan Kebangsaan dan Nalar yang Terus Memudar

Oleh Riyan Betra Delza -- Banyak kalangan mulai mempermasalahkan mengapa sekarang ini begitu banyak pemahaman kelompok...

Din Syamsuddin: Anak PKI Tidak Mewarisi Dosa Orang Tuanya

Din Syamsuddin: Anak PKI Tidak Mewarisi Dosa Orang Tuanya

NASIONAL - Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Din Syamsuddin menilai, tak seyogianya keturunan aktivis PKI yang terlibat...

Terkait Pil PCC yang Menelan Korban, Kapolres dan Kadisdik Tanah Datar Lakukan Quick Respon

Terkait Pil PCC yang Menelan Korban, Kapolres dan Kadisdik Tanah Datar Lakukan Quick Respon

TANAH DATAR - Marak pemberitaan di beberapa media Nasional, Ibukota dan media sosial tentang telah adanya korban jiwa...

Wakil Ketua Umum MUI Mendadak Kunjungi Kota Padang, Ada Apa?

Wakil Ketua Umum MUI Mendadak Kunjungi Kota Padang, Ada Apa?

PADANG - Wakil Ketua Umum MUI Buya Yunahar Ilyas mengadakan kunjungan dadakan ke Kantor PWM Sumbar Jalan Sawahan nomor...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu