minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariwisata

Peningkatan Kapasitas Seni Rupa di Sumbar, Ini Bentuk Kegiatannya

Selasa, 12 September 2017 - 06:40:49 WIB - 340
Peningkatan Kapasitas Seni Rupa di Sumbar, Ini Bentuk KegiatannyaPeserta Bimtek Seni Rupa Dinpar Sumbar

PADANG - Sebanyak 60 perupa se-Sumatera Barat mengikuti Bimbingan Tekhnis (Bimtek) peningkatan kapasitas di Hotel Fave Padang, Senin (11/9/2017), Kegiatan ini digelar Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Barat yang berlangsung selama dua hari, mulai 11-12 September 2017.

Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinpar Sumbar, Derliati mengatakan, Bimtek ini bertujuan pembinaan dan pemberdayaan serta optimalisasi program pengembangan ekonomi kreatif guna mendukung upaya strategis pelaku ekonomi kreatif sub sektor kreatif dan seni rupa. Kegiatan ini diikuti pelukis, pemahat dan pematung yang telah mempunyai galeri/sanggar.

Seni rupa di Sumbar memiliki punya potensi yang sangat menjanjikan, baik di dalam maupun luar negeri namun belum termaksimalkan dengan baik.

Lebih jauh Derliati menyampaikan, kalau bimtek ini merupakan upaya mensinkronisasikan antara seni rupa dengan pariwisata. Hasil karya dari perupa itu bisa dijadikan oleh-oleh (souvenir) kepada wisatawan yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

"Sinkronisasikan seni rupa dengan pariwisata, sehingga daerah di Sumbar dikenang wisatawan asing. Mereka melihat ranah minang ini mampu menyuguhkan kreatif dari pelaku seni baik itu lukis, pahat maupun patung berupa souvenir," jelasnya.

Bimtek ini selama dua hari, kata Derliati memberikan pengetahuan tentang pemasaran dan inovasi dengan yang akan dibuat perupa. Mereka akan diberikan pengetahuan dari narasumber berkompeten, seperti dari ASITA.

"Asita teman kita. Sebab, merekalah yang mendatangkan wisatawan baik mancanegara maupun tingkat nasional. Membawa tamu-tamu melihat destinasi yang ada di Sumbar," jelasnya.

Untuk itu, perlu kreatif dari para perupa mensiasati kehadiran wisatawan tersebut, tentunya dengan membuat sebuah hasil karya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari tanah ranah minang ini. Artinya wisatawan tidak hanya melihat keindahan alam semata, melain hasil karya dari para perupa di Sumatera Barat.

Bimtek ini digelar, karena ia melihat para perupa belum maksimal memasarkan hasil karya sebagai souvenir. Untuk itu dengan bimtek ini, mereka bisa belajar cara memasarkan hasil karyanya kepada wisatawan. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pakar Ilmu Kelautan ITB: Reklamasi Ini Tidak Melindungi Jakarta Malah Menenggelamkan

Pakar Ilmu Kelautan ITB: Reklamasi Ini Tidak Melindungi Jakarta Malah Menenggelamkan

NASIONAL - Pakar Ilmu Kelautan Institut Teknologi Bandung (ITB) Muslim Muin menegaskan, agar Reklamasi tidak perlu...

Diduga Korsleting, Satu Minibus Hangus Terbakar di Padang Panjang

Diduga Korsleting, Satu Minibus Hangus Terbakar di Padang Panjang

PADANG PANJANG - Diduga korsleting, satu unit Minibus Toyota BA 1871 MI hangus terbakar di Wilayah Hukum Polres Padang...

Laga Penting Semen Padang FC, Pelatih Arema FC: Kami Tidak Akan Beri Kemudahan Bagi Kabau Sirah

Laga Penting Semen Padang FC, Pelatih Arema FC: Kami Tidak Akan Beri Kemudahan Bagi Kabau Sirah

BOLA - Usaha Kabau Sirah Semen Padang FC untuk dapat keluar dari ancaman jurang degradasi tampaknya akan semakin berat....

Polisi yang Anaknya Membakar Mapolres Dharmasraya Sumbar Minta Maaf

Polisi yang Anaknya Membakar Mapolres Dharmasraya Sumbar Minta Maaf

DHARMASRAYA - Salah satu pelaku pembakaran Mapolres Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) berinisial EFA merupakan anak...

Geledah Rumah Setya Novanto, KPK Sita 2 Koper, 1 Ransel, 3 Tas Jinjing dan 1 Dekoder CCTV

Geledah Rumah Setya Novanto, KPK Sita 2 Koper, 1 Ransel, 3 Tas Jinjing dan 1 Dekoder CCTV

NASIONAL - Sebanyak 10 investigator Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah selesai menjalankan aktivitas penyidikan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu