minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

SMA Negeri 1 Tilatang Kamang Agam Galakkan Kesenian Randai

Selasa, 12 September 2017 - 22:42:54 WIB - 196
SMA Negeri 1 Tilatang Kamang Agam Galakkan Kesenian RandaiTim kesenian randai SMAN 1 Tilatang Kamang Agam saat sedang berlomba

BUKITTINGGI - Kesenian randai ini adalah kesenian budaya Minangkabau yang sangat perlu dikembangkan dan dibudayakan kepada generasi muda, artinya kita mengutamakan budaya kita sendiri dibanding budaya asing. Risih jika generasi muda kita sebagai putera puteri Minangkabau tidak mengenal kesenian daerahnya.


Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tilatang Kamang Kabupaten Agam menggalakkan kesenian Minangkabau yang merupakan kegiatan ektra kulikuler di sekolah, selain randai ada juga kegiatan ekskul lainnya seperti di bidang olahraga, PMR, MSI, lagu dan tari. Hal itu disampaikan salah satu guru SMA Negeri 1 Tilatang Kamang, Yetma.S.Pd yang sekaligus juga sebagai pelatih randai sekolah setempat, Selasa (12/9).


Dia menjelaskan lebih lanjut, "sebelum anak didiknya memulai latihan randai, terlebih dahulu diberikan contoh-contoh seperti gurindamnya dan gerakannya, dari sinilah mereka tertarik untuk mengikuti latihan randai, dan pula cerita pada randai itu berupa kabar berita, umpamanya cerita-cerita klasik. Disinilah diutamakan peran kita kita dalam memainkannya," ucap Yetma.


Tim kesenian randai SMA Negeri 1 Tilatang Kamang (Tilkam) Kabupaten Agam yang merupakan bagian jajaran wilayah hukum Polres Bukittinggi, ikut tampil dalam lomba randai se-Sumatera Barat yang diadakan Polda Sumatera Barat, tim randai ini terdiri dari 14 putera dan 6 puteri, membawa judul "Tata Tertib Lalu Lintas di Jalan Raya".


"Dalam lomba tersebut, tim randai randai SMA Negeri 1 Tilkam memainkan peran dengan kaitan tertib berlalu lintas," imbuhnya.


"Tim kesenian randai sekolahnya itu sering tampil dalam berbagai ivent pagaleran, seperti, pada bulan lalu memenuhi undangan dari Pemerintah Kota Bukittinggi, tampil di gedung perpustakaan nasional Bung Hatta dalam acara seminar internasional," tutur Yetma.


Sedangkan Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Kanit Dikyasa) Polres Bukittinggi, Aiptu Yasliman, menerangkan, "dalam tampilan lomba tersebut, sengaja dimasukkan pesan-pesan moral mengenai tertib lalu lintas di jalan raya. Secara tidak langsung pesan tersebut ada di dalam cerita randai, ini adalah merupakan sosialisasi melalui gerak dan tari yang dikemas dalam randai kesenian tradisional Minangkabau," kata Yasliman.


"Sebelumnya kami telah pula melihat tampilan tim kesenian randai SMA Negeri 1 Tilkam yang sangat bagus dalam penampilannya, jadi kami memilih sekolah tersebut untuk mewakili polres Bukittinggi mengikuti lomba yang digelar di polda Sumatera Barat. Kini nampaknya untuk memberikan arahan kepada pelajar-pelajar tidak saja dengan sosialisasi, tapi harus kita lihat perilaku pelajar tersebut, pungkas Yasliman. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: agam,bukittinggi,seni-budaya,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

 Heboh, Go-Jek Ditolak di Bukittinggi, Perempuan Asal Bandung Malah Tulis Ini di Medsos

Heboh, Go-Jek Ditolak di Bukittinggi, Perempuan Asal Bandung Malah Tulis Ini di Medsos

BUKITTINGGI - ‎Akun Frauleina Samantha‎ asal Kota Bandung mengeluarkan unek-uneknya terhadap kasus penolakan...

Investor Malaysia Minat Hadirkan Skytrain di Padang

Investor Malaysia Minat Hadirkan Skytrain di Padang

PADANG - Peluang pengembangan pariwisata dan investasi di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) semakin besar, menyusul...

Identitas Pria Misterius yang Meresahkan Warga Surian Solok Mulai Tercium

Identitas Pria Misterius yang Meresahkan Warga Surian Solok Mulai Tercium

SOLOK - Sempat memembuat resah masyarakat Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar)...

Kapolres Tanah Datar Sambut Kedatangan Jamaah Haji di Depan Pintu Bus

Kapolres Tanah Datar Sambut Kedatangan Jamaah Haji di Depan Pintu Bus

TANAH DATAR - Selasa (19/9/2017), 300 jamaah yang pulang dari Tanah Suci, menginjakan kakinya di Bumi Pagaruyuang...

Gubernur Sumbar Imbau Sebarkan Daging Kurban Secara Merata

Gubernur Sumbar Imbau Sebarkan Daging Kurban Secara Merata

PADANG - Gubernur Sumatera Barat irwan Prayitno menghimbau panitia masjid atau mushalla yang melaksanakan penyembelihan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu