minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Pertama di Sumbar, Padang Pariaman Cek Kesehatan CJH Sebelum Diberangkatkan ke Arab Saudi

Rabu, 13 September 2017 - 21:49:28 WIB - 287
Pertama di Sumbar, Padang Pariaman Cek Kesehatan CJH Sebelum Diberangkatkan ke Arab SaudiPemeriksaan perdana untuk CJH 2018 Padang Pariaman di halaman kantor Bupati IKK Parit Malintang, Rabu (13/8)

PADANG PARIAMAN - Pemkab Padang Pariaman bersama dengan Kemenag Lakukan MoU dengan Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI di Hall IKK Parit Malintang pada Rabu (13/9). Penandatanganan MoU disertai penyerahan 3 mobil ambulance untuk Puskesmas.


Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Kadis Kesehatan Aspinudin, Kakan Kemenag Helmi dan Kepala bagian Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Rosidi Roslan.


Dalam sambutan nya Ali Mukhni mengatakan ibadah haji wajib hukumnya bagi yang mampu melaksanakan. "Namun kata mampu tersebut harus dimaknai dengan istithaah, yang artinya tidak hanya mampu dari aspek ekonomi dan agama, akan tetapi juga harus memperhatikan aspek fisik dan kesehatan CJH," ujar Ali Mukhni.


Ia mengulas istithaah sangat penting untuk di perhatikan bagi setiap warga negara yang akan menunaikan ibadah haji, karena untuk dapat melaksanakan seluruh rangkaian rukun ibadah haji kesehatan fisik dan mental merupakan salah satu modal utama.


"Oleh karena itu, menjadi kewajiban bersama antara pemerintah, Calon Jamaah Haji (CJH) dan masyarakat untuk mewujudkan istithaah kesehatan para jemaah melalui program pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji sejak jemaah haji mendaftar," tuturnya.


Rosidi Roslan Kepala Bagian Pusat kesehatan Haji Kemenkes mengatakan MoU tersebut dilakukan atas Implementasi Juknis Permemkes No.15 tahun 2016.


"Program pembinaan dan pemeriksaan kesehtan CJH ini merupakan upaya pencapaian indikator pelaksanaan program kesehatan haji," sebut Rosidi.


Ia juga mengatakan, Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu tempat pertama di indonesia dan satu-satunya di sumbar sebagai pilot project dalam program tersebut.


"MoU Melalui Dinkes dan Kemenag Padang Pariaman dengan Kemenkes RI ini dilakasnakan bertujuan agar pembinaan dan pemeriksaa kesehatan CJH nantinya lebih terintegrasi atas program lintas sektor," sambung Rosidi.


Aspinuddin Kadis Kesehatan Padang Pariaman mengatakan salah satu tujuan dari MoU tersebut adalah deteksi dini atas mental dan kesehatan CJH haji.


"Pemeriksaan dan pembinaan kesehatan yang di lakukan hari ini adalah untuk CJH 2018, dan merupakan yang pertama di laksanakan di Sumbar," kata Aspinuddin.


Ia juga mengatakan deteksi dini yang ada dalam program ini dapat juga mencegah hal- hal yang tak diinginkan.


"Salah satu sumbar dan CJH tahun ini ada yang batal berangkat dikarenakan gangguan jiwa berat padahal sudah akan diterbangkan ke Mekkah, kemudian ada juga 4 orang JCH (Jemaah Calon Haji) yang sedang menunaikan rukun ibadah haji dikembalikan ke kloternya oleh petugas medis di Arab Saudi dengan indikasi gangguan pernafasan akut," terang Aspinuddin.


Oleh karena itu lanjutnya melalui program ini, petugas kesehatan di daerah asal CJH akan lebih mudah melakukan pemeriksaan secara berkala jika ada indikasi penyakit di tubuh CJH.


"Apalagi dengan rentang 1 tahun , tentunya akan lebih intensif dalam pemeriksaan dan pengobatanpun akan lebih sempurna, sehingga tidak ada lagi CJH yang batal berangkat karena penyakit," tutup nya. (warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: metro,padang-pariaman,reliji,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Heboh! Temuan Mayat Wanita Tanpa Busana Terapung di Sungai Batang Agam Sumbar

Heboh! Temuan Mayat Wanita Tanpa Busana Terapung di Sungai Batang Agam Sumbar

AGAM - Masyarakat yang tinggal di sekitar bendungan Sungai Batang Agam tepatnya Jorong Kasiak, Nagari Magek, Kecamatan...

Ribuan Masyarakat Salingka Gunung Talang Solok Demo Tolak Proyek Panas Bumi

Ribuan Masyarakat Salingka Gunung Talang Solok Demo Tolak Proyek Panas Bumi

SOLOK - Tak kunjung ada kejelasan mengenai dampak lingkungan yang ditakutkan sebagian besar masyarakat salingka Gunung...

Fenomena Ekuinox akan Terjadi di Sumbar, Apa itu dan Kapan?

Fenomena Ekuinox akan Terjadi di Sumbar, Apa itu dan Kapan?

PADANG - Sumatra Barat merupakan salah satu daerah yang akan mengalami fenomena alam Ekuinox (equinox) pada Sabtu...

Sebanyak 537 Mahasiswa Baru UMSB Ikuti MASTA, Ini Pesan PW Muhammadiyah Sumbar

Sebanyak 537 Mahasiswa Baru UMSB Ikuti MASTA, Ini Pesan PW Muhammadiyah Sumbar

PADANG -- Sebanyak 537 mahasiswa baru program S-1 mengikuti masa taaruf (Masta) Mahasiswa baru di Universitas...

PSP Padang Lolos 8 Besar, Mahyeldi: Mari Dukung Pandeka Minang Muda

PSP Padang Lolos 8 Besar, Mahyeldi: Mari Dukung Pandeka Minang Muda

PADANG - Kabar cukup menggembirakan datang dari Bantul. PSP Padang yang sedang bertanding di ajang Liga Sepakbola...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu