minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Festival Silek Nusantara dan Internasional di Bukittinggi Diundur, Ini Alasannya

Selasa, 26 September 2017 - 19:32:42 WIB - 1170
Festival Silek Nusantara dan Internasional di Bukittinggi Diundur, Ini AlasannyaAksi Pandeka Silek Minang di Galanggang Silek Lanyah (foto: Mas Uda)

BUKITTINGGI - Berkaitan dengan padatnya kegiatan di Kota Bukittinggi, dapat dipastikan pelaksanaan Festival Silek Nusantara dan Internasional yang seharusnya dilaksanakan tanggal 11 Oktober 2017 nanti, diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan, karena pada waktu yang bersamaan di Kota Bukittinggi juga berlangsung Event Bukittinggi Expo dan Festival Multi Etnis.

Demikian ungkap Sekretaris Kota Bukittinggi Yuen Karnova saat memimpin Rapat Koordinasi Penyelenggara Festival Silek Nusantara dan Internasional pada Selasa (26/9) di Hall kantor Balaikota Bukit Gulai Bancah Bukittinggi. Rapat Koordinasi juga dihadiri Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Melvi Abra, Ketua IPSI Bukittinggi Herman Syofyan dan pihak terkait lainnya.

Yuen melanjutkan, selain kendala waktu, kepastian kehadiran 11 tamu undangan dari luar negeri pun belum bisa dipastikan. "Jika tetap dilaksanakan di lokasi semula yaitu di Lapangan Wirabraja, maka akan tidak kondusif. Penyelenggaraan Alek Festival Silek Nusantara dan Internasional ini merupakan iven besar, jadi tidak bisa terganggu dengan iven lainnya," ujarnya.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias juga sepakat dengan pengunduran acara. "Kita menginginkan iven Festival Silek ini semarak dan gebyar. Karena itu akan menjadi ajang promosi Bukittinggi yang lebih besar. Perlu dipersiapkan dengan matang dan pasti. Dan kita menginginkan Festival Silek itu berjalan seperti kondisi aslinya, sesuai unsur tradisional sebuah ajang festival silek. Sehingga lahir generasi pecinta silat tradisi. Kemudian Bukittinggi akan mengukir sejarah sebagai tempat berkumpulnya pesilat-pesilat dunia. Efeknya besar kepada semua sektor baik itu pariwisata, jasa dan perdagangan," ungkapnya.

Sebagai informasi, Festival Silek Nusantara dan Internasional bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta generasi muda kepada nilai-nilai tradisi dan silat. Selain akan menjadi ajang silaturahmi besar bagi pesilat dunia. Tentunya ini akan menjadi event besar dalam melestarikan nilai-nilai tradisi bakal dibanjiri pecinta silat tradisi dan perguruan silat di seantero Nusantara dan Dunia. Helat berskala internasional ini diyakini tidak hanya sekadar adu jurus bagi pesilat dunia, tetapi dalam rangka melestarikan nilai-nilai tradisi salah satunya silat. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,internasional,minangkabau,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Dua Unit Rumah di Bukittinggi Diamuk Si Jago Merah

Dua Unit Rumah di Bukittinggi Diamuk Si Jago Merah

BUKITTINGGI - Si Jago merah kembali mengamuk di Bukittinggi. Api yang membesar melahap dua unit rumah permanen dan semi...

Malam Puncak PBF, Ampangan Dipadati Pengunjung Dari Berbagai Negara

Malam Puncak PBF, Ampangan Dipadati Pengunjung Dari Berbagai Negara

PAYAKUMBUH - Musik etnik Minangapentagong berkolaborasi dengan Orkestra Simfoni Institut Seni Indonesia (ISI)...

Banjir Bandang dan Longsor di Solok, 1 Warga Hilang 2 Terluka Parah

Banjir Bandang dan Longsor di Solok, 1 Warga Hilang 2 Terluka Parah

SOLOK - Bencana alam banjir bandang dan longsor di dua Kecamatan di Kabupaten Solok, Sumatera Barat tidak saja...

Polda Sumbar dan BBPOM Padang Amankan 3900 Kg Mie Instan Kedaluwarsa

Polda Sumbar dan BBPOM Padang Amankan 3900 Kg Mie Instan Kedaluwarsa

PADANG - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Padang...

Peran Guru Tak Tergantikan Dalam Tentukan Masa Depan Bangsa

Peran Guru Tak Tergantikan Dalam Tentukan Masa Depan Bangsa

NASIONAL - Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya peran guru dalam menentukan masa depan bangsa Indonesia. Meskipun...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media