minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

PPL Dinas Pertanian Tanah Datar Nagari Tanjung Barulak Dinilai Lambat Tangani Keluhan Petani

Kamis, 28 September 2017 - 15:07:11 WIB - 667
PPL Dinas Pertanian Tanah Datar Nagari Tanjung Barulak Dinilai Lambat Tangani Keluhan PetaniKondisi padi petani yang baru berusia 2 bulan di Jorong Pintu Rayo Tanjung Barulak (terlihat kurus dan menguning)

TANAH DATAR - Salah seorang petani di Jorong Pintu Rayo, Nagari Tanjung Barulak, kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar, Agustin (58) satu bulan yang lalu terkejut, ketika tiba-tiba padi yang baru ia tanam mendadak terlihat seperti terkena penyakit.

Padi yang baru berumur 2 bulan yang di tanam Agustin, terlihat kurus dan menguning. Menyaksikan itu Agustin merasa cemas. Rasa cemas Agustin ini di ikuti oleh sebagian petani lainnya di Nagari Tanjung Barulak.

Kenapa tidak, karena petani lain merasa bisa saja penyakit atau hama yang menyerang batang padi Agustin dapat meluas kepada padi lain disekitarnya.

"Masalah penyakit padi amboko (red*saya ini) lah ambo sampaikan kepada PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Dinas Petanian sebulan yang lalu, namun tidak ada solusi atau jalan keluar yang diberikan PPL kepada kami. Bahkan sudah 3 kali kami melaporkan kepada PPL, kalau tidak salah nama PPLnya Oyong pak, " cerita Agustin kepada Minangkabaunews.

Dikatakan Agustin bahwa ia tidak tahu penyakit apa yang menyerang satu piring sawahnya itu. Jika ia tahu penyakit apa yang menyerang padinya itu pasti ia akan segera membeli obatnya. Namun karena keterbatasan ilmu pengetahuannya terhadap penyakit Padi, tentu bantuan dari PPL yang ada di Nagari Tanjung Barulak sangat ia harapkan.

"Minimal kita mendapat solusi pak, tentang apa kira-kira penyakit yang menyerang padi saya. Petani sekitar sawah saya juga cemas, jangan-jangan padi-padi mereka bisa saja terkena penyakit yang sama dengan sawah saya, jika tidak cepat di atasi, " cemas Agustin.

Aku Agustin setelah 3 kali melaporkan hal ini kepada PPL Nagari yang ada di Tanjung Barulak, sampai hari ini, Kamis (28/9/2017) ia belum mendapat petunjuk dari PPL tersebut.

"Minimal PPL memberitahu kepada kami pak apa obatnya, karena kami hanya petani biasa yang tidak paham dengan ilmu pertanian yang kian berkembang saat ini, " rintih Agustin.

Di tempat terpisah salah seorang tokoh Pemuda Tanjung Barulak Dedi Fayed (40) mengatakan bahwa lambatnya tindakan PPL mengatasi permasalahan ini, membuat petani sekitar Tanjung Barulak cemas. Dikhawatirkan penyakit yang di alami padi Agustin bisa saja menyebar ke sawah-sawah lain sekitar Tanjung Barulak.

"Jelas-jelas pemerintah pusat saat ini tengah mengiatkan Swasembada Pangan. Presiden Jokowi pernah menyampaikan bahwa diperlukan peran dari seluruh elemen mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, Gubernur, bupati/walikota sampai ke tingkat kepala desa, peneliti dan penyuluh untuk berperan aktif mewujudkan Swasembada Pangan di Indonesia, " ujar Dedi.

"Namun jika kinerja PPLnya seperti ini bisa-bisa padi kami di Tanjung Barulak juga terancam bernasib sama dengan sawah Agustin. Keluhan petani seharusnya dapat cepat direspon oleh PPL. Dan jika dibiarkan berlarut larut seperti ini bisa mengakibatkan Agustin mengalami gagal panen, sementara kita paham dari hasil sawah inilah rata-rata kami petani Tanjung Barulak menopangkan hidup, " tambah Dedi.

Sementara itu ditemui di kantornya, Ali Umar Koordinator Pengamat Hama Penyakit Dinas Pertanian Tanah Datar mengatakan bahwa ia sampai saat ini belum mendapat laporan tentang adanya penyakit aneh yang menyerang padi Agustin yang ada di Jorong Pintu Rayo Tanjung Barulak ini.

"Melihat inidikasi yang ada kemungkinan penyakitnya Tunggro atau Blas, namun itu harus segera juga kita teliti kelapangan untuk memastikannya pak, " ucap Ali.

Kadis Pertanian Darianto Sabir dihubungi melalui Ponsel mengatakan, bahwa ia belum mengetahui mengenai penyakit yang menyerang padi salah seorang warga Jorong Pintu Rayo Tanjung Batulak ini. Darianto mengatakan bahwa ia akan segera melakukan pengecekan kepada PPL yang ada di Nagari Tanjung Barulak. Ia mengatakan akan segera menyelesaikan permasalahan ini.

"Kita terus mendukung swasembada pangan untuk Tanah Datar, saya akan langsung mengecek permasalahan ini kepada anggota di bawah. " katanya

Setelah beberapa menit Kadis Pertanian Darianto menghubungi Minangkabaunews mengatakan bahwa apa yang di sampaikan petani bernama agustin itu bohong.

"Saya telah menghubungi anggota saya barusan, dan apa yang di sampaikan Agustin itu tidak benar, " tegas Darianto Sabir.(romeo)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: daerah,ekonomi,kuliner,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pembangunan Gedung KAN Tabek Patah, Peran Aktif Anggota DPRD Diapresiasi Ketua LKAAM Tanah Datar

Pembangunan Gedung KAN Tabek Patah, Peran Aktif Anggota DPRD Diapresiasi Ketua LKAAM Tanah Datar

TANAH DATAR - Kerapatan Adat Nagari Tabek Patah, segera memiliki bangunan Representatif. Kamis, (5/10/2017), pelatakan...

Diduga Rem Blong, Truk Bermuatan Tisu Terjun ke Jurang Lembah Anai

Diduga Rem Blong, Truk Bermuatan Tisu Terjun ke Jurang Lembah Anai

PADANG PANJANG - Laka Lantas kembali terjadi di wilayah hukum Polres Padang Panjang, kendaraan truk BK 8391 FA dari...

Sayap Partai Tommy Soeharto :  HUT TNI Kali ini Hadirkan Puncak Kepercayaan Rakyat Pada Tentara

Sayap Partai Tommy Soeharto : HUT TNI Kali ini Hadirkan Puncak Kepercayaan Rakyat Pada Tentara

NASIONAL - Ketua Umum DPP Patriot Organisasi Pagar Negeri (Perisai) Partai Berkarya Tri Joko Susilo S.H mengucapkan...

Semen Padang FC Siap Tampil Habis-habisan di Kandang Persela Lamongan

Semen Padang FC Siap Tampil Habis-habisan di Kandang Persela Lamongan

BOLA - Semen Padang FC punya tugas besar menghadapi Persela Lamongan dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion...

Baru Dilantik, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Dipolisikan Terkait Ucapan Pribumi

Baru Dilantik, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Dipolisikan Terkait Ucapan Pribumi

NASIONAL - Beberapa orang dari Banteng Muda Indonesia DKI Jakarta melaporkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu