minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Atribut Berlambang PKI Pernah Ditemukan di Tanah Datar

Sabtu, 30 September 2017 - 13:46:06 WIB - 1497
Atribut Berlambang PKI Pernah Ditemukan di Tanah DatarPemutaran Film G30S/PKI di Gaxebo Indojalito, tampak dari layar, kursor mouse masih berputar-putar mencari file/folder yang tepat

TANAH DATAR - Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya pada gelaran nonton bareng (Nobar) film G30S/PKI Jumat malam, (29/9/2017) bertempat di Gazebo, Gedung Indojalito, mengatakan bahwa Atribut yang berlambang PKI pernah ditemukan di Tanah Datar berdasarkan data Intel Kodim dan Polres.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati sebelum diputarnya Film G30 S/ PKI, yang dihadiri ratusan masyarakat Tanah Datar malam hari itu. Namun tak dijelaskan secara rinci oleh Bupati dalam sambutannya itu, kapan dan dimana atribut tersebut ditemukan di daerah Tanah Datar.

Antusias masyarakat Tanah Datar, Sumatera Barat menyaksikan pemutaran film sejarah ini terlihat tinggi. Pemutaran film tersebut dikatakan Bupati sebagai wujud untuk mengenang sejarah yang pernah ada di Indonesia.

Tampak ratusan anak-anak menghadiri pemutaran film malam itu. Namun lepas dari hal ini, ketika film akan dimulai seolah tampak ketidaksiapan panitia mengelar pemutaran film malam itu.

"hahaha, lai ndak tatuka filmnyo beko (red*mudah-mudahan filmnya tidak tertukar), " celetuk salah seorang penonton saat operator masih memilih-milih file/folder mana dari program PCnya yang memuat film G30s/PKI.

Kursor mouse terlihat jelas dari layar proyektor yang terpajang besar di depan para penonton. kursor Mouse terus berputar-putar hingga menghabiskan waktu beberapa menit memilih-milih dan mengelilingi file/folder yang ada.

Sampai akhirnya operator yang memutar film malam itu menemukan file/folder yang tepat isinya dengan tema yang akan diputar.

Permasalahan Lightning/pencahayaan pun belum terkonsep dengan jelas, karena saat pemutaran film tersebut selama beberapa menit, panitia masih disibukkan dengan mematikan lampu-lampu dari gedung yang ada di Indojalito agar film yang dikeluarkan dari Infocus ke layar monitor dapat terlihat jelas.

"Matikan lampu dapur, matikan lampu dapur, bikin silau layar," teriak salah seorang yang hadir malam itu.

Namun tanggapan positif juga disampaikan oleh salah seorang penonton.

"Bagus, kita apresiasi apa yang di lakukan Pemkab malam ini, dengan mengelar pemutaran film G30s/PKI. Karena memang selayaknyalah masyarakat harus tahu dan diberi tahu tentang sejarah negara kita. Dari film ini kita tahu betapa kejamnya PKI saat itu," sampai penonton yang mengaku bernama Dedi (42).

Selepas pemutaran Film G30S/PKI, Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, SH di konfirmasi mengenai pernyataan Bupati yang mengatakan bahwa di Tanah Datar pernah ditemukan Atribut/lambang PKI. AKBP. Bayuaji menyatakan, bahwa hal itu tidak dapat diabaikan begitu saja.

"Pihak Pemerintah Daerah harus terus mewaspadai munculnya bahaya laten komunis kepermukaan, khususnya di Tanah Datar. Koordinasi aktif dengan Forkompimda harus galakkan, seperti tindakan/antisipasi nyata apa yang harus dilakukan kedepan. Ini harus dikonsep dengan baik, dan dibicarakan bersama. Terutama dengan Kodim 0307, kejaksaan dan Kepolisian serta pimda lainnya," ujarnya.

"Hal ini dalam rangka mencegah tumbuh berkembang bibit-bibit yang mungkin ada, serta menyelamatkan generasi penerus dari faham dan bahaya laten Komunis yang sangat membahayakan keutuhan Pancasila," tambah AKBP. Bayuaji.(romeo)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: pendidikan,peristiwa,reliji,sumatra-barat,tanah-datar,teknologi

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

KPU Padang Luncurkan Aplikasi SiPadlih Gudangnya Informasi Pilkada 2018

KPU Padang Luncurkan Aplikasi SiPadlih Gudangnya Informasi Pilkada 2018

PADANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang telah meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pemilihan (SiPadlih) untuk...

Satu Kedai Habis Dilalap Sijago Merah di Rambatan Tanah Datar, 1 Mobil Ikut Ludes

Satu Kedai Habis Dilalap Sijago Merah di Rambatan Tanah Datar, 1 Mobil Ikut Ludes

TANAH DATAR - Satu unit kedai sekaligus tempat tinggal Narlius (57) di Dusun Pulau Jorong Piliang Bendang Nagari...

Sikapi Laporan Orang Tua Dugaan Pelecehan Seksual Siswi SD di Padang, Ini Reaksi Mengejutkan Kepsek

Sikapi Laporan Orang Tua Dugaan Pelecehan Seksual Siswi SD di Padang, Ini Reaksi Mengejutkan Kepsek

PADANG - Dua Oknum Satpam sekolah dasar Islam di Padang berinisial T dan R, yang diduga telah mencabuli anak dibawah...

Semen Padang FC Siap Tampil Habis-habisan di Kandang Persela Lamongan

Semen Padang FC Siap Tampil Habis-habisan di Kandang Persela Lamongan

BOLA - Semen Padang FC punya tugas besar menghadapi Persela Lamongan dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion...

Dinkes Padang Pariaman Kembali Canangkan Minum Obat Filariasis

Dinkes Padang Pariaman Kembali Canangkan Minum Obat Filariasis

PADANG - Sejumlah petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Pariaman kembali membagikan obat pencegah penyakit...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu