minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariaman

ASN di Pariaman Wajib Laporkan Harta Kekayaan

Selasa, 03 Oktober 2017 - 17:57:39 WIB - 186
ASN di Pariaman Wajib Laporkan Harta KekayaanSosialisasi laporan harta kekayaan ASN Pemko Pariaman di Balairung rumah dinas Walikota Pariaman, Selasa (3/10).

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman adakan sosialisasi laporan harta kekayaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tatacara pengisiannya, yang dilaksanakan oleh inspektorat bertempat di Balairung rumah dinas Walikota, pada Selasa (3/10).

Dalam hal ini Walikota Pariaman yang di wakili oleh Sekdako. Pariaman Indra Sakti mengatakan, bahwa dengan Sosialisasi Laporan Harta Kekayaan ASN, Pemerintah dapat memantau dan mengawasi, bahwa harta dan kekayaan ASN tersebut, sesuai dengan ketentuan, karena itu, pengisiannya harus dilakukan dengan teliti dan benar, sehingga tidak ada ketimpangan dan kecurigaan di kemudian hari.

"ikuti dan pahami sosialisasi ini dengan baik, dan tanyakan apa yang belum dimengerti, agar laporan Harta Kekayaan yang kita miliki, dapat terindetivikasi dengan wajar, agar tidak terjadi temuan dikemudian hari," ujarnya.

Aparatur Sipil Negara Harus melaporkan seluruh Harta kekayaan yang mereka miliki, baik sendiri, maupun sebagai suami dan istri yang ASN, sehingga seluruh harta kekayaan yang mereka miliki, terdata dan terlaporkan dengan baik.

"Kewajiban kita untuk melaporkan harta kekayaan yang kita miliki dan pemahaman tentang konsekuensinya dalam hukum pidana, sehingga dapat mengurangi dan langkah pencegahan tindakan korupsi pada ASN kita," tuturnya.

Dalam pemaparan dari Narasumber acara ini, Sekretaris Pimpinan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Herlyn Sukmawati mengatakan bahwa sekecil apapun kekayaan yang kita miliki, harus dilaporkan , biarpun dari segi administrasi, kekayaan tersebut bukan atas nama kita.

"Kita memiliki kendaraan atau apapun bentuknya, yang kita pakai, tetapi belum balik nama, itu juga mesti kita laporkan, sehingga nantinya pendataan harta kekayaan yang dimiliki, tidak mengalami kenaikan secara signifikan di tahun-tahun berikutnya," ungkapnya.

Herlyn juga mengatakan bagi pasangan suami dan istri yang ASN, harus sama pelaporan harta kekayaannya, karena kekayaan suami adalah kekayaan istri, dan begitupun sebaliknya.

"Laporan ASN yang suami dan istri harus balance, kalau laporan kekayaannya berbeda, maka akan menjadi sebuah temuan dan pertanyaan dari pemeriksa nantinya," tutupnya.

Acara ini diikuti oleh 98 orang peserta Sosialisasi, dengan rincian 38 orang Kepala OPD, 16 orang Lurah, dan 46 orang Kepala UPT di Kota Pariaman. Herlyn juga membuka sesi tanya jawab kepada ASN Pemko Pariaman yang hadir, sehingga mereka paham dan memahami apa yang mesti dilaporkan dan cara pengisian formulir laporan harta kekayaan yang benar. (rel/warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,metro,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

DPRD Tanah Datar Setujui Ranperda APBD P 2017 Menjadi PERDA

DPRD Tanah Datar Setujui Ranperda APBD P 2017 Menjadi PERDA

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar menggelar rapat paripurna pendapat akhir terhadap Ranperda...

Pakai Baju Adat Minang, Zaskia Sungkar Malah Dikritik

Pakai Baju Adat Minang, Zaskia Sungkar Malah Dikritik

SHOWBIZ - Zaskia Sungkar mengunggah video dirinya saat sedang mengenakan baju adat Sumatera Barat. Lengkap dengan...

Hermina Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp60 Milyar di Padang

Hermina Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp60 Milyar di Padang

PADANG - Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah meletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Hermina Padang di kawasan...

Banjir Terjang Pasaman Barat, 17 Rumah Rusak, 1 Hanyut dan 160 KK Mengungsi

Banjir Terjang Pasaman Barat, 17 Rumah Rusak, 1 Hanyut dan 160 KK Mengungsi

PASAMAN BARAT - Banjir yang menerjang pemukiman di Jorong Kampung Baru, Kecamatan Ranah Batahan, Pasaman Barat,...

Gatot Nurmantyo dan Tito Karnavian Masuk Bursa Cawapres Potensial Jokowi?

Gatot Nurmantyo dan Tito Karnavian Masuk Bursa Cawapres Potensial Jokowi?

POLITIK - Dua pimpinan lembaga yang memegang senjata, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Tito...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu