minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Nagari Tabek Patah Paduan Keindahan Alam Minangkabau, Kuliner dan Wisata Agro

Kamis, 05 Oktober 2017 - 16:51:34 WIB - 780
Nagari Tabek Patah Paduan Keindahan Alam Minangkabau, Kuliner dan Wisata AgroIrman Zali Chaniago Ketua IKTPS Riau (Ikatan Keluarga Tabek Patah dan sekitarnya), saat berada di Panorama Tabek Patah

TANAH DATAR - Tak lengkap kunjungan wisata anda jika belum singgah di Panorama yang berada di Nagari Tabek Patah, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, (Sumbar).


Masyarakat Nagari Tabek Patah mulai berbenah menata objek wisata yang ada di Nagari itu. Dengan dukungan para parantau, Niniak Mamak, Alim Ulama, cadiak Pandai, perangkat Nagari dan masyarakat, nagari Tabek Patah segera akan menjadi tujuan Wisata para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.



Udara nan sejuk serta pesona alamnya yang menyajikan keindahan alam khas Minangkabau akan memanjakan mata dan jiwa para wisatawan.



Salah seorang tokoh pemuda Tabek Patah "Depi" (38) yang telah banyak berbuat untuk nagarinya, sampai akhirnya wisata yang ada dulunya seolah mati suri kini pesona keindahan mulai mengeliat.



"Pengunjung dan Wisatawan akan kita suguhi minuman khas "Kawa Daun". Kekhasan cita rasa dari kawa daun Tabek Patah ini telah terkenal seantero dunia, sulit ditandingi, " ujar Depi Kamis (5/10/2017).



Dikatakan Depi bahwa banyak sejarah perjuangan dulunya di nagari Tabek Patah, semua perlahan akan dimunculkan.


"Kami pemuda Nagari terus membesarkan Tabek Patah bersama tokoh masyarakat, niniak mamak, cadiak pandai akhirnya beberapa objek wisata spektakuler telah hadir di Nagari ini, " tutur Depi.



Lanjutnya, saat ini para wisatawan telah dapat menikmati keindahan alam Panorama Tabek Patah, objek wisata batu badindiang dan talago aia taganang serta Agro wisata yang ada di Tabek Patah kedepannya akan menjadi andalan wisata yang mempunyai nilai jual.



"Pemandangan alam dengan udara yang sejuk serta pesona rumah pohon, pohon cinta dan pohon Bintang akan membuat para wisatawan betah berkunjung ke Tabek Patah. Disamping masyarakat Tabek Patah yang sejak dahulu telah dikenal dengan keramah tamahannya," cerita Depi.



Salah seorang tokoh Perantau nagari itu, Irman Zali Chaniago yang juga merupakan Ketua IKTPS (Ikatan Keluarga Tabek Patah dan sekitarnya) wilayah Riau terpisah mengatakan bahwa para perantau saat ini secara bersama-sama berkomitment untuk membangun Nagari.



"Banyak hal yang menjadi perhatian kita, para perantau tak akan pernah melupakan nagari Tabek Patah ini. Karena kami tumbuh dan besar disini, " ujarnya.



Salah satu program bagi masyarakat Tabek Patah yang saat ini terus diupayakan perantau saat ini adalah pengentasan kemiskinan. Selain terus mendukung upaya pemuda dan masyarakat menggalakan objek wisata dan kulinernya, mengembangkan perkebunan juga merupakan prioritas.



"Sesuai dengan alam yang sangat ramah di Tabek Patah ini, kami perantau bermaksud akan memberikan bantuan bibit kepada warga kurang mampu yang ada disini. Bibit yang menjadi pilihan nanti adalah kopi, coklat atau pokat , " ungkap pria yang juga tergabung dalam Komunitas Riau Fortuner Hilux ini.



"Perlu kembali saya ingatkan bahwa Tabek Patah juga kenal dengan Kulinernya yang memiliki ciri khas cita rasa yang tak di temukan di tempat lain," tutup Irman.(romeo)




Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: ekonomi,indonesia,kuliner,minangkabau,otomotif,pariwisata,seni-budaya,sumatra-barat,tanah-datar,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Menteri BUMN Rini Soemarno Pastikan Jalan Tol Padang-Bukittinggi Rampung 2019

Menteri BUMN Rini Soemarno Pastikan Jalan Tol Padang-Bukittinggi Rampung 2019

PADANG PARIAMAN - Menteri BUMN Rini Soemarno menggelar kunjungan kerja ke Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat...

Kawasan Gunung Padang Dijual ke 378 Investor Asing

Kawasan Gunung Padang Dijual ke 378 Investor Asing

PADANG - Kawasan Gunung Padang yang sungguh memikat itu akan "dijual". Destinasi yang disebut sebagai Kawasan...

Ini Penjelasan BMKG Terkait Cuaca Buruk di Sumatera Barat

Ini Penjelasan BMKG Terkait Cuaca Buruk di Sumatera Barat

PADANG - Kepala Stasiun Metereologi Minangkabau mengatakan potensi terjadinya cuaca buruk dengan curah hujan intensitas...

Ini Ungkapan Pelaku Wisata se-Indonesia Ketika Berkunjung ke Lembah Harau

Ini Ungkapan Pelaku Wisata se-Indonesia Ketika Berkunjung ke Lembah Harau

LIMA PULUH KOTA - Puluhan pelaku wisata dari berbagai daerah di Indonesia berkunjung ke Lembah Harau, Kabupaten Lima...

Danrem 032 WBR: Kenaikan Pangkat adalah Penghargaan dan Amanah

Danrem 032 WBR: Kenaikan Pangkat adalah Penghargaan dan Amanah

PADANG - Kenaikan pangkat pada hakekatnya adalah wujud penghargaan negara dan TNI kepada para prajuritnya, atas...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu