minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang

PWA Sumbar: Film NAD Ini Bangkitkan Semangat Juang dan Menguras Air Mata

Senin, 09 Oktober 2017 - 15:04:11 WIB - 373
PWA Sumbar: Film NAD Ini Bangkitkan Semangat Juang dan Menguras Air MataAisyiyah Sumbar Nobar Nyai Ahmad Dahlan the movie

PADANG - PW Aisyiyah Sumbar bersama MPI PWM Sumbar mengadakan nonton bareng (Nobar) film Nyai Ahmad Dahlan di Bioskop XXI Plaza Andalas, Padang Sumatera Barat, Ahad, (8/10/2017) kemaren siang.

"PWA Sumbar mengadakan kegiatan ini untuk kader Muhammadiyah-Aisyiyah yang ingin nobar walaupun tidak tayang lagi," ungkap Ketua Majelis Tabligh PW Aisyiyah Sumbar Yulintidar yang didampingi Sekretaris Majelis Tabligh PWA Sumbar Mulyati Jabir.

Film ini bercerita tentang perjuangan Siti Walidah atau Nyai Ahmad Dahlan, sang pendiri organisasi perempuan Aisyiyah yang menjadi organisasi perempuan Muhammadiyah.

Menurut Yulintidar, Nyai Ahmad Dahlan adalah sosok pendiri gerakan perempuan Sopo Tresno yang kemudian berganti nama menjadi Aisyiyah.

"Aisyiyah sebagai organisasi pergerakan perempuan Muslim yang telah banyak mendirikan institusi pendidikan, kesehatan, dan sosial. Termasuk juga universitas yang dikelola secara mandiri dan profesional oleh perempuan," jelas Yulintidar.

Yulintidar menambahkan, Aisyiyah juga mendirikan rumah-rumah untuk kaum miskin dan anak yatim perempuan. Bersama Organisasi Aisyiyah, Nyai Ahmad Dahlan juga mendirikan sekolah-sekolah putri dan asrama. Bahkan, sebelum kemerdekaan Aisyiyah malah sudah menerbitkan majalah perjuangan bagi perempuan di Indonesia yang bernama Soera Aisjijah.

Ketua Pimpinan Wilayah Nasiyatul Aisyiyah Sumbar 2013-2016 Delvina menuturkan, banyak pesan juga hal positif dari film ini. "Film ini bisa menambah semangat untuk berjuang kalangan perempuan," ujar Delvina yang juga Wakil SekretariS PWA Sumbar

Delvina mengatakah, hikmah dari menonton film Nyai Ahmad Dahlan ini banyak sekali. Mulai dari perjuangan hingga tawakal kepada Allah. "Bahwa tidak ada yang melebihi dari segalanya terkecuali ridha Allah. Jika kita pasrah, ridho terhadap ketetapan Allah. Pasti Allah yang menolong kita," ungkap Delvina.

Delvina menambahkan bawa film Nyai Ahmad Dahlan itu bagus dan banyak manfaat yang dapat diambil hikmahnya. "Filmnya bagus, dan hikmah yang dapat diamil itu banyak, khususnya bagi kader-kader Muhammadiyah jadi lebih semangat seperti dicontohkan dalam film. KH Ahmad Dahlan begitu semangat dalam memperjuangkan Muhammadiyah dan Aisyiyah," katanya.

Wakil Sekretaris MPI PWM Sumbar Rahmat Ilahi mengungkapkan bahwa sepanjang film tersebut sangatlah mengharukan. "Saya yakin para ibu-ibu muda sangat bersemangat untuk melakukan perjuangan dalam dakwah islam dan membangun negara," tandasnya.

Rahmat Ilahi berpesan mudah-mudahan pesan dari film Nyai Ahmad Dahlan bisa sampai kepada seluruh kader Muhammadiyah maupun kepada anak bangsa Indonesia khususnya masyarakat umum. Karena, menurut Rahmat film tersebut patut diteladani sebagai perjuangan kaum perempuan.

Nyai Ahmad Dahlan lahir di Kauman Yogyakarta pada tanggal 3 Januari 1872, dan wafat pada tanggal 31 Maret 1946.

Istri KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah ini ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 10 November 1971 dengan Surat Keputusan Presiden no 42/TK Tahun 1971. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: minangkabau,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

AMM Sumbar Gelar Silaturahim dan Diskusi Bersama KPAI dan Pengusaha Muda Minang

AMM Sumbar Gelar Silaturahim dan Diskusi Bersama KPAI dan Pengusaha Muda Minang

PADANG - Silaturahim Angkatan Muda Muhammadiyah Sumbar bersama Komisioner KPAI Jasra Putra dan Pengusaha muda Minang di...

 Hotel Minang Jaya Gelar Grand Opening

Hotel Minang Jaya Gelar Grand Opening

PADANG PARIAMAN - Hotel Minang Jaya Syariah menggelar grand opening di Sungai Abang Lubuk Alung, Kabupaten Padang...

Gerakan Anak Negeri Minta Anies-Sandi Berkomitmen Tegas Tolak Reklamasi Teluk Jakarta, Ini Alasannya

Gerakan Anak Negeri Minta Anies-Sandi Berkomitmen Tegas Tolak Reklamasi Teluk Jakarta, Ini Alasannya

JAKARTA - Gerakan Anak Negeri (GAN) Dalam keterangan persnya Kamis (12/10/2017) menolak reklamasi Teluk Jakarta dan...

Narasumber Dari Empat Negara di Dunia Akan Hadir Dalam Konferensi Internasional II IAIN Batusangkar

Narasumber Dari Empat Negara di Dunia Akan Hadir Dalam Konferensi Internasional II IAIN Batusangkar

TANAH DATAR - Menindak lanjuti BIC ( Batusangkar International Confrence) pertama. Maka Sabtu dan Minggu (14 - 15...

Musda HIPMI Nyaris Ricuh, Verifikasi Sertifikat Diklatda Caketum Dipertanyakan

Musda HIPMI Nyaris Ricuh, Verifikasi Sertifikat Diklatda Caketum Dipertanyakan

PADANG - Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumatera Barat di skors. Dua pendukung...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu