minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Genjot Pariwisata, Bukittinggi Gelar Seni dan Budaya Multi Etnis di Jam Gadang

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 16:41:02 WIB - 317
Genjot Pariwisata, Bukittinggi Gelar Seni dan Budaya Multi Etnis di Jam GadangPagelaran seni budaya multi etnis di pedestrian Jam Gadang Bukittinggi, Jumat malam (13/10)

BUKITTINGGI - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 233 tahun, tanggal 22 Desember 2017, Pemerintah Kota Bukittinggi melalui kantor dinas pariwisata pemuda dan olahraga mengadakan pagelaran Seni dan Budaya "Multi Etnis" yang dilangsungkan di pedestrian Jam Gadang, Jumat malam (13/10) yang dilangsung dibuka Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Asman Abnur.

Pagelaran itu dihadiri Shadiq Pasadigoe, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, Wakil Walikota Bukittinggi, H.Irwandi, Setdako Bukittinggi, Yuen Karnova, ketua DPRD Kota Bukittinggi, Beny Yusrial, ketua TP-PKK Kota Bukittinggi, Forkopinda Kota Bukittinggi dan undangan lainnya.

Menteri PAN RB Asman Abnur mengatakan , industri yang akan berkembang kedepannya yaitu industri pariwisata, Pemerintah Indonesia mentargetkan tahun 2019 lebih kurang 20 juta orang wisatawan akan datang ke Indonesia.

"Seandainya 10 pesen saja datang ke kota Bukittinggi, itu lebih kurang 2 juta orang wisatawan, dipesankannya kota Bukittinggi konsentrasi saja pada industri pariwisata, nantinya akan menambah pendapatan aset daerah (PAD)," ucap Asman Abnur.

"Untuk menampung wisatawan yang datang, sudah seharusnya kota Bukittinggi menambah kamar hotel, karena kota Bukittinggi sebagai kota kunjungan wisatawan, sehingga wisatawan yang datang mendapatkan kamar hotel untuk beristirahat guna berlibur di kota Bukittinggi, undang investor untuk mendirikan hotel bintang 5, karena kedepannya ada industri Mice, kota Bukittinggi dengan suasana dan udara yang sejuk ditambah lagi dengan banyak objek wisata," tutur Asman Abnur.

Sedangkan Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias dalam sambutannya mengatakan dengan senang Menteri PAN RB datang ke Bukittinggi dan Wako pun meminta agar Menteri PAN RB membuka acara ini, lanjut Wako Ramlan menyampaikan bahwa seminggu lalu telah pula diadakan festival "Bukittinggi Fashion Look", salah satu festival itu adalah pembuatan bordir kerancang yang diikuti sebanyak 500 orang pengrajin dengan menggunakan mesin jahit lama.

Disamping itu ada juga kegiatan-kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan nantinya dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Bukittinggi ke 233 tahun tepatnya tanggal 22 Desember.

"Dengan diadakannya festival seni budaya multi etnis, tentunya kita yang kaya akan seni budaya bermacam-macam etnis dalam Bhineka Tunggal Ika, penampilan seni budaya inilah yang kita tampilkan kepada masyarakat kota Bukittinggi," kata Ramlan.

Sementara itu Kepala dinas Parpora Bukittinggi, Erwin Umar dalam laporannya mengatakan, kegiatan pagelaran ini bertujuan untuk memberikan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya kota Bukittinggi sendiri, Nusantara dan juga Mancanegara.

"Kegiatan ini sebagai ajang perkembangan ekonomi kreasi dalam menunjang pariwisata, perwujudan sebagai kota pariwisata sesuai misi visi Walikota Bukittinggi, mendatangkan tamu wisata dan manfaat yang bisa dirasakan dalam efek multi buyer," katanya.

Kegiatan pagelaran ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 13 hingga 15 Oktober 2017 dengan pembiayaan dana APBD kota Bukittinggi serta sponsorship, adapun yang mengikuti pagelaran ini terdiri dari seni budaya etnis di nusantara, seperti Nias, Jawa, Melayu Riau, Tapanuli, Batak, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan dai mancanegara, etnis Jepang serta India. (Iwan Susanto)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,indonesia,internasional,nasional,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Malam Ini, Longsor Tutupi Akses Jalan Baso Agam Menuju Batusangkar

Malam Ini, Longsor Tutupi Akses Jalan Baso Agam Menuju Batusangkar

AGAM - Bencana longsor menerjang sarana jalan penghubung Baso menuju Batusangkar di Jorong Batu Taba, Nagari Koto...

RS Achmad Muchtar Bukittinggi Nyaris Terbakar

RS Achmad Muchtar Bukittinggi Nyaris Terbakar

BUKITTINGGI - Api berkobar di lantai atas Rumah Sakit Achmad Muchtar (RSAM) Kota Bukittinggi, mendengar adanya api...

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Buka MTQ Nasional ke-37 Tingkat Sumatera Barat

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Buka MTQ Nasional ke-37 Tingkat Sumatera Barat

PARIAMAN - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin resmi membuka MTQ Nasional XXXVII tingkat Sumbar di Mimbar Utama...

Pasca Kebakaran, Akhirnya Penampungan Sementara Pedagang Pasar Atas Bukittinggi Disepakati

Pasca Kebakaran, Akhirnya Penampungan Sementara Pedagang Pasar Atas Bukittinggi Disepakati

BUKITTINGGI - Akhirnya Pemerintah Kota dan Forkopinda Bukittinggi menyepakati untuk tempat penampungan...

Cegah Kekerasan dan Eksploitasi Terhadap Anak, Pemkab Advokasi Camat dan Walnag Se-Kabupaten Pasaman

Cegah Kekerasan dan Eksploitasi Terhadap Anak, Pemkab Advokasi Camat dan Walnag Se-Kabupaten Pasaman

PASAMAN - Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Republik Indonesia, adakan kegiatan advokasi dan sosialisasi...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu