minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Menteri BUMN Rini Soemarno Pastikan Jalan Tol Padang-Bukittinggi Rampung 2019

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 22:07:24 WIB - 1271
Menteri BUMN Rini Soemarno Pastikan Jalan Tol Padang-Bukittinggi Rampung 2019Kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno ke Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (14/10)

PADANG PARIAMAN - Menteri BUMN Rini Soemarno menggelar kunjungan kerja ke Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (14/10/2017). Kedatangan Rini untuk memastikan pembangunan jalan tol Padang-Sicincin-Bukittinggi rampung pada tahun 2019

"InsyaAllah jalan tol Padang-Bukittinggi akan rampung semester pertama 2019," tegas Rini ketika menghadiri land clearing jalan tol di Sicincin, Padang Pariaman, Sumbar, Sabtu (14/10/2017).

Kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Wakil Bupati Suhatri Bur dan jajaran Direksi PT. Hutama Karya selaku kontraktor utama dan tokoh masyarakat setempat Datuak rajo ameh.

"Terima kasih kepada masyarakat yang telah mehibahkan lahan untuk pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru. ini artinya masyarakat memang sangat menginginkan pembangunan jalan tol ada di Sumatera Barat, Padang Pariaman khususnya, adapun fase awal pembangunan jalan tol dimulai dari Padang-Sicincin," kata Rini.

BACA JUGA: Sebelum Lebaran 2019, Ruas Tol Padang-Sicincin Sudah Dapat Berfungsi

Rini mengungkapkan pada tahap rencana pembangunan jalan tol sepanjang 29 kilometer tersebut telah pernah ditender namun tidak ada yang berminat, hingga pada akhirnya pengerjaan diserahkan kepada PT. Hutama Karya selaku BUMN.

"Sesuai dengan intruksi Presiden, saya ditugaskan membangun jalan tol Padang-sicincin, hal ini didukung keinginan masyarakat yang telah menghibahkan lahan 20 KM x 34 meter sehingga pembangunan dapat berjalan aman dan lancar," sebutnya.

Rini mengatakan Dukungan masyarakat yang telah menghibahkan lahannya merupakan suatu hal yang sangat luar biasa yang menginginkan adanya jalan tol Padang-Pekanbaru.

"Pada tahap awal kita berencana hanya membangun tol Padang-Sicincin, namun setelah mempertimbangkan dalam hal mengejar target, maka dilanjutkan hingga ke Bukittinggi karena Bukittinggi merupakan kota pariwisata sehingga sangat baik untuk Sumatera Barat dan dari segi pembangunan jalan tol ini, Pak Jokowi berharap pertumbuhan ekonomi juga meningkat, karena aktifitas pengangkutan orang dan barang nantinya akan bertambah lancar," pungkas Rini.

"Jalan Padang menuju Sicincin sejauh 60 km x 29 dan diyambah 41 km menuju Bukittinggi dengan nilai investasi 100 milyar/km," ujarnya

Rini mengakui untuk target jalan tol hingga Bukittinggj belum bisa dipenuhi pada tahun 2017, namun dia memastikan tahun 2017 ini jalan Padang-Sicincin rampung dulu, tentunya diiringi dengan cepatnya proses pembebasan lahan, sehingga pembangunan langsung bisa dikebut dibeberapa titik. "Pembangunan dimulai dari Padang dan Sicincin juga jalan, sehingga dengan bersamaan proses pengerjaanpun cepat dan bisa selesai tepat waktu, meskipun setiap titik pengerjaan dikerjakan oleh kontraktor yang berbeda," papar Rini.

Rini Soemarno menargetkan bahwa untuk jalan tol ruas jalan tol Padang-Sicincin-Bukit Tinggi, akan selesai pada semester 1 tahun 2019 sebelum Hari Raya Idul Fitri. (Warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,nasional,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pembalap Jerman Robert Muller Juara Etape I Tour de Singkarak (TdS) 2017

Pembalap Jerman Robert Muller Juara Etape I Tour de Singkarak (TdS) 2017

PADANG - Tour de Singkarak (TdS) 2017 etape I berhasil disabet oleh pembalap sepeda asal Jerman, Robert Muller dari tim...

Pakar Ilmu Kelautan ITB: Reklamasi Ini Tidak Melindungi Jakarta Malah Menenggelamkan

Pakar Ilmu Kelautan ITB: Reklamasi Ini Tidak Melindungi Jakarta Malah Menenggelamkan

NASIONAL - Pakar Ilmu Kelautan Institut Teknologi Bandung (ITB) Muslim Muin menegaskan, agar Reklamasi tidak perlu...

Dikritik Fahri Hamzah Soal Pernikahan Puterinya, Ini Jawaban Jokowi

Dikritik Fahri Hamzah Soal Pernikahan Puterinya, Ini Jawaban Jokowi

NASIONAL - Pesta pernikahan puteri Presiden Jokowi Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution dikritik Wakil Ketua DPR Fahri...

Forkopimda Lakukan Pertemuan Dengan Keluarga Ahli Waris yang Menyegel SD 26 dan SMP 2 Batusangkar

Forkopimda Lakukan Pertemuan Dengan Keluarga Ahli Waris yang Menyegel SD 26 dan SMP 2 Batusangkar

TANAH DATAR - Kamis (9/11/2017), setelah para murid masuk kesekolah mereka kembali, Pemkab diwakili Wabup Zuldafri...

Kenapa Zakir Naik Jadi Tersangka Terorisme di India?

Kenapa Zakir Naik Jadi Tersangka Terorisme di India?

INTERNASIONAL - Dokter sekaligus pendakwah asal India, Zakir Abdul Karim Naik, tersandung masalah di negerinya karena...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu