minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Video

Rawan Bencana, PMI Kota Bukittinggi Gelar Simulasi Kesiapsiagaan, Berikut Videonya

Minggu, 15 Oktober 2017 - 19:18:21 WIB - 428
Rawan Bencana, PMI Kota Bukittinggi Gelar Simulasi Kesiapsiagaan, Berikut VideonyaSimulasi penaganan bencana gempa bumi oleh PMI Kota Bukittinggi, Sabtu (14/10)

BUKITTINGGI - Kota Bukittinggi merupakan salah satu kawasan rawan bencana alam. Oleh karena itu masyarakat dituntut untuk meningkatakan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, PMI Kota Bukittinggi mengadakan simulasi bencana gempa bumi berlangsung selama 10 hari, dimulai dari tanggal 5 hingga 15 Oktober 2017

Kronologi simulasi bencana sebagai berikut Markas PMI Kota Bukittinggi setelah menerima informasi dari saluran radio yang standby, secara sigap dan cekatan semua relawan melakukan tindakan di markas, terlebih dahulu sebelum menuju tempat lokasi bencana, masing-masing relawan dengan kesiapsiagaannya setelah melapor pada bagian penanggulan bencana, langsung mempersiapkan pelengkapan-perlengkapan yang nantinya akan dipergunakan di lokasi bencana.

Dengan menggunakan kendaraan PMI Kota Bukittinggi yang terdiri dari kendaraan ambulance dan kendaraan lainnya bergerak menuju tempat lokasi terjadinya bencana. Relawan-relawan PMI Kota Bukittinggi yang sudah terlatih dengan profesional, sebelum melakukan gerakan di bidangnya masing-masing, relawan-relawan tersebut melapor pada posko induk yang ada di lokasi untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya.

Setelah mendapat pengarahan dari pos induk, relawan-relawan PMI Kota Bukittinggi langsung melakukan membuka tenda darurat, dan ada juga yang langsung mencari korban guna pertolongan pertama. Sewaktu menolong korban, terdapat korban terhimpit batu yang sudah banyak mengeluarkan darahnya, relawan PMI Kota Bukittinggi memberikan pertolongan pertama.

Dalam kepanikkan akibat gempa, sempat pula warga masyarakat bersitegang dengan relawan yang sedang bekerja menolong korban, dengan keramahan relawan memberikan pengertian kepada warga masyarakat itu agar tenang, karena kami sedang melakukan tindakan pertolongan.

Disamping itu ada juga warga masyarakat yang minta tolong karena keluarganya hilang sewaktu terjadi gempa, dengan kesigapannya dalam menangani pertolongan, sebagian relawan sebelum mencari jejak keluarga korban yang hilang, terlebih dahulu menanyakan indetitas keluarga yang hilang.

Hal tersebut diatas adalah simulasi pertolongan jika terjadi bencana gempa di suatu daerah, Sabtu (14/10/2017) di Pusido Gulai Bancah Kota Bukittinggi, simulasi tersebut dalam rangkaian hari terakhir Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Korps Sukarelawan (KSR) yang diadakan PMI Kota Bukittinggi, berlangsung selama 10 hari, dimulai dari tanggal 5 hingga 15 Oktober 2017.

Ketua panitia Diklatsar PMI Kota Bukittinggi, Diyo Yusfifeldi menjelaskan, pemuda-pemudi Kota Bukittinggi dari 3 Kecamatan dan juga selingkar kota Bukittinggi cukup luar biasa sekali banyaknya untuk mengikuti Pendidikan Latihan Dasar Korps Sukarela (Diklatsar) KSR ke 3 tahun 2017 yang diadakan PMI Kota Bukittinggi, dari hasil pendaftaran akhirnya tersaring sebanyak 24 orang peserta.

Menurutnya, Adapun materi yang diberikan kepada peserta Diklatsar KSR adalah ketika penanggulangan pra bencana dan pasca bencana, calon peserta tersebut membuat assesmen, mendirikan posko di lapangan, mendirikan dapur umum, memberikan pertolongan pertama pada korban-korban bencana, dan lainnya. Jadi dalam hal ini calon peserta harus dapat semua ilmu pengetahuan yang telah diterapkan tim panitia, sehingga nantinya siap siaga dalam penanggulangan jiwa kemanusiaan jika terjadi bencana, ucap Diyo.

Sementara itu Ketua PMI Kota Bukittinggi, H.Chairunnas mengatakan, PMI bertugas dalam bidang kemanusiaan, "Kami Siap Bantu Pertolongan Pertama" program inilah yang terus dikembangkan dan ditingkatkan pengurus PMI Kota Bukittinggi. Personil maupun relawan KSR dan TSR PMI Kota Bukittinggi bekerja dengan ikhlas tanpa pamrih.

"PMI harus mampu menjadi garda terdepan dalam upaya membantu dan mengatasi korban bencana, banyak tugas sosial kemanusiaan yang dapat dilakukan dengan dasar sukarela," ucap Chairunnas.

Sementara itu Kepala markas PMI Bukittinggi, Ahmad Jais mengatakan, "Diharapkannya kepada seluruh Korps Sukarelawan dan Tenaga Sukarelawan yang mengikuti Pendidikan Pelatihan Dasar tahun 2017 untuk berperan aktif dalam melakukan penanggulangan bencana, karena ilmu yang didapat dari tim panitia dalam mengarahkannya tidak ternilai dengan materi. Disinilah jiwa raga semuanya peserta secara langsung terpanggil untuk mengikuti pendidikan pelatihan dasar KSR dan TSR," tutur Ahmad Jais. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi/video: Iwan Susanto
Tag: bukittinggi,metro,sumatra-barat,video

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Ops Zebra 2017, Satuan Lantas Polres Tanah Datar Bakal Gelar Razia Gadang

Ops Zebra 2017, Satuan Lantas Polres Tanah Datar Bakal Gelar Razia Gadang

TANAH DATAR - Dalam rangka meningkatkan kepatuhan berlalulintas kepada pengguna kendaraan bermotor, baik pribadi maupun...

Rossi Terpelanting di Tes Pramusim 2018 Valencia, Motornya Rusak Parah

Rossi Terpelanting di Tes Pramusim 2018 Valencia, Motornya Rusak Parah

VALENCIA - Setelah mengalami hasil buruk MotoGP 2017 Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dikabarkan crash pada tes...

20 Orang PPK Kecamatan Dilantik,  Ini Pesan Ketua KPUD Pariaman

20 Orang PPK Kecamatan Dilantik, Ini Pesan Ketua KPUD Pariaman

PARIAMAN - 20 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Pariaman dilantik di Aula Kantor KPUD Pariaman, Sumatera Barat,...

Ini Daftar 33 Pemain Timnas Indonesia yang Dipanggil Luis Milla

Ini Daftar 33 Pemain Timnas Indonesia yang Dipanggil Luis Milla

BOLA - Pelatih timnas Indonesia Luis Milla Aspas menyertakan nama striker Ilija Spasojevic dalam daftar skuatnya. Spaso...

Ketahuan Buang Sampah di Jalan S. Parman, Mahasiswi Manis ini Diamankan Satpol PP Padang

Ketahuan Buang Sampah di Jalan S. Parman, Mahasiswi Manis ini Diamankan Satpol PP Padang

PADANG - Tim patroli Satpol PP Padang mengamankan seorang mahasiswi yang ketahuan membuang sampah sembarangan di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu