minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Politik

Tak Lulus Verifikasi Parpol, Hanura Terancam Gagal, Ini Kata KPU Pariaman

Selasa, 17 Oktober 2017 - 08:32:52 WIB - 349
Tak Lulus Verifikasi Parpol, Hanura Terancam Gagal, Ini Kata KPU PariamanPendaftaran Parpol peserta pemilu di Kota Pariaman

PARIAMAN - KPU Kota Pariaman secara resmi menutup Pendaftaran Parpol peserta Pemilu di Kantor KPU Sumbar Selasa (17/10/2017) pukul 00.00 wib dini hari.

Ketua KPU Pariaman Boedi Satria mengungkapkan, untuk penyerahan berkas pendaftaran antara partai baru dan lama itu prosedurnya sama.

"Diantaranya menyerahkan daftar keanggotaan KTP/KTA dan formulir F2, kemudian dilakukan verifikasi administrasi, setelah itu dilanjutkan dengan verifikasi faktual." katanya.

"Diverifikasi faktual inilah adanya perbedaan antara partai lama dan baru, misalkan partai baru semua keanggotaannya diverifikasi dan chek satu persatu misalkan PSI mendaftarkan anggotanya maka kita cari seluruh anggotanya itu, kita tanyakan pada anggota tersebut apakah memang benar dia anggota dari partai tersebut," ujarnya.

"Begitu juga dengan kepengurusannya kita langsung datang ke kantor bersangkutan dan kita temui juga seluruh pengurusnya hingga pengecekan pada perlengkapan dan kelengkapan administrasi kantor partai bersangkutan," tambahnya.

Lanjutnya, Partai baru yang sudah mendaftar 4 dan 6 partai lama yakni Perindo, PSI, PKDA, Partai Berkarya, Nasdem, PPP, Gerindra, PAN, PKS, dan Golkar.

Boedi juga mengatakan "Jika pendaftran parpol sudah gagal di DPP secara otomatis akan gagal juga hingga ke pengurusan tingkat DPW dan DPC/DPD," tegasnya

Boedi menambahkankan, Partai Hanura terpaksa di tolak pada dua hari sebelumnya karena berkas KTP dan KTA-nya tidak memenuhi persyaratan sebagaimana yang ditetapkan dalam Sippol termasuk persoalan internal yang tidak bisa diungkapkan ke publik.

"Berdasarkan peraturan KPU No.11 tahun 2017 dan SE No. 580 bagi parpol yang tidak menyerahkan berkas sampai pukul 00.00 Wib malam ini, berarti Partai tersebut tidak memenuhi sarat dan kita tolak, dan tidak ada kesempatan bagi partai itu untuk memperbaikinya kedepan, dan dapat dinyatakan tidak bisa sebagai kontestan Pilkada dan Pemilu tahun menadatang," pungkas Boedi.

Sementara itu KPU Provinsi Divisi hukum Nurhaida Yati mengatakan "Jika di kabupaten/kota pendaftaran DPC/DPD Parpol berdasarkan petunjuk dari DPP-nya maka jika parpol bersangkutan belum mendaftar ke KPU RI secara otomatis kita belum juga bisa menerima berkas dari partai yang ada," katanya

"Pendaftaran ditingkat pusat di ikuti juga di daerah karena berkas partai yang ada di daerah merupakan pendukung dari parpol yang ada di pusat," ujar Nurhaida.

"Jadi jika DPP-nya sudah mendaftar di KPU RI, maka DPC/DPD yang ada didaerah juga mendaftarkan diri ke KPUD guna melengkapai persaratan administrasinya dan memang begitulah prosedur yang sebenarnya," ungkap Nurhaida.

Namun karena asal DPP-nya sudah mendaftar meskipun berkas persaratan administrasinya belum lengkap, DPC/DPD juga boleh mendaftar dan menyerahkan dokumen asal mengikuti aturan yang berlaku.

Lebih jauh Budi menyampaikan, pendaftaran terakhir hari ini berakhir pada pukul 24:00 kemudian dilanjutkan dengan penelitian berkas administrasi dari tanggal 17 Oktober-17 November diantaranya melakukan penelitian berkas administrasi misalkan persoalan e-KTP.

"Semua anggota parpol dan pengurus yang tercantum di dalam berkas harus melampirkan e-KTP termasuk identitas ganda dalam satu partai atau antar partai lain, kemudian yang masih berumur dibawah 17 tahun jika ditemukan langsung dicoret, diteruskan dengan ferivikasi faktual misalkan si A pensiunan TNI/Polri atau PNS maka KPU akan lakukan penelitian atau yang bersangkutan diminta membuat surat pernyataan. (warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pariaman,pilkada,politik,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Ziarah Kesenian Nusantara 2017 Sumatra Barat, Harmonisnya Indonesia-Malaysia

Ziarah Kesenian Nusantara 2017 Sumatra Barat, Harmonisnya Indonesia-Malaysia

PADANG - Romantisnya hubungan dua negara serumpun, Indonesia dan Malaysia, jelas terlihat pada silaturahmi antar pegiat...

Kafilah Kontingen Kota Bukittinggi Siap Bertarung di MTQ ke-37 Pariaman

Kafilah Kontingen Kota Bukittinggi Siap Bertarung di MTQ ke-37 Pariaman

BUKITTINGGI - Kafilah kontingen Kota Bukittinggi yang akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota...

 Korea Selatan adalah Contoh Negara yang Menikmati Dampak Pemanfaatan Energi Nuklir

Korea Selatan adalah Contoh Negara yang Menikmati Dampak Pemanfaatan Energi Nuklir

SEOUL - Berdasarkan data dari International Atomic Energy Agency (IAEA), hingga bulan April 2014, terdapat 435 unit...

Pasca Kebakaran, Akhirnya Penampungan Sementara Pedagang Pasar Atas Bukittinggi Disepakati

Pasca Kebakaran, Akhirnya Penampungan Sementara Pedagang Pasar Atas Bukittinggi Disepakati

BUKITTINGGI - Akhirnya Pemerintah Kota dan Forkopinda Bukittinggi menyepakati untuk tempat penampungan...

Kafilah Pariaman Tembus 18 Cabang Lomba dan Masuk Final di MTQ ke-37 Tingkat Sumbar

Kafilah Pariaman Tembus 18 Cabang Lomba dan Masuk Final di MTQ ke-37 Tingkat Sumbar

PARIAMAN - 3 hari pelaksanaan MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat ke-37 sebagian peserta telah memasuki babak...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu