minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Upaya Bupati Tanah Datar Wujudkan Generasi Yang Pintar, Cerdas dan Berakhlak Mulia Terus Digenjot

Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:56:50 WIB - 346
Upaya Bupati Tanah Datar Wujudkan Generasi Yang Pintar, Cerdas dan Berakhlak Mulia  Terus DigenjotBupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat gelar konfrensi pers di Aula Eksekutif, Pagaruyung, Rabu 18/10/2017

TANAH DATAR - Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi komitment untuk mewujudkan generasi Tanah Datar yang pintar, cerdas dan berakhlak mulia. Melalui program Wisuda Hafidz untuk kedua kalinya yang akan segera digelar. Upaya ini bentuk usaha mendorong Generasi Tanah Datar bersemangat menghafal Al-Quran. Hal ini diungkapkan oleh Bupati saat konfrensi pers, Rabu (18/10/2017) di Aula Eksekutif kantor Bupati.

Program ini menjadi salah satu program prioritas dari Kabupaten Tanah Datar dalam pembentukan karakter generasi muda. Karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh ITB dan IPB Bogor, menyebutkan bahwa seorang penghafal Al-Quran mempunyai daya tangkap dan IQ lebih dari pada anak yang tidak penghafal Al-Quran.

"Selanjutnya anak Hafidz mempunyai karakter lebih mulia dari pada anak yang tidak penghafal Al Quran," jelasnya.

Dikatakan Bupati, pemerintah terus mendorong upaya mewujudkan cita-cita kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfiz."Kegiatan ini yang kedua kalinya dan akan dilaksanakan pada 22 Oktober mendatang di Halaman Istano Basa Pagaruyung," sebut Irdinansyah Tarmizi.

Bupati mengatakan bahwa dengan kegiatan yang telah kedua kalinya ini berarti Tanah Datar telah mewisuda 2000 hafizd.
"Namun bukan berarti kita telah menjadi Kabupaten Tahfiz. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut kita perlu waktu, bila perlu tahun-tahun kedepan tidak hanya wakaf 1000 hafiz namun 5000 atau 6000 hafiz," tegasnya.

Disampaikan Irdinansyah, bagi siswa SD penghafal Al-Quran minimal 3 juz bagi SD dibolehkan memilih SMP mana saja di Tanah Datar. Sementara untuk tamatan SMP sederajat juga diterapkan penghapal minimal 3 juz boleh memilih SMA dimana saja di wilayah Tanah datar. Sementara itu untuk SMA penghafal Al-Quran minimal 5 juz. Dan alhamdullillah sudah ada penghapal hingga 20 juz.

"Untuk itu dalam rangka memberikan semangat dan motivasi bagi mereka kita memberikan reward kepada 4 orang hafiz dan hafizah terbaik dan terbanyak hafalannya. Hadiah tersebut berupa Umroh yang disumbangkan oleh H Bustamam dan Merry Warti, Hendra Riswan Dt Sinaro dan Travel AET, kesemuanya berangkat pada tahun ini," terangnya

Lebih lanjut Bupati menyebutkan, pada kegiatan wakaf 1000 hafidz itu juga akan diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Syauqi Bin KH Zainuddin MZ dan hafidz 30 juz usia 9 tahun dari Pekanbaru. Hafizd cilik itu telah mendapatkan gelar Syeikh dari Arab, yaitu Syekh Abdurrasyid.

"Pokoknya wisuda tahfidz pada tahun ini merupakan bentuk amalan bagi kita semua, termasuk awak media yang ikut mempublikasikan kegiatan ini. Dan untuk kegiatan hari itu tiket masuk ke Istana Pagaruyung Gratis, dengan syarat berpakaian muslim, "jelasnya.

Hal senada juga disebutkan oleh Ketua Pelaksana yang juga menjabat Kabag Kesra pemkab Tanah Datar. Pada wisuda jilid II ini akan diikuti 635 orang hafidz dan hafidzah 1 juz dari siswa SD dan malah satu diantaranya masih taman kanak-kanak.

Sebutnya, sebanyak 363 hafidz dan hafidzah 2 tingkat SMP selanjutnya ada juga peserta yang hafalannya paling banyak yaitu 20 juz.

"Mereka semua telah diseleksi oleh lembaga ladzna Kabupaten Tanah Datar sebanyak 4 tahapan, yang dimulai pada bulan April yang lalu dan terakhir pada Minggu kemarin. Dan jumlah peserta yang diseleksi sebanyak 1839 orang dari 76 rumah tahfidz yang ada di Kabupaten Tanah Datar, ini sudah termasuk 4 rumah tahfidz binaan Pemda Tanah Datar, "tutur Afrizon

Turut hadir pada jumpa pers itu Asisten Pemerintahan Mukhlis, Asisten Ekobang Helfy Rahmy Harun, dan Kabag Humas Syahril. (romeo)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: muhammadiyah,pendidikan,sosial,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

DPR Sesalkan KTT ASEAN Tidak Bahas Rohingya

DPR Sesalkan KTT ASEAN Tidak Bahas Rohingya

JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kerjasama Antarparlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Rofi...

Kota Pariaman Matangkan Persiapan Tour de Singkarak (TdS) 2017

Kota Pariaman Matangkan Persiapan Tour de Singkarak (TdS) 2017

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman terus mematangkan persiapan pelaksanaan Tour de Singkarak 2017 berkoordinasi dengan...

Razia Pekat, Satpol PP Padang Amankan 4 Wanita Malam

Razia Pekat, Satpol PP Padang Amankan 4 Wanita Malam

PADANG - Satpol PP Kota Padang kembali melakukan pengawasan penegakan Perda di sejumlah tempat hiburan malam (THM) di...

Video: Tanpa Diagendakan, Wapres Jusuf Kalla Tinjau Pasar Atas Bukittinggi Pasca Kebakaran

Video: Tanpa Diagendakan, Wapres Jusuf Kalla Tinjau Pasar Atas Bukittinggi Pasca Kebakaran

BUKITTINGGI - Selepas meresmikan Rumah Sakit Universitas Andalas di Kampus Kampus Limau Manis, Kota Padang, Sumatera...

Presiden Jokowi Minta Setya Novanto Hormati Proses Hukum

Presiden Jokowi Minta Setya Novanto Hormati Proses Hukum

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta Ketua DPR Setya Novanto untuk menghormati proses hukum yang ada. "Saya...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu