minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Nasional

Diduga Rugikan Nelayan, Nasdem Minta Menteri Susi Cabut Larangan Penggunaan Cantrang

Sabtu, 04 November 2017 - 03:45:33 WIB - 143
Diduga Rugikan Nelayan, Nasdem Minta Menteri Susi Cabut Larangan Penggunaan CantrangIlustrasi alat tangkap cantrang

NASIONAL - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti belum lama menerbitkan Surat Edaran Nomor: 72/MEN-KP/II/2016, tentang Pembatasan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Cantrang di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Indonesia (WPPNRI).

Di sisi lain, KKP telah mengundangkan Peraturan Menteri Nomor 2/PERMEN-KP/2015 tentang Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela (Trawls) dan Pukat Tarik (Seine Nets) di WPPNRI.

Alasan dari penerapan aturan ini adalah alat tangkap tersebut termasuk dalam alat tangkap yang dapat merusak habitat ikan.

Dalam surat itu disebutkan, nelayan wajib mengganti cantrang dengan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan demi kelangsungan sumberdaya ikan.

Wakil Ketua Fraksi Nasdem DPR RI Irma Suryani Chaniago meminta Menteri Susi mencabut larangan cantrang karena berdampak pada para nelayan yang tak bisa melaut.

Atau minimal, Menteri Susi menunda keputusan larangan penggunaan cantrang sampai proses alih teknologinya berjalan lancar dengan mencarikan jalan keluarnya.

"Hal ini dilakukan dengan memberikan program padat karyawan kepada nelayan agar kondisi sosial ekonomi mereka tidak terganggu akibat program alih teknologi penangkapan ikan tersebut," kata Irma di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (03/11).

Irma mengatakan, di satu sisi, Menteri Susi ingin menjaga habitat laut Indonesia agar kasus laut Arab yang dieksploitasi secara besar-besaran dan berdampak terhadap habitat dan habisnya ikan di laut tersebut tidak terjadi di Indonesia.

Namun, kasus tersebut tidak bisa serta merta dijadikan pijakan pengambilan keputusan tanpa lebih dulu melalukan mitigasi yang komprehensif, baik terhadap dampak lingkungan jangka panjang maupun dampak sosial ekonomi nelayan Indonesia.

"Bahwa program pemerintah jangka panjang harus juga mengedepankan solusi jangka pendeknya. Tidak boleh menafikan resiko jangka pendek terhadap kondisi sosial ekonomi nelayan Indonesia yang berjumlah lebih dari 5 juta jiwa," kata Irma.

Irma pun mewanti-wanti Menteri Susi aga melakukan tiga hal terkait penerapan program jangka panjang menjaga habitat laut dengan melarang nelayan menggunakan cantrang.

Pertama, nelayan harus diberikan pendampingan dan bantuan modal ringan ke untuk mengganti alat tangkap cantrang ke alat tangkap yang ramah lingkungan.

Kedua, nelayan harus diberikan waktu untuk tahap peralihan langkah demi langkah sehingga tidak mengganggu kesejahteraan mereka. Dan ketiga, pemerintah harus memberikan program bantuan teknologi budidaya agar mereka tetap bisa mendapatkan penghasilan layak tanpa harus merusak habitat laut.

"Selama ini yang merusak dan mengeksploitasi laut Indonesia itu kapal-kapal asing pencuri ikan, kalau nelayan kita yang melaut dengan kapal sederhana, saya kira jauh dari mengeksploitasi laut Indonesia," tukasnya. (nd)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: indonesia,metro,nasional

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Puluhan Pedagang Pantai Padang Bersedia Pindah ke Pujasera, di Sini Tempatnya

Puluhan Pedagang Pantai Padang Bersedia Pindah ke Pujasera, di Sini Tempatnya

PADANG - Pemerintah Kota Padang terus menata kawasan Pantai Padang. Salah satu bentuk penataan yang dilakukan yakni...

Pariaman Juara II MTQ ke-37 Tingkat Sumbar, Padang Juara Umum

Pariaman Juara II MTQ ke-37 Tingkat Sumbar, Padang Juara Umum

PARIAMAN - Kesuksesan penyelenggaraan MTQ Nasional ke-37 tingkat Provinsi Sumatera Barat ini, merupakan kebanggan...

Mantan Kadis PU Asmi Ajukan Gugatan Praperadilan Terhadap Kejari Pariaman, Berikut Komentar PH Asmi

Mantan Kadis PU Asmi Ajukan Gugatan Praperadilan Terhadap Kejari Pariaman, Berikut Komentar PH Asmi

PARIAMAN - Mantan Kadis PU Padang Pariaman, Asmi mengajukan gugatan praperadilan terhadap Kejari Pariaman ke Pengadilan...

TA 2017 Hampir Berakhir, Bupati Padang Pariaman Minta Kepala OPD Penuhi Lima Target

TA 2017 Hampir Berakhir, Bupati Padang Pariaman Minta Kepala OPD Penuhi Lima Target

PADANG PARIAMAN - Menyikapi hampir berakhirnya Tahun Anggaran 2017, Bupati Ali Mukhni meminta OPD mencapai lima target...

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri Dipecat PSSI?

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri Dipecat PSSI?

BOLA - Indra Sjafri disebut-sebut tak lagi menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19. Kabar yang mengejutkan itu...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu