minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Payakumbuh

Kreasi Anak Nagari Payakumbuh, Dari Kayu Hanyut Jadi Material Furniture

Senin, 06 November 2017 - 20:10:33 WIB - 376
Kreasi Anak Nagari Payakumbuh, Dari Kayu Hanyut Jadi Material FurnitureDesain interior dari barang tak berguna jadi bernilai seni

PAYAKUMBUH - Kreasi dan inovasi anak muda Kota Payakumbuh tak ada matinya, hal ini tampak sekelompok anak muda yang tergabung di Trash Project yang memanfaatkan kayu hanyut jadi material furnitur bahkan mampu menjual hasil karya mereka hingga keluar daerah. Harganya cukup terjangkau dengan penjualan yang tidak memurahkan sebuah hasil karya seni.

Rialdo Fernando, pendiri trash project mengakui pengolahan limbah kayu menjadi material furniture dan elemen berbentuk ruang dalam interior adalah produk andalan mereka.

"Hanya memanfaatkan limbah kayu, kami banyak mendapatkan kayu hanyut di batang (sungai) Agam. Selain itu bekas kayu gulungan kabel listrik yang kami tawar untuk dibeli. Ditengah minimnya pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan limbah kayu agar tidak terbuang sia-sia, kami menjadikan ini sebagai ide kreatif yang berdampak baik dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya oleh pecinta seni maupun konsumen," Kata Rialdo Fernando salah seorang pendiri trash project kepada minangkabaunews.com, Senin (6/11/2017).

Aldo bertekad akan tetap mengembangkan pengolahan limbah kayu menjadi material furniture dan elemen berbentuk ruang dalam interior. Walau saat ini hanya mampu ikut dibeberapa pameran berskala kecil di Sumatera Barat (sumbar) namun tekat dan kemauannya bersama teman-teman adalah menembus pasar Asia dan Eropa.

Sementara itu, Wakil ketua DPRD Kota Payakumbuh H. Wilman Singkuan,S.Sos cukup apresiasi dengan semangat serta inovasi yang diciptakan anak muda Kota Payakumbuh. Menurutnya memanfaatkan limbah kayu menjadi sebuah industri yang menciptakan sebuah karya seni yang bermanfaat untuk orang banyak adalah hal yang sangat luar biasa.

"Luar biasa dan positif sekali, kedepan hal ini tentu akan menjadi perhatian kita bersama Pemerintah Kota Payakumbuh memalalui Instansi terkait, sehingga setiap hasil karya dari berbagai macam hobby anak muda Payakumbuh di kenal baik, menjadi reverensi serta mampu bersinergi dengan anak muda Indonesia lainnya," kata Wilman.

Ia menjelaskan sinergi antara DPRD dan Pemerintah Kota Payakumbuh adalah untuk kesejahteraan masyarakat seutuhnya. Dirinya melihat masyarakat kota Payakumbuh cukup mumpuni untuk berkarya dan memiliki inovasi seni yang patut di berikan ruang serta langkah-langkah bagaimana hasil karya seni tersebut tidak berhenti ditengah jalan.

"Secara umum kita di DPRD akan mendukung penuh akan hal positif yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Kita berharap, semua potensi yang ada di kota Payakumbuh dapat diberdayakan dan dimanfaatkan." Jelas Wilman

Ditambahkan Wilman, secara umum seluruh harapan dan keinginan anak muda akan diusulkan dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) nanti. Sehingga pada APBD nanti dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, pemerataan pembangunan, dan penciptaan lapangan kerja.

"Selain perencanaan yang baik dan memiliki kelayakan, kita juga berharap perencanaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melihat kepada hal efektif. Karena dalam kenyataaannya perencanaan memegang peranan lebih dibandingkan fungsi-fungsi lainnya." Pungkas politisi Partai Demokrat itu. (Rhino)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: kosmo,payakumbuh,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Fredrich Akan Mempolisikan Pembuat Meme yang Melecehkan Setya Novanto

Fredrich Akan Mempolisikan Pembuat Meme yang Melecehkan Setya Novanto

NASIONAL - Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi tetap akan mempolisikan pembuat meme yang menghina kliennya....

Penertiban Lapak PKL Berjalan Kondusif, Ini Kata Kasatpol PP Padang

Penertiban Lapak PKL Berjalan Kondusif, Ini Kata Kasatpol PP Padang

PADANG - Sejumlah PKL yang kerap berjualan di trotoar jalan Situjuh Kota Padang tepatnya sepanjang trotoar depan Rumah...

Tekan Inflasi, Distribusi LPG 3 Kg di Padang Kembali Dipetakan

Tekan Inflasi, Distribusi LPG 3 Kg di Padang Kembali Dipetakan

PADANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Pertamina dan Hiswana Migas (Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas...

Berhasil Relokasi Pedagang, Bripka Yusrizal Diganjar Penghargaan dari Pemko Payakumbuh

Berhasil Relokasi Pedagang, Bripka Yusrizal Diganjar Penghargaan dari Pemko Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Memberikan rasa aman serta nyaman di setiap kelurahan yang ada pada masing-masing kecamatan, merupakan...

Penyanyi Asal Inggris Harris J Konser di Padang

Penyanyi Asal Inggris Harris J Konser di Padang

PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat semakin serius menghapuskan praktik perundungan (bullying) di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu