minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Mantan Menko Maritim Rizal Ramli: Tanah Datar Sudah Sangat Layak Menjadi Kota Pendidikan

Senin, 06 November 2017 - 21:36:12 WIB - 1049
Mantan Menko Maritim Rizal Ramli: Tanah Datar Sudah Sangat Layak Menjadi Kota PendidikanRizal Ramli saat memberi kuliah umum kepada ratusan Mahasiswa/i IAIN Batusangkar, Sumbar (6/11)

TANAH DATAR - Mantan Menko Kemaritiman era pemerintahan Jokowi, Rizal Ramli mendorong IAIN Batusangkar menjadi Universitas. Hal itu ia sampaikan kala memberi kuliah umum kepada ratusan mahasiswa IAIN di kampus Lima Kaum, Batusangkar, Sumatera Barat, Senin (6/11/2017).

Menurut Rizal, untuk menjadi sebuah Universitas, IAIN Batusangkar sudah memenuhi persyaratan dan sudah layak untuk menuju sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam yang berkualitas dan bermutu tinggi.

"Mendengar pemaparan wakil Rektor tadi, saya sangat mendukung kampus menjadi sebuah Universitas yang diperhitungkan di Sumbar, maupun di indonesia. Tidak perlu menunggu lima tahun, saya tantang manajemen kampus ini untuk tahun depan sudah menjadi Universitas dan saya dukung sepenuhnya," kata Rizal Ramli yang juga pakar ekonomi di Indonesia.

Dikatakannya, Tanah Datar sudah sangat layak menjadi sebuah kota pendidikan, ini sangat didukung oleh udara kota yang sangat sejuk.

"Tidak panas seperti kota lain di Indonesia, ini akan sangat baik bagi mahasiswa untuk menimba ilmu di Batusangkar. Contohnya Bandung, Malang yang berhawa sejuk, hingga menjadikan daerah tersebut sebagai kota tujuan untuk menimba ilmu pendidikan," katanya.

Disamping sebagai kota pendidikan, lanjutnya, tentu daerah yang banyak Universitasnya, secara ekonomi daerah tersebut akan meningkat secara signifikan.

"Seperti yang terjadi saat sekarang ini di Kota Budaya ini, sebut Rozal Ramli. Saat ini delapan ribuan mahasiswa kuliah di IAIN Batusangkar, kalau mereka membelanjakan uang sebanyak Rp.30 ribu rupiah sehari, sudah Rp.21 juta sehari, sebulannya mencapai Rp.630 juta, coba kalau setahun akan mencapai Rp.7,5 miliar lebih," ujar Rizal Ramli.

Selain itu Rizal Ramli, juga mendorong mahasiswa IAIN Batusangkar untuk terus giat menuntut ilmu, agar Indonesia bisa menatap dunia dengan ilmu, jika manusia hidup dengan ilmu akan memberi kesejateraan terhadap diri, keluarga dan daerahnya.

Rizal Ramli juga menyinggung tentang lemahnya perekonomian indonesia dibandingkan dengan negara-negara tetangga dan negara di dunia.

"Kita padahal negara terbesar kelima di dunia, tetapi perekonomian kita jauh tertinggal. Jika indonesia ingin ekonominya maju mesti meninggalkan tiga hal yaitu memberantas korupsi, memberdayakan generasi muda dan meninggalkan atau mengurangi sistem permodalan melalui bank dunia. Saat ini anggaran negara tersodot oleh tiga hal, pertama untuk membayar hutang, untuk anggaran pendidikan yang mencapai Rp.200 triliun pertahun dan ketiga baru untuk pembangunan infrastruktur," ujarnya. (romeo/fm)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: bisnis,daerah,ekonomi,indonesia,pendidikan,sosial,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Liga 1: Prediksi Arema FC vs Semen Padang FC

Liga 1: Prediksi Arema FC vs Semen Padang FC

BOLA - Pekan ke-33 Liga 1 2017, Semen Padang FC wajib menang guna tetap bertahan di Liga 1 saat tandang ke markas Arema...

Integrasi Kampung KB, M. Iqbal: Inovasi Strategis Membangun Keluarga Sejahtera

Integrasi Kampung KB, M. Iqbal: Inovasi Strategis Membangun Keluarga Sejahtera

LIMAPULUH KOTA - Optimalisasi program Keluarga Berencana (KB) terus digalakan dari pusat hingga ke daerah-daerah yang...

Anggota DPR RI Mulyadi: APBN 2018 Tak Mungkin Digunakan Untuk Pembangunan Pasar Atas

Anggota DPR RI Mulyadi: APBN 2018 Tak Mungkin Digunakan Untuk Pembangunan Pasar Atas

BUKITTINGGI - Disela menanti kedatangan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Pasar Atas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat...

Subuh Berdarah di Canduang Agam, Ibu Cangkul Kepala Anak Sendiri Hingga Tewas

Subuh Berdarah di Canduang Agam, Ibu Cangkul Kepala Anak Sendiri Hingga Tewas

AGAM - Warga Koto Laweh, Canduang, Agam, Sumatera Barat (Sumbar) buncah dengan peristiwa subuh berdarah, Laspitri (30)...

Polisi yang Anaknya Membakar Mapolres Dharmasraya Sumbar Minta Maaf

Polisi yang Anaknya Membakar Mapolres Dharmasraya Sumbar Minta Maaf

DHARMASRAYA - Salah satu pelaku pembakaran Mapolres Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) berinisial EFA merupakan anak...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu