minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Jalankan Keputusan Jaksa Agung RI, Asintel Kejati Sumbar Meluncur ke Tanah Datar

Rabu, 08 November 2017 - 19:28:34 WIB - 1407
Jalankan Keputusan Jaksa Agung RI, Asintel Kejati Sumbar Meluncur ke Tanah DatarAsintel Kejati Sumbar, Yuswadi, SH, MH bersama Kajari Tanah Datar, M. Fatria, SH, MH. Plh. Sekdakab, Asisten II, Asisten III, Kepala Kesbangpol, Kadis Pendidikan & PU, Kabag Hukum dan Kabag Humas TD

TANAH DATAR - Rabu (8/11/2017) Kejaksaan Tinggi Sumbar yang diwakili Asintel, Yuswadi, SH, MH tiba di Tanah Datar, Sumbar sekira pukul 09.30 Wib. Asintel Kejati sesampai di Tanah Datar langsung meluncur ke Kediaman Dinas Bupati Tanah Datar, Gedung Indo Jalito.

Kedatangan Asintel di Tanah Datar dalam rangka mengelar kegiatan JMS (Jaksa Masuk Sekolah). "Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Jaksa Agung RI Nomor: KEP-184/A/JA/11/2015 tanggal 18 November 2015 Tentang Pembentukan Tim JMS, " ujar Asintel kejati Yuswadi, SH, MH.

Dikatakannya bahwa giat JMS ini adalah sebagai upaya untuk mendukung Agenda Nawa Cita butir ke delapan, yang menitik beratkan pada revolusi karakter bangsa dibidang pendidikan nasional.

Kedatangan Asintel pagi itu di Indo Jalito langsung disambut Kajari Tanah Datar, M. Fatria, SH, MH. Beberapa pejabat yang ikut mendampingi Kajari pagi itu tampak Plh. Sekdakab, Asisten II, Asisten III, Kepala Kesbangpol, Kadis Pendidikan, Kadis PU, Kabag Hukum, dan Kabag Humas Tanah Datar.

Lepas dari Indo Jalito Tim JMS yang dipimpin Asintel Kejati bergerak menuju SMP 1 Batusangkar untuk memulai kegiatannya. Giat hari itu, Tim JMS Kejaksaan Tinggi Sumbar menyampaikan beberapa hal dihadapan lebih 200 orang perwakilan Pelajar dan Kepala Sekolah SLTP se Tanah Datar.

"Program JMS adalah upaya melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan hukum kepada pelajar. Para jaksa saat ini memang diwajibkan datang dan mengajar di sekolah melalui program Jaksa Masuk Sekolah. Hal ini bermaksud untuk menumbuh kembangkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum dan pelajar secara khusus, " sampai Yuswadi.

Dikatakannya, bahwa para pelajar memang harus mendapat ilmu hukum sejak dini. "Dengan kegiatan ini kita berharap para pelajar khususnya Tanah Datar, dapat mengetahui dampak dan sanksi dari bahaya perbuatan yang melanggar hukum. Pelanggaran hukum yang marak dikalangan pelajar antara lain yaitu bahaya dari penyimpangan di Media Sosial, Bulliying, Tawuran, Asusila, dan penyalahgunaan Narkoba, " terangnya.

Lanjutnya, Program ini bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang serta mengenal keakraban lembaga Kejaksaan dan tupoksinya di kalangan pelajar.

"Kita berharap nanti para pelajar di Tanah Datar, mengetahui, paham dan mengerti tentang akibat-akibat hukum yang akan timbul jika tak menjauhi perbuatan yang dilarang Undang-undang, " ujarnya.

Dengan berjalannya Program Jaksa masuk Sekolah ini, Yuswandi berharap kedepan akan lahir generasi Tanah Datar, yang melek hukum, berbudi pekerti mulia, berguna bagi Nusa, Bangsa, dan Negara.

Selepas memberi perbekalan bagi pelajar dan Kepsek hari itu, Asintel kejati Yuswadi, meminta beberapa orang pelajar melafalkan Pancasila dan Pembukan UUD 1945.

Dua pelajar mendapat hadiah dari Asintel dan Kajari M. Fatria berupa bingkisan dan uang tunai. Hasbi dari SMP N 3 Lintau Buo Utara yang berhasil melafalkan Pembukaan UUD dan Intan sari dari SMP N 2 Padang Ganting berhasil melafalkan Pancasila.(romeo)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: hukum,pendidikan,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Diduga Rugikan Nelayan, Nasdem Minta Menteri Susi Cabut Larangan Penggunaan Cantrang

Diduga Rugikan Nelayan, Nasdem Minta Menteri Susi Cabut Larangan Penggunaan Cantrang

NASIONAL - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti belum lama menerbitkan Surat Edaran Nomor:...

KaSatPol PP Padang : Tidak Main-main PKL Langgar Fasum Akan Ditindak Tegas

KaSatPol PP Padang : Tidak Main-main PKL Langgar Fasum Akan Ditindak Tegas

PADANG - Pemerintah Kota Padang melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tak henti-hentinya melakukan penertiban...

ECPAT Indonesia Gelar Advokasi dan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Anak di Bukittinggi

ECPAT Indonesia Gelar Advokasi dan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Anak di Bukittinggi

BUKITTINGGI - Kekerasan terhadap anak, baik secara fisik apalagi secara seksual, sulit meresume dalam bentuk data yang...

Padang Deklarasikan Kelurahan Bebas Narkoba dan Maksiat

Padang Deklarasikan Kelurahan Bebas Narkoba dan Maksiat

PADANG - Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si dan Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra...

TA 2017 Hampir Berakhir, Bupati Padang Pariaman Minta Kepala OPD Penuhi Lima Target

TA 2017 Hampir Berakhir, Bupati Padang Pariaman Minta Kepala OPD Penuhi Lima Target

PADANG PARIAMAN - Menyikapi hampir berakhirnya Tahun Anggaran 2017, Bupati Ali Mukhni meminta OPD mencapai lima target...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu