minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Agam

Kisruh Pungutan Uang Sertifikat Prona, Masyarakat Lapor ke Kejaksaan Agam

Sabtu, 11 November 2017 - 00:43:28 WIB - 116
Kisruh Pungutan Uang Sertifikat Prona, Masyarakat Lapor ke Kejaksaan AgamSertifikat Prona

AGAM - Diduga melakukan pemungutan kepada masyarakat, dalam kepengurusan sertifikat Prona dalam rentang waktu 2015 - 2016, Masyarakat setempat akhirnya melaporkan perbuatan Perangkat Nagari serta Walinagari Silareh Aia, kecamatan palembayan Kabupaten Agam, kepada Ke Kejaksaan Negeri Agam belum lama ini.

Sebelumnya Informasi yang didapatkan dari masayarakat setempat, bahwa dalam kepengurusan sertifikat Prona yang di gratiskan oleh pemerintah tersebut, pihak Nagari Salareh Aia diduga telah memungut uang mencapai ratusan bahkan mencapai jutaan.

Seperti halnya yang telah disampaikan oleh J Dt Rajo Bagindo Sekretaris KAN Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam Kepada media . Bahwasanya beliau membenarkan jika masyarakat dikenakan biaya dalam pengurusan prona. Dijelaskannya juga, sebelumnya Masyarakat dulu tidak mengetahui jika pengurusan prona itu dipungut biaya. Tetapi dengan berjalannya waktu akhirnya masyarakat tahu jika itu gratis.

"Pengurusan sertifikat prona masyarakat dalam rentang waktu 2015 - 2016 sangat banyak, jumlahnya bisa ratusan di Nagari Salareh Aia. Di lapangan, masyarakat dikenakan biaya Rp1.500.000 bahkan ada yang Rp3.000.000," ungkap J Dt Rajo Bagindo.

Ia mengatakan setelah masyarakat tahu, maka masyarakat melaporkan kepada pihak yang berwenang ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Agam belum lama ini.

"Masyarakat meminta adanya kejelasan berkaitan dengan dana tersebut. Saya Selaku Pengurus KAN tentu banyak ditanyai oleh masyarakat, hal ini harus diperjelas. Masyarakat juga bersyukur kejaksaan menindaklanjutinya," ungkapnya.

kini Kejakasaan Negeri Agam telah panggil perangkat Nagari serta Wali Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam untuk melakukan penjelasan yang berkaitan dengan informasi pemungutan prona tersebut. Katanya lagi

Ketika dikonfirmasi kepada Iron Maria edi Walinagari Silareh Aia Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam Kamis (9/11), terkait Dugaan Pemungatan Sertifikat prona ini, hingga kini walinagari tersebut lebih memilih tidak mau mengangkat teleponnya setelah juga berulangkali ditelpon dan di SMS agar dikonfirmasi tentang penjelesannya hal ini semua. (Honest)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Romeo
Tag: agam,daerah,hukum,metro,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

ECPAT Indonesia Gelar Advokasi dan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Anak di Bukittinggi

ECPAT Indonesia Gelar Advokasi dan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Anak di Bukittinggi

BUKITTINGGI - Kekerasan terhadap anak, baik secara fisik apalagi secara seksual, sulit meresume dalam bentuk data yang...

Integrasi Kampung KB, M. Iqbal: Inovasi Strategis Membangun Keluarga Sejahtera

Integrasi Kampung KB, M. Iqbal: Inovasi Strategis Membangun Keluarga Sejahtera

LIMAPULUH KOTA - Optimalisasi program Keluarga Berencana (KB) terus digalakan dari pusat hingga ke daerah-daerah yang...

Anggota DPR RI Hadiri Donor Darah Massal di Banuhumpu Agam

Anggota DPR RI Hadiri Donor Darah Massal di Banuhumpu Agam

AGAM - Memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan masyarakat Banuhampu, Agam, Sumatera Barat (Sumbar), bekerja...

Peluang Putra Putri Pariaman yang Punya Cita-cita jadi Polisi Kini Lebih Terbuka

Peluang Putra Putri Pariaman yang Punya Cita-cita jadi Polisi Kini Lebih Terbuka

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman dan Polres Pariaman menandatangani nota kesepahaman, Memorandum of Understanding...

Jaga Asa di Liga 1, Semen Padang FC Ingin Bangkit saat Hadapi PS TNI pada Laga Pamungkas

Jaga Asa di Liga 1, Semen Padang FC Ingin Bangkit saat Hadapi PS TNI pada Laga Pamungkas

BOLA - Pelatih Semen Padang Syafrianto Rusli berharap pemain bisa mengurangi kesalahan saat menjalani laga pamungkas...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu