minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Pertahankan Bukti Perjalanan Bangsa, Bukittinggi Gelar Lomba Arsip Bersejarah

Selasa, 14 November 2017 - 14:21:54 WIB - 222
Pertahankan Bukti Perjalanan Bangsa, Bukittinggi Gelar Lomba Arsip BersejarahKepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi, Novri

BUKITTINGGI - Upaya mengumpulkan, menyelamatkan dan melestarikan arsip bernilai sejarah daerah, Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Lomba Arsip Bernilai Sejarah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi, Novri kemaren mengatakan lomba arsip bernilai sejarah tersebut mengangkat tema Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Bernilai Sejarah.

"Kegiatan ini sesuai arahan dari Walikota Bukittinggi agar bukti perjalanan bangsa dapat dipertahankan dan menjadi bahan belajar bagi generasi muda," katanya.

Novri menerangkan lomba itu dapat diikuti oleh warga Kota Bukittinggi maupun luar Kota Bukittinggi, asalkan arsip yang dikumpulkan mengandung informasi terjadi di dalam wilayah Kota Bukittinggi.

Arsip yang diikutsertakan dalam lomba dapat berupa teks, tokoh dan peristiwa dan merupakan milik pribadi peserta lomba yang dibuktikan dengan surat pernyataan.

Pendaftaran lomba arsip telah dibuka sejak 16 Oktober 2017 dan akan berlangsung hingga 4 Desember 2017 di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi.

"Saat pendaftaran, warga cukup membawa salinan dari arsip yang akan disertakan dalam lomba dan harus milik pribadi. Akan ada hadiah uang tunai bagi pemenang," kata Novri.

Selanjutnya tahap penilaian dilakukan pada 6 sampai 8 Desember 2017 dan peserta harus membawa arsip yang asli. Di tahap penilaian pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan akademisi.

Arsip yang dinyatakan sebagai pemenang menjadi milik pemerintah daerah setempat dan bila pemilik ingin menggandakan harus seizin Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi.

"Saat ini, kami sedang mendata ulang koleksi arsip yang ada. Lewat lomba diharapkan akan menambah koleksi agar nanti dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar generasi penerus dan membudayakan sadar arsip," pungkas Novri. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,metro,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Sertijab Danrem 032 WBR Baru, Ini Pesan Pangdam I/BB

Sertijab Danrem 032 WBR Baru, Ini Pesan Pangdam I/BB

PADANG - Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri Pimpin Serah terima jabatan Danrem 032/WBR ditandai dengan penanggalan...

Ribuan Relawan Jokowi, Siap Hadiri Resepsi Pernikahan Kahiyang di Medan

Ribuan Relawan Jokowi, Siap Hadiri Resepsi Pernikahan Kahiyang di Medan

MEDAN - Setelah pelaksanaan resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution...

Kafilah Pariaman Tembus 18 Cabang Lomba dan Masuk Final di MTQ ke-37 Tingkat Sumbar

Kafilah Pariaman Tembus 18 Cabang Lomba dan Masuk Final di MTQ ke-37 Tingkat Sumbar

PARIAMAN - 3 hari pelaksanaan MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat ke-37 sebagian peserta telah memasuki babak...

Subuh Berdarah di Canduang Agam, Ibu Cangkul Kepala Anak Sendiri Hingga Tewas

Subuh Berdarah di Canduang Agam, Ibu Cangkul Kepala Anak Sendiri Hingga Tewas

AGAM - Warga Koto Laweh, Canduang, Agam, Sumatera Barat (Sumbar) buncah dengan peristiwa subuh berdarah, Laspitri (30)...

KPK Terbitkan Surat Perintah Penangkapan, Keberadaan Setnov Masih Misterius

KPK Terbitkan Surat Perintah Penangkapan, Keberadaan Setnov Masih Misterius

JAKARTA - Sebelas penyidik KPK Setya Novanto mendatangi kediaman pribadi Ketua DPR RI, Setya Novanto di Jalan Wijaya,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu