minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Pengawasan dan Cek Lapangan 4 Proyek Miliaran, Terbukti Kejari Tanah Datar Jalankan Program AKUR

Kamis, 16 November 2017 - 03:14:13 WIB - 1442
Pengawasan dan Cek Lapangan 4 Proyek Miliaran, Terbukti Kejari Tanah Datar Jalankan Program AKURKetua TP4D Ardi, SH, MH dan Jaksa Edo Dede Pisano, SH saat meninjau 4 lokasi pekerjaan fisik Dinas PU Tanah Datar (15/11)

TANAH DATAR - Kejaksaan Negeri Tanah Datar melalui TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah), pada Rabu (15/11/2017) menyambangi Empat proyek dengan Pagu Dana Miliaran. Empat proyek yang cukup besar itu dibawah pengawasan Kejaksaan.

Ketua TP4D Ardi, SH, MH mengatakan bahwa kegiatan hari itu bentuk usaha Kejaksaan Negeri Tanah Datar dalam menjalankan program AKUR.

"Ini Perintah tegas Kajari M. Fatria, untuk mencek seluruh proyek fisik pada akhir tahun anggaran 2017. Sebagai bentuk komitment menjalankan program AKUR (Ayo Kawal Uang Rakyat). Proses pengawalan dan pengawasan proyek-proyek besar di Tanah Datar telah melalui kesepakatan/(MOU) pemkab dengan kejaksaan. Giat ini oleh TP4D dilakukan secara kontinu dan berkala, " ujar Ardi.

Empat pekerjaan yang disambangi TP4D hari itu, yaitu Paket peningkatan Kapasitas Jalan (DAK paket 1) di daerah Turawan, sebagai pelaksana kegiatan PT. Nasionatama Karya Bersama dengan pagu dana Rp. 11,02 M . Kedua, Paket peningkatan Kapasitas Jalan (DAK paket 2) di Bukit Gombak, sebagai pelaksana PT. Nasiotama Karya Bersama, dengan Pagu Rp. 10,78 M.

Kegiatan ketiga lokasi Aua, koto nan Tuo, bernilai 9, 57 M dengan pelaksana PT. Pratama Putra Sejahtera, yaitu pembangunan Jalan (DAU Paket 1). Kegiatan keempat, Pembangunan Jembatan di Batipuh (DAK Paket 1), pagu Dana 3,36 M dengan pelaksana PT. Adipati Karya Pastika.

Ardi mengatakan bahwa pendampingan ini, bukan berarti institusinya "mengamini", apa yang dilakukan dalam empat item pekerjaan itu. jika ada penyimpangan Kejaksaan akan mengambil sikap tegas.

"Bila dalam perjalanan atau saat pemeriksaan, ditemukan penyimpangan. Kami akan lakukan tindakan, bagaimana pun kami ingin amankan uang rakyat, " tegas Ketua TP4D yang menjabat Kasi Intel ini.

Tampak dari empat titik kegiatan yang di sambangi TP4D, Beberapa hasil pekerjaan yang secara kasat mata tidak memuaskan, Pelaksana langsung mendapat teguran dari Ketua TP4D, Jaksa Edo Dede Pisano, SH dan Aris Yulianto, SH yang ikut hadir sidak lapangan.

Konsultan pengawas dilokasi telah mencatat instruksi kejaksaan, agar menjadi perhatian dan segera diperbaiki. Kabid Bina Marga Dinas PU Tanah Datar, Ronny Ellisman, ST berikut PPK, PPTK, Penyedia barang/jasa ikut memberikan keterangan atas semua pertanyaan Team Kejaksaan.

Dijelaskan Ardi, untuk tahun 2017, sebanyak 6 OPD dan 19 kegiatan yang didampingi TP4D, semua akan dicek kelapangan sampai akhir tahun anggaran.

"Tidak tertutup kemungkinan ditemukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi Tekhnik, atau RAB dalam kontrak. Atau pekerjaan yang telah habis masa waktu kontraknya, tetapi pekerjaan belum selesai/ masih dalam penyelesaian, " ujar Kasie Intel.

Pekerjaan yang hari itu ditinjau, untuk DAK Paket 1 progresnya saat ini telah mencapai 86,4 %, DAK Paket 2, 92,3 %, DAU Paket 1, 64 %, dan DAK Paket 3, progresnya telah mencapai 76,49 %.

Dinyatakan Ardi, jika nanti ada pekerjaan yang diperpanjang waktunya tanpa didukung dengan dokumen, hal ini tentu sangat menyalahi. "Jika ditemukan hal demikian kejaksaan atau TP4D tidak segan-segan untuk menindak, " tegas Ardi.(romeo)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: daerah,hukum,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Selatan Jawa Dihantam Gempa Hebat 6,9 SR, Ini Penjelasan BMKG

Selatan Jawa Dihantam Gempa Hebat 6,9 SR, Ini Penjelasan BMKG

JAKARTA - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih memberlakukan peringatan siaga tsunami atas bencana...

Nil Maizar Jadi Salah Satu Kandidat Kuat Pelatih Mitra Kukar Musim Depan

Nil Maizar Jadi Salah Satu Kandidat Kuat Pelatih Mitra Kukar Musim Depan

TENGGARONG - Mantan pelatih Semen Padang FC, Nil Maizar menjadi salah satu kandidat kuat pelatih Mitra Kukar musim...

Dengan Motto Sakik Samo Diraso, Alumni SMPN 3 Tanjung Alam Santuni Panti Ikhwanus Shafa

Dengan Motto Sakik Samo Diraso, Alumni SMPN 3 Tanjung Alam Santuni Panti Ikhwanus Shafa

AGAM - Panti asuhan Ikhwanus Shafa berdiri sejak tahun 1989 dan dikelola oleh Hj Djusni (87), dan diresmikan tepatnya...

Yayasan Minangkabau World Gelar Rapat Kerja Perdana, Ini Kata Ketua Dewan Pembina

Yayasan Minangkabau World Gelar Rapat Kerja Perdana, Ini Kata Ketua Dewan Pembina

PADANG - Yayasan Minangkabau Word menggelar Rapat Kerja di Hotel Pangeran Beach, Jumat (15/12/2017). Rapat kerja...

Kebijakan Trump Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel Kontraproduktif

Kebijakan Trump Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel Kontraproduktif

JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kerjasama Antarparlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Rofi...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media