minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Grand Start TdS 2017 Mengusung Tema The Soul of Minangkabau

Minggu, 19 November 2017 - 07:01:40 WIB - 303
Grand Start TdS 2017 Mengusung Tema The Soul of MinangkabauGrand Start Tour de Singkarak 2017 di Istano Basa Pagaruyung (18/11)

TANAH DATAR - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno secara resmi melepas peserta even Toru De Singkarak yang ke IX Tahun 2017 di Halaman Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar Sabtu (18/11/2017).

Even yang sudah diakui dan masuk dalam Union Cycles International (UCI)Road Calender Asia Tour dan Amaury Sport Organisasi (ASO) ini menurut data merupakan salah satu ajang balap sepeda yang mempunyai penomton terbanyak.

Irwan Prayitno dalam arahannya mengaku gembira dengan dampak dari even diikuti oleh 19 Tim dari 28 Negara ini dengan 108 peserta ,menurut orang nomor satu di Sumbar ini kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara setiap tahun mengalami peningkatan yang significan,bahkan pembangunan sarana prasarana mengalami kemajuan begitu pesat seperti dibangunnya Hotel Emersia yang berlevel Bintang 4 di Kabupaten Tanah Datar.

Dan Kabupaten Tanah Datar sebagai lokasi Grand Start telah sukses. Hal ini dibuktikan dengan beberapa program dan kegiatan sebagai penunjang even bergengsi ini mendapat sambutan yang luar biasa dari peserta dan pengunjung.

Malam sebelumnya di Istano Basa Pagaruyung digelar makan bajamba yang sangat antusias disambut oleh peserta karena menurut mereka tradisi dengan makan bajamba ini sangat jarang dijumpai dimanapun.

Usai makan bajamba atlet dan tamu-tamu dari kementerian di atas rumah gadang Istano Basa Pagaruyung, dilanjutkan dengan acara Grand Opening TdS 2017 dengan tema "The Soul Of Minangkabau" Jumat malam (18/11) acara ini juga dimeriahkan oleh artis ibu kota Arman Maulana.

Acara Grand Opening TDS ke 9 tahun 2017 yang dihadiri oleh Kementerian Parawisata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Esthy Reko Astuty, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Nasrul Abit, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Anggota DPRD Sumatera Barat, Bupati Walikota se Sumatera Barat, Forkopimda, OPD dan beberapa pejabat dilingkungan kementrian pariwisata RI, ratusan pembalap dan warga dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

Pada malam itu Gubernur Irwan Prayitno juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang telah melonching gran opening TDS. TDS bagi Sumatera Barat amat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Banyak terjadi peningkatan pembangunan terutama fasilitas jalan di Sumatera Barat.

TDS juga memberikan kesempatan kerjasama yang baik dengan Bupati dan Walikota se Sumatera Barat untuk menyukseskannya.

"Tidak dapat dipungkiri dampak TDS telah berhasil menarik investor dan kunjungan wisatawan ke Sumbar . Kita perlu bersama mempertahankan TDS sebagai icon Sumbar, sebagai daya tarik dan kebanggaan masyarakat.," katanya.

Lanjutnya, Sumbar juga merupakan daerah wisata yang menarik dan dengan berbagai makanan yang enakan, industri kecil tenun songket dan lain-lain silahkan beli sebagai oleh-oleh dan cendramata dari Sumbar .

"Saat ini kita sedang mengalakan Sumbar sebagai destinasi wisata halal. Dan kepada Bupati Walikota mari kita kembangkan terus wisata halal dengan baik . Kita sukseskan TDS ke 9 dengan semangat kebersamaan, " ujarnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Esthy Reko Astuty, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa TdS merupakan even pariwisata terbesar di Indonesia dan juga merupakan kebanggan Indonesia, yang patut kita pertahankan sebagai potensi menarik kunjungan wisata ke Indonesia.

Secara nasional Sumbar telah ditetapkan sebagai wisata kuliner dan keindahan alam.

"Diharapkan pemerintah daerah dan masyarakat dapat mengemas ini sebagai kekuatan ekonomi yang baik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pariwisata adalah industri paling murah dan mudah, meningkatkan devisa dan menumbuhkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi," ungkapnya

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, dalam kesempatan itu tidak dapat menahan rasa bangganya terhadap kegiatan TDS yang telah membawa nama baik Singkarak ke pentas Internasional.

"Ini merupakan kegiatan yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Luhak Nan Tuo," ujarnya.

Pada even TDs Ke IX tahun 2017 ini peserta akan menempuh jarak 1.102,7 km dan memperebutkan hadiah sekitar Rp 2,3 milyar.(romeo/an)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Romeo
Tag: indonesia,internasional,sport,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

PMI Bukittinggi Jadi Terbaik Pertama pada Muskerprov PMI Sumbar 2017

PMI Bukittinggi Jadi Terbaik Pertama pada Muskerprov PMI Sumbar 2017

BUKITTINGGI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi meraih prestasi yang gemilang di tahun 2017 saat dinobatkan...

Kolaborasi Musik Etnik Siap Menghentak Payakumbuh Botuang Festival 2017

Kolaborasi Musik Etnik Siap Menghentak Payakumbuh Botuang Festival 2017

PAYAKUMBUH - Puncak Payakumbuh Botuang Festival (PBF) akan di gelar malam ini Jumat (1/12/2017). Kolaborasi musik etnik...

Tertangkap Tangan Buang Sampah Sembarangan di Kota Padang, Siap-siap Terima Sanksi Moral Ini

Tertangkap Tangan Buang Sampah Sembarangan di Kota Padang, Siap-siap Terima Sanksi Moral Ini

PADANG - Belum terlalu efektifnya penerapan Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan sampah membuat Pemerintah Kota...

Mukhlis Rahman Terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI

Mukhlis Rahman Terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI

PARIAMAN - Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman mendapatkan penganugerahaan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya....

Indonesia Panggil Dubes AS Terkait Jerusalem

Indonesia Panggil Dubes AS Terkait Jerusalem

Nasional - Pemerintah telah memanggil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, terkait...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media